7 April 2017

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Upgrade ke Windows 10 Creators Update

Tepatnya pada 5 April 2017, Windows 10 Creators Update dirilis melalui Update Assistant. Kita orang Indonesia tentunya sudah bisa juga melakukan Upgrade Windows. Jika kamu akan melakukan upgrade ke Windows 10 Creators Update tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Sebenarnya hal ini tidak wajib juga untuk kamu lakukan, hanya untuk berjaga-jaga agar nantinya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Nah, jika kamu melakukan beberapa hal ini mungkin nantinya akan membuat proses upgrade ke Windows 10 Creators Update berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Upgrade ke Windows 10 Creators Update

1. Backup Data
Ini adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Khususnya file-file yang tersimpan di Drive C sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu ke Drive D atau Drive E. Backup seluruh file yang ada di Drive C, khususnya folder Desktop, Documents, Downloads, Music, Pictures dan Videos. Sebenarnya sih proses Upgrade Windows 10 akan terlebih dahulu melalui Update Assistant atau tidak akan mengakibatkan hilangnya data. Tetapi, ini dilakukan untuk jaga-jaga saja agar file-file penting nantinya tetap aman. Kan, tidak ada salahnya juga membackup data-data penting demi keamanan juga dan mungkin demi masa depan.

2. Pastikan Baterai Penuh
Jika sistem operasi pada laptop yang akan di upgrade, maka pastikan baterai laptop dalam keadaan penuh atau full. Diharapkan proses upgrade ini terus kamu pantau agar ketika baterai laptop tinggal beberapa persen lagi, langsung di charger. Takutnya nanti apabila tidak dipantau, baterai habis dan laptop mati, otomatis proses upgrade terhenti dan sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Ada opsi lain dengan mencabut baterai laptop dan menghidupkannya dengan cara mencolokkan kabel charger saja. Atur Screen & sleep menjadi seperti gambar di bawah ini. Diatur menjadi Never semua.


Jika itu sistem operasi pada PC yang akan di upgrade, ada baiknya menggunakan UPS jika di daerah kamu itu rawan padam listrik. Pastikan tenaga UPS siap membackup jika listrik padam. Semua ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gagal upgrade akibat baterai habis dan listrik padam.

3. Pastikan Internet Stabil dan Kuota yang Cukup
Proses upgrade ke Windows 10 Creators Update bisa secara online dan offline. Jika online akan melalui Update Assistant dan akan menghabiskan kuota sekitar 2GB-4GB. Nah, itu makanya terlebih dahulu pastikan jika kuota cukup. Proses upgrade ini tergantung pada kecepatan koneksi internet, akan lebih cepat jika koneksi internet kamu kencang dan stabil. Jika kamu melakukan upgrade Windows 10 Creators Update secara offline, maka terlebih dahulu download tools yang telah disediakan oleh Microsoft selanjutnya download file iso. Lebih jelasnya silahkan akses link Update Windows 10.

4. Persiapkan Driver Terbaru
Untuk mendapatkan driver, kamu bisa mendownload dari halaman official brand laptop atau brand hardware sesuai dengan yang kamu gunakan. Takutnya ketika jika menggunakan driver versi lama, banyak yang tidak support di Windows 10 Creators Update. Dengan menggunakan driver versi terbaru tentunya akan mengurangi resiko gagalnya update dan mencegah otomatis rollback akibat driver yang tidak kompatibel dengan Windows 10 Creators Update.

5. Disable / Uninstall Antivirus
Untuk hal ini sih sebenarnya tidak harus dilakukan juga, tapi dapat dipertimbangkan. Terdapat beberapa kasus antivirus membuat proses upgrade jadi terganggu. Sebaiknya antivirus di matikan terlebih dahulu atau bahkan di uninstall saja. Hal ini sifatnya opsional kok, namun sangat disarankan.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum upgrade ke Windows 10 Creators Update. Intinya jika mau upgrade online ke Windows 10 Creators Update, pastikan internet kencang dan stabil serta kuota internet cukup. Selain itu pastikan juga bahwa pada Drive C masih tersisa banyak ruang kosong. Sekian dulu artikel kali ini dan jika ada tambahan mengenai hal yang harus dipersiapkan sebelum upgrade ke Windows 10 Creators Update, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post