25 Januari 2017

Tips Memilih dan Membeli Laptop Untuk Programmer

author photo
Jika saat ini kamu sedang mempelajari bidang IT, maka kemungkinan nantinya bisa menjadi seorang programmer. Jabatan menjadi seorang programmer bukanlah hal yang buruk, bahkan tergolong sangat baik. Programmer adalah seseorang yang dapat menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Kemampuan yang dimiliki oleh seorang programmer banyak sekali yang terdiri dari berbagai level. Mereka adalah orang yang handal atau jago dalam menulis kode dan juga sangat mengerti mengenai algoritma.

Seorang programmer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya. Programmer biasanya merupakan lulusan dari Universitas dengan jurusan ilmu komputer atau informatika. Ada juga programmer yang bukan berasal dari Universitas, seperti pelajar sekolah menengah kejuruan di bidang informatika, atau orang yang belajar otodidak dari buku, internet, kursus, bootcamp dan sebagainya (Sumber : codepolitan.com).

Tips Memilih dan Membeli Laptop Untuk Programmer

Jika kamu adalah seorang programmer, tentunya akan membutuhkan alat pendukung yang baik. Salah satu alat yang dibutuhkan programmer adalah laptop. Keunggulan laptop yang mudah dibawa kemana-mana menjadi salah satu alasan seorang programmer harus memilikinya. Spesifikasi dari sebuah laptop yang akan digunakan untuk koding atau membuat sebuah programmer harus sangat diperhatikan agar saat bekerja membuat program dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini ada beberapa tips memilih dan membeli laptop untuk programmer.

Pilih Kapasitas RAM yang Besar
Yang pertama harus diperhatikan adalah ukuran RAM dari laptop yang nantinya akan digunakan. Pilihlah laptop dengan kapasitas RAM yang sebesar-besarnya. Seorang programmer sangat suka menjalankan yang namanya virtual machine. Menjalankan virtual machine ini akan membuat RAM menjadi boros. Minimal Usahakan ukuran RAM 8GB.

Lebih Baik Menggunakan SSD
Usahakan laptop yang akan dipakai menggunakan media penyimpanan SSD. Seorang programmer biasanya tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, yang dibutuhkan adalah kecepatan dari ruang penyimpanan.
Baca : Pengertian dan Fungsi Solid State Drive (SSD)

Ganti CD/DVD Drive dengan HDD (Optional)
Tips ini sebenarnya hanya bersifat optional, khusus untuk seorang programmer pada bagian konten 3D. Saat ini, penggunakan CD/DVD dive sudah sangat jarang dan tentunya kamu bisa menggantinya dengan HDD agar ruang penyimpanan menjadi lebih luas.

Pastikan Keyboard Nyaman
Pastikan jika keyboard laptop yang digunakan nyaman ketika dipakai bekerja. Jika perlu perhatikan switch keyboard yang akan dipakai. Kegiatan seorang programmer salah satunya adalah koding yang berhubungan dengan keyboard. Jadi pastikan laptop yang digunakan memiliki keyboard yang nyaman ketika digunakan saat bekerja.

Minimal Processor Kelas Intel Core i3
Processor yang digunakan usahakan paling minimal adalah kelas Intel Core i3. Apabila menggunakan di bawah kelas ini, kemungkinan kamu akan kerepotan karena kemampuan proses laptop menjadi sangat lambat.

Pemilihan Kartu Grafis (Optional)
Untuk kartu grafis sebaiknya abaikan saja, kecuali kamu adalah seorang programmer bagian konten 3D. Umumnya programmer sama sekali tidak membutuhkan kinerja dari kartu grafis.

Usahakan Bahan Case Metal
Programmer nantinya akan memiliki jam kerja yang cukup tinggi. oleh karena itu, bahan case metal dapat dijadikan prioritas. Selain memberikan ketahanan produk yang tinggi, bahan metal juga membuat sirkulasi panas laptop menjadi lebih lancar.

Memiliki Monitor Beresolusi Tinggi
Skala digital yang luas (Resolusi tinggi) sangat dibutuhkan oleh seorang programmer. Seorang programmer tentunya akan berhadapan dengan kode-kode yang memiliki tanda baca kecil-kecil. Semakin tinggi resolusi yang digunakan, maka akan membuat tanda baca kecil-kecil lebih mudah dilihat.

Menggunakan Produk dari Merek/Brand Terkenal
Ini sebenarnya adalah optional. Seorang programmer bisa menggunakan produk dengan merk yang terkenal, contohnya Lenovo ThinkPad Series yang sudah terkenal sebagai laptop workstation. Merk terkenal lainnya yang bisa digunakan misalnya Acer, Asus, dan lainnya.

Itulah beberapa tips memlih dan membeli laptop untuk programmer dari kami, semoga bermanfaat. Apabila ada tambahan bisa mencantumkan pada kolom komentar di bawah ini.
Advertisement

Postingan ini memiliki 0 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post