4 Februari 2017

Berbahaya Loh Jika Terlalu Sering Menggunakan Instagram Live

Fitur live streaming ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, sebelumnya sudah ada aplikasi BIGO yang dikhususkan untuk live streaming. Aplikasi BIGO ini digemari oleh banyak orang, karena itulah Instagram pun mulai mengembangkan fitur yang serupa. Sebenarnya fitur Instagram Live ini sudah lama dirilis tetapi itu terbatas ditujukan untuk beta tester. Barulah pada 25 Januari 2017 fitur Instagram Live ini sudah bisa digunakan dan resmi dirilis secara global.

Di Indonesia, Kehadiran Instagram Live disambut dengan begitu antusias oleh penggunanya. Bukan hanya dari kalangan artis saja, hampir seluruh pengguna Instagram mencoba fitur baru ini. Apakah kamu sangat senang dengan adanya fitur Instagram Live ini? Apakah kamu ketagihan Siaran Langsung di Instagram? Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bahaya yang akan datang ketika melakukan Instagram Live.

Berbahaya Loh Jika Terlalu Sering Menggunakan Instagram Live

Bahaya Instagram Live
Dengan adanya fitur Instagram Live ini tentunya memungkinkan penggunanya untuk menyampaikan informasi secara mudah dan cepat langsung dari smartphone. Selain itu, kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan para penonton. Akan tetapi, kamu harus mengetahui bahayanya berikut ini:

Informasi Semakin Bebas Tanpa Aturan
Informasi yang disebarkan melalui Instagram Live ini tidak melewati proses editing terlebih dahulu. Artinya, seluruh informasi disebarkan secara mentah atau apa adanya. Tentunya hal seperti ini akan menimbulkan masalah dan juga kesalahan informasi.

Untuk saat ini mungkin video Instagram Live tidak bisa disimpan, tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan kedepannya video Instagram Live dapat disimpan. Tetapi, kami pernah melihat sebuah video di YouTube mengenai seseorang yang menerangkan bahwa video Instagram Live bisa disimpan. Tetapi ntah itu benar atau tidak, kita tunggu saja kebenarannya.

Boros Kuota dan Baterai
Instagram merupakan salah satu aplikasi yang paling boros memori, kuota dan juga boros baterai. Ditambah lagi dengan kehadiran fitur Instagram Live ini, kebayangkan gimana borosnya? Selain itu baterai juga akan boros jika terlalu sering siaran langsung ataupun menonton orang siaran.

Ruang Privasi Semakin Sempit
Sekedar informasi saja bahwa saat ini ada sekitar 600 juta pengguna aktif Instagram. Sedangkan untuk negara Indonesia sendiri ada sekitar 22 juta pengguna aktif Instagram, angka yang lumayan besar ya.

Bayangin aja deh jika aktivitas yang sedang kamu lakukan itu disebarkan ke orang sebanyak itu, akan mengancam privasi. Mungkin ketika kamu sedang bersama pacar, tiba-tiba ada seseorang yang membuat live streaming kegiatan kamu di Instagram tanpa sepengetahuan kamu.

Bisa Dikira Gila
Pernah lihat orang siaran langsung di Instagram? Aneh gak sih ngelihatnya ngomong sendiri dan ketawa-ketawa sendiri seperti orang gila. Nah, buat kamu yang suka benget menggunakan Instagram Live di tempat umum, sebaiknya mulai dari sekarang kurang-kurangin deh biar gak disangka gila sama orang yang gak ngeh dengan fitur ini.

Sebenarnya kehadiran fitur ini akan memberikan banyak manfaat dan tentunya juga akan mendatangkan bahaya juga. Sebenarnya itu semua tergantung dari penggunanya juga, mau di arahin kemana, positif atau negatif. Tentunya hal-hal negatif bisa dicegah jika dilakukan dengan penuh kesadaran. Mood seseorang terkadang akan mempengaruhi kegiatan dan tindakan, maka dari itu jagalah mood kamu dalam kondisi yang baik dan terkendali agar sesuatu yang dilakukan selalu bernilai positif.

Semoga di Indonesia tidak ada penyalahgunaan fitur Instagram Live ini. Pasti kamu gak mau kan jika Instagram di blokir oleh pemerintah? Maka dari itu ayok gunakan fitur-fitur Instagram dengan baik dan benar tentunya juga memberikan manfaat buat orang banyak.

Untuk lebih jelasnya mengenai Instagram Live, kamu bisa menonton video dari channel YouTube Koh Kevin Hendrawan berikut ini:

Postingan ini memiliki 0 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post