22 Januari 2017

7 Alasan Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Ada 3 sistem operasi yang populer dan banyak digunakan orang di seluruh dunia, yaitu Linux, Windows, dan OSX. Setiap sistem operasi ini tentunya memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Tetapi saat ini sistem operasi Linux dianggap sebagai sistem operasi yang terbaik yang penggunanya sangat banyak diseluruh dunia, seperti kalangan programmer, developer, bahkan kebanyakan hacker juga menggunakan sistem operasi Linux ini.

Kembali ke topik pembahasan artikel ini yaitu mengenai alasan kenapa kebanyakan programmer di dunia lebih memilih menggunakan Linux dibandingkan OSX atau Windows. Berikut penjelasan lengkapnya :

7 Alasan Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

1. Open Source
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang open source. Ini berarti bahwa semua source code linux bisa kamu gunakan secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa mengubah source code linux ini sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kamu bisa membuat sebuah sistem operasi baru sesuai dengan keinginan sendiri. Selain sistem operasinya yang gratis, ternyata ada beberapa aplikasi yang berbasis open source.

2. Mudah Didapat dan Diinstal
Alasan selanjutnya kenapa programmer lebih memilih menggunakan linux adalah karena proses instalasi yang mudah. Untuk dapat memasang sistem operasi linux pada perangkat komputer atau laptop tidak begitu sulit, selain itu proses instalasi cukup cepat dibandingkan sistem operasi lain. Untuk master sistem operasi juga mudah didapatkan, yaitu dengan cara mendownload di situs resmi linux.

3. Support Banyak Bahasa Pemrograman
Inilah alasan programmer memilih menggunakan Linux karena dapat mendukung banyak bahasa pemrograman. Hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang programmer agar dapat memudahkan pekerjaannya ketika membuat sebuah program. Bahasa pemrograman yang telah support dalam sistem operasi linux ada C/C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl, dan masih banyak lagi. Kecuali jika memang bahasa pemrograman tersebut hanya untuk platform tertentu (Visual Basic, Objective-C, Mac OS/iOS).

4. Tools yang Lengkap
Setelah mendukung banyak bahasa pemrograman, selanjutnya linux juga memiliki beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah dan menguji kode-kode yang sudah dibuat. Enaknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan secara free alias gratis.

5. Selalu Update
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang selalu melakukan update. Update yang dilakukan oleh linux termasuk cukup cepat jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Update sistem operasi linux biasanya setiap 6-9 bulan sekali. Update tentunya akan berisi pembaruan keamanan dan juga fitur-fitur lainnya.

6. Keamanan yang Lebih Unggul
Tingkat keamanan dalam sistem operasi linux lebih unggul jika dibandingkan dengan sistem operasi windows. Biasanya dalam sistem operasi windows, penggunanya sering mengeluhkan terserang virus trojan, adware, spyware, dan lainnya. Lain halnya pada sistem operasi linux yang hampir tidak pernah mengalami itu.

7. Ringan
Jika komputer atau laptop yang digunakan memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, maka sistem operasi linux sangat cocok untuk digunakan. Sistem operasi Linux tidak membutuhkan resource yang cukup besar saat diinstal.

Itulah beberapa alasan kenapa seorang programmer lebih suka menggunakan sistem operasi linux dibandingkan windows atau OSX. Jika ada tambahan atau alasan lain, kamu bisa memasukkannya pada kotak komentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon