25 April 2017

Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang perannya sangat penting. Mengapa dibilang penting? Karena semua data-data penting kamu akan tersimpan pada hard disk. Jika tiba-tiba hard disk mengalami kerusakan, pasti yang pertama dipikirkan adalah bagaimana dengan datanya apa bisa diselamatkan atau di backup ke hard disk lain? Tenang saja, jika hard disk mengalami kerusakan dan tidak bisa terbaca lagi di komputer, data-datanya tetap aman. Hanya saja untuk melakukan backup data-datanya akan membutuhkan biaya yang besar, tergantung kerusakannya juga sih.

Mau berbagi pengalaman aja nih. Saya mempunyai hard disk merk WD 750GB yang tidak bisa terbaca lagi di laptop. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa hard disk ini ke tempat service hard disk yang terpercaya di Yogyakarta. Ternyata kerusakan terjadi pada head hard disk. Teknisinya mengatakan seluruh data bisa dikembalikan atau dibackup. Jadi saya diminta untuk menyiapkan hard disk eksternal untuk dijadikan sebagai hard disk backup. Kemudian saya diminta untuk membayar biaya sebesar 1,5 juta dan jika backup gagal maka uang akan dikembalikan. Betapa mahalnya biaya backup data hard disk itu, oleh karena itu jangan sampai hal ini terjadi pada teman-teman semuanya.

Kegunaan hard disk adalah sebagai tempat penyimpanan file-file atau data pada komputer. Tanpa hard disk, sebuah komputer tidak dapat bekerja. Hard disk juga mempengaruhi performa komputer dan laptop. Jika komputer kamu lemot, maka salah satu yang perlu dicurigai adalah hard disk. Tapi tidak selamanya hard disk yang salah jika komputer lemot. Bisa jadi karena virus, karena ukuran RAM yang kecil, file sampah yang menumpuk dan lainnya.

Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak

Faktor Penyebab Hard Disk Cepat Rusak


Sering melakukan install ulang
Sering melakukan install ulang komputer dapat menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak. Biasanya hard disk akan mengalami bad sector jika terlalu sering di install ulang. Ketika menginstal ulang, otomatis kita akan melakukan format pada hard disk. Nah, inilah sebenarnya yang menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak. Melakukan format secara terus menerus akan memberikan dampak yang buruk terhadap hard disk. Begitu juga dengan flash disk, sebaiknya jangan terlalu sering di format. Sebenarnya untuk menghapus seluruh data-data pada hard disk dan flashdisk cukup dengan menekan tombol Shift + Del, maka otomatis data akan terhapus secara permanen.

Install ulang tidak dianjurkan dilakukan secara terus menerus. Untuk lebih jelasnya baca pada artikel inilah yang akan terjadi jika Komputer terlalu sering di install ulang.

Listrik yang tidak normal
Listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan terjadinya bad sector pada hard disk. Untuk menghindari hal ini, bisa dengan menggunakan stabilizer (Stavol) sebagai alat untuk mengatur tegangan listrik agar listrik yang diterima komputer tetap stabil. Listrik yang mati tiba-tiba akan menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan UPS. Dengan menggunakan UPS, ketika listrik padam maka komputer tidak akan langsung mati karena UPS menyimpan daya listrik. Dengan begitu kamu mempunyai waktu untuk mematikan komputer secara normal.

Hard disk dimatikan secara paksa
Mematikan komputer atau laptop secara paksa itu sama saja memaksa hard disk untuk berhenti bekerja. Ketika piringan pada hard disk sedang bekerja dan seketika hard disk mati, maka hal ini dapat menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak. Contoh mematikan komputer secara paksa adalah dengan menekan tombol power sampai komputer mati. Contoh lainnya adalah mencabut kabel dari power supply yang terhubung dengan listrik ketika komputer sedang menyala. Sebaiknya jangan pernah lakukan hal ini, matikanlah komputer dengan mengikuti prosedur yang benar. Caranya adalah dengan mencari tombol Shut Down yang telah disediakan oleh sistem operasi. Biasanya proses shut down ini akan berjalan agak lama, tapi itu bukanlah masalah. Prosesnya lama karena komputer akan menghentikan seluruh perangkat komputer yang sedang bekerja termasuk salah satunya hard disk.

Penggunaan yang berlebihan
Penggunakan komputer atau laptop secara berlebihan dapat berdampak buruk terhadap perangkat-perangkat lainnya. Seperti halnya dengan hard disk, jika digunakan secara berlebihan maka dapat mengakibatkan kerusakan. Bermain game, memutar video, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang lama akan menyebabkan bertambahnya perfoma yang dibutuhkan harddisk. Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.

Benturan
Faktor lain yang menyebabkan hard disk cepat rusak adalah karena terjadi benturan. Benturan dan guncangan yang keras terhadap hard disk bisa saja menyebabkan hard disk rusak pada saat itu juga. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hard disk. Ketika membawa laptop dalam tas juga lebih berhati-hati karena bisa saja menyebabkan benturan yang tidak disadari.

Over Heat
Hard disk merupakan salah satu perangkat keras yang mudah panas. Ditambah lagi jika komputer atau laptop digunakan seharian full tanpa dimatikan sejenak untuk mengistirahatkan komputer. Jangan biarkan hard disk bekerja secara terus menerus, berikan istirahat untuk menghentikan aktifitas piringan hard disk agar tidak terjadi over heat juga. Walaupun efeknya tidak dirasakan dalam waktu yang dekat, tetapi percayalah lama kelamaan hard disk akan rusak dan tinggal menunggu waktunya saja jika hard disk masih bekerja selama 24 jam sehari.

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang kipas pendingin pada komputer dan menggunakan cooling pad pada laptop. Jika panas berlebihan (Over heat) dibiarkan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak dan bahkan komputer akan mati total.

Faktor usia
Usia memang tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun kita telah merawat hard disk dengan baik, karena faktor usia ini kita tidak bisa berbuat apa-apa. Namanya juga perangkat elektronik, semakin sering digunakan maka akan melemah. Tetapi kita bisa mencegah hard disk cepat rusak dengan melakukan perawatan dan menggunakannya dengan baik. Solusi terhadap faktor usia adalah dengan rutin melakukan backup data ke hard disk eksternal.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak. Jika ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post