Minggu, 27 November 2016

Perbedaan PC dan Mac

GUDANGILMUKOMPUTER.com - PC dan Mac merupakan dua buah platform yang saling bersaing selama puluhan tahun hingga saat ini. Selama itu pula PC menjadi pilihan utama bagi konsumen karena developer aplikasi lebih banyak membuat software untuk sistem operasi windows yang dipakai PC. Seiring berkembangnya dan teknologi dan juga persaingan antara brand yang semakin panas, beberapa tahun belakangan ini sebagian aplikasi windows juga telah tersedia untuk sistem operasi MacOS yang digunakan oleh platform komputer buatan Apple tersebut. Sistem operasi windows dan Mac Os sebenarnya tidak berbeda jauh atau dalam artian hanya memiliki perbedaan yang sangat tipis. Beberapa konsumen merasa kebingungan dalam memilih diantara kedua jenis platform komputer ini.

Nah, untuk membantu teman-teman semuanya dalam memilih, berikut ini akan kami jelaskan beberapa perbedaan antara PC dan Mac yang tentunya bisa menjadi acuan sebelum menjatuhkan pilihan.


Perbedaan PC dan Mac

Perbedaan PC dan Mac

1. Apple lebih menonjolkan keindahan produk-produknya
Hal ini tentunya tidak bisa dipungkiri lagi, produk-produk dari Apple memang sangat indah dipandang mata salah satunya adalah Mac. Apple memang sangat memperhatikan tampilan dari komputer Mac, baik seri iMac, maupun Power Mac. Lain halnya dengan PC yang tampilannya tergantung pada vendor komputer yang membuatnya. Tampilan dari setiap merk-nya akan berbeda-beda. Meskipun begitu, ada juga PC yang sedap dipandang, seperti misalnya Ultrabook terbaru buatan Dell.

2. Software windows lebih banyak
Hingga saat ini, windows tetap memiliki lebih banyak software dibandingkan Mac. Salah satu jenis aplikasi yang menunjukkan hal ini adalah game. Aplikasi game kebanyakan dibuat untuk platform windows. Ada beberapa program yang berjalan lebih baik di windows, contohnya Microsoft Office for windows yang memiliki fitur dan fungsi yang lebih banyak dibandingkan versi Mac.

3. Mac lebih mahal
Umumnya produk-produk Mac dijual dengan harga yang sangat mahal dan tentunya lebih mahal dibandingkan PC yang spesifikasi teknisnya setara.

4. PC merupakan pilihan terbaik untuk bermain game
Telah disebutkan sebelumnya bahwa aplikasi game akan lebih banyak ditemukan di windows. Selain itu, komputer PC dengan sistem operasi windows akan lebih terbuka dan gampang dimodifikasi. Misalnya, pengguna bisa dengan mudah meng-upgrade kartu grafis atau bahkan menambah kapasitas RAM agar game bisa berjalan lebih lancar. Sebaliknya, pada Mac tidak bisa menyaingi PC dalam hal gaming. Untuk mendapatkan Mac dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk bermain game, pengguna harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi.

5. Tampilan Windows dan Mac OS berbeda, tapi mudah digunakan
Pengguna PC yang beralih menggunakan Mac mungkin untuk pertama kalinya akan kebingungan dengan user interface Mac OS yang sangat berbeda dengan windows. Seiring berjalannya waktu, ketika sering menggunakan Mac maka nantinya akan lebih terbiasa dengan tampilan dan cara kerja Mac OS yang hampir mirip dengan cara kerja sistem operasi windows. Mac OS memiliki kelebihan dalam hal bundel software, dimana sistem operasi ini datang dengan berbagai macam aplikai berguna seperti Mail, iMovie, iPhoto, Garage Band dan lainnya.

6. Mac lebih aman dari ancaman malware
Jika dibandingkan dengan PC, tentunya pengguna komputer Mac sangat sedikit. Karena itulah Mac masih relatif lebih aman dibandingkan PC yang lebih banyak penggunanya. PC windows sering sekali menjadi korban hacking dan mutlak akan membutuhkan antivirus. Meskipun begitu, Komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman cyber, seperti yang dibuktikan oleh beberapa malware Mac yang muncul belakangan ini, misalnya "LuckyCat". Apple pun akhirnya mencabut slogan "Bebas virus" untuk komputer Mac.

7. Piliahan hardware PC lebih banyak
Dengan banyaknya produsen perangkat keras PC, maka pengguna PC pun memiliki banyak pilihan hardware ketika hendak merakit atau meng-upgrade PC. Sebaliknya, komponen Mac hanya dibuat oleh Apple sehingga membatasi pilihan pengguna platform ini.

8. Jalan tengahnya adalah menggabungkan kedua perangkat ini
Komputer Mac bisa menjalankan sistem operasi Windows baik melalui virtual machine ataupun secara langsung dari dalam sistem. Setiap Mac memiliki program Boot Camp yang memungkinkan pengguna memasang Windows pada komputer Mac. Jika diinginkan, pengguna bahkan bisa membagi ruang hard disk yang diperuntukkan bagi Windows dan Mac OS X apabila kedua sistem operasi tersebut terpasang di komputer.

Sekian artikel mengenai perbedaan PC dan Mac ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya. Ada tambahan? Silahkan isikan pada kolom komentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon