Sabtu, 26 November 2016

Kelebihan dan Kekurangan MacBook Apple

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Apple merupakan sebuah brand yang sangat besar yang ada dalam teknologi saat ini. Produk-produk Apple memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan brand lain. Maka tidak heran jika setiap produk dengan brand Apple dijual dengan harga yang sangat mahal. Apple menjual produk-produknya dengan sangat mahal karena mereka dapat menjamin bahwa kualitas dari produk yang mereka ciptakan itu adalah yang terbaik. Salah satu produk dari Apple yang banyak digunakan adalah MacBook.

Di zaman sekarang ini laptop telah menjadi kebutuhan pokok. Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan bantuan laptop. Kenapa harus laptop? Mungkin karena laptop mudah dalam penggunaanya dan juga bisa dibawa kemana saja. Bagi pelajar atau mahasiswa, laptop sangat dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar. Mungkin fasilitas komputer di sekolah atau di kampus kurang memadai pada saat praktikum, maka kamu bisa menggunakan laptop sendiri dalam praktikum.

Untuk saat ini ada banyak sekali brand laptop yang dijual di pasaran, seperti Acer, Apple, Asus, Dell, Lenovo, dan lainnya. Dari berbagai brand itu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk brand Apple, sebagaimana telah kita ketahui bahwa salah satu alasan orang membeli produk Apple karena produknya yang terkesan eksklusif. Tentunya ini juga berlaku untuk salah satu produk Apple yaitu MacBook.

Apakah kamu tertarik menggunakan MacBook Apple? Ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari MacBook Apple ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan MacBook Apple

Kelebihan dan Kekurangan MacBook Apple

Kelebihan MacBook Apple

1. Eksklusif
Tentu saja keunggulan dari produk Apple adalah faktor eksklusifnya. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita memiliki produk dari Apple, karena tidak banyak orang yang menggunakan produk Apple. Karena faktor eksklusif inilah yang membuat produk Apple banyak dicari meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal. Salah satu kelebihan MacBook Apple adalah desainnya yang kokoh dan juga elegan. Tentunya hal ini dapat membuat penggunanya lebih percaya diri pada saat menggunakannya. Terkesan keren dan tampil menonjol merupakan tujuan Apple dalam memasarkan produk-produknya.

2. Aman dari virus
Jika kamu menggunakan MacBook Apple, maka kamu tidak perlu khawatir akan serangan virus yang dapat mengganggu performa dan kinerja laptop. Jika pada produk lain kamu harus memasang atau menggunakan antivirus untuk menghindari laptop dari serangan virus yang berbahaya, maka pada MacBook kamu tidak perlu melakukan hal itu. Kamu akan bebas memasang perangkat apapun tanpa takut terkena virus.

3. Tahan lama
Sebenarnya untuk ketahanan dari sebuah laptop itu tergantung penggunaan dan perawatannya juga. Tetapi jika kamu benar-benar mencari laptop yang awet, maka MacBook merupakan salah satu jawabannya. Bahan-bahan yang digunakan dalam produk-produk Apple adalah bahan-bahan yang terbaik. Oleh karena itu, sangat wajar jika harganya sangat mahal karena memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan brand-brand yang lain.

4. Fungsi dan fitur
Fungsi dan fitur yang ditawarkan MacBook jauh lebih baik dibandingkan produk yang lain. Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika kamu hendak membeli laptop.

5. Lebih cepat
Apabila kamu menginginkan proses sleep atau wake yang cepat, maka solusinya adalah kamu harus menggunakan MacBook. Ketika menjalankan berbagai macam aplikasi akan jauh lebih lancar, cepat dan halus.

6. Kelebihan dari MacBook yang lainnya adalah penggunaan sistem operasi. Produk-produk Apple menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri. Seperti pada MacBook yang menggunakan sistem operasi MacOS yang menurut pihak Apple merupakan sistem operasi yang lebih simple dan user friendly dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

7. Track pad yang besar dan nyaman ketika digunakan.

8. Pada keyboard memiliki sistem penerangan otomatis yang dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar dan jarak antar tombol yang lebar, sehingga lebih nyaman pada saat digunakan.

9. Layar LCD dengan resolusi tinggi yang glossy dan nyaman ketika dilihat. Kemudian tingkat kecerahan dapat beradaptasi secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan.

10. Lebih ramah lingkungan karena semua bagian dari MacBook menggunakan material yang dapat didaur ulang.

Kekurangan MacBook Apple

1. Harganya yang sangat mahal.

2. Harga hardware atau spare part-nya yang mahal.

3. Service centernya yang masih sangat jarang atau dalam artian belum merata seperti service center brand-brand yang lain.

Kalau kita lihat performa dari MacBook ini sebenarnya sama saja dengan laptop-laptop merk lain, tergantung dari spesifikasi hardware-nya juga. Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas orang indonesia menggunakan sistem operasi Windows, jadi ketika menggunakan MacBook akan bingung terhadap cara kerjanya karena menggunakan sistem operasi MacOS. Tetapi seiring berjalannya waktu jika kita sering menggunakan MacBook, maka akan terbiasa pula menggunakan sistem operasi MacOS.

Jangan terlalu memaksakan untuk membeli MacBook, karena laptop-laptop yang lain juga tidak kalah kok dari MacBook. Jangan karena alasan ingin terlihat mewah dan ingin diperhatikan orang lain kamu membeli MacBook. Sesuaikan semuanya dengan keadaan dan kebutuhan kamu. Jika kamu mampu dan memang membutuhkan MacBook ya silahkan saja beli. Jika dirasa belum mampu, maka menabunglah dari sekarang dan jadikan motivasi. Hidup jangan terlalu berlebih-lebihan, karena sesungguhnya yang berlebih-lebihan itu tidak baik.

Kemudian percayalah bahwa dibalik harga yang mahal itu terdapat kualitas yang terbaik pula. Mungkin sekian dulu artikel mengenai kelebihan dan kekurangan MacBook Apple. Apabila ada tambahan dari teman-teman semua, maka bisa mencantumkannya pada kotak komentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon