Selasa, 18 Oktober 2016

Inilah 10 Teknik Cracking Password yang Sering Digunakan Hacker

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Dunia digital saat ini tentunya penuh pro dan kontra. Beberapa banyak yang menganggap dunia digital tidak begitu berbahaya seperti yang banyak dibicarakan. Namun, ada juga yang menganggap dunia digital cukup berbahaya, salah satunya sudah banyak hal tentang teknik pembelajaran cracking password.

Apa sih cracking password itu? Teknik cracking password adalah istilah umum yang menggambarkan sekelompok teknik yang digunakan untuk mendapatkan password atau kata sandi rahasia pada sebuah sistem data. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 teknik yang katanya sering dipakai oleh hacker.

Inilah 10 Teknik Cracking Password yang Sering Digunakan Hacker

10 Teknik Cracking Password yang Sering Digunakan Hacker

1. Dictionary
Dictionary adalah sebuah teknik yang digunakan oleh sebagian besar hacker pada umumnya. Hanya saja dengan melakukan hal ini kamu tidak akan langsung bisa berhasil. Kamu harus menemukan keberuntungan sampai beberapa kali melakukan percobaan. Dictionary merupakan sebuah file sederhana yang berisi beberapa kata-kata yang aneh dan tidak biasa, dimana banyak orang sering menggunakannya untuk password akun mereka. Namun, password yang rumit tentunya tidak akan bisa dibobol dengan teknik ini.

2. Brute Force
Metode Brute Force ini sebenarnya tidak jauh beda dengan tipe serangan Dictionary. Hanya saja untuk teknik Brute Force ini membutuhkan kesabaran tingkat dewa. Kenapa begitu? Karena kamu akan dituntut untuk mencoba setiap kombinasi terbaik sampai password ditemukan. Tapi, karena semakin hari orang itu semakin pintar, maka menyebabkan teknik Brute Force akan sulit untuk dilakukan.

3. Trojan, Virus, dan Malware
Untuk metode yang satu ini dilakukan hacker dengan sengaja membuat program seperti Trojan, Virus, dan Malware agar bisa menghancurkan target sasaran. Seperti yang diketahui, program berbahaya ini biasanya bersembunyi di dalam sebuah aplikasi atau bahkan tersebar melalui email.

4. Port Scan
Teknik Port Scan biasanya digunakan untuk menemukan berbagai kelemahan pada server-server tertentu. Berbeda dengan teknik cracking password lainnya, metode ini digunakan untuk orang-orang yang bertanggung jawab penuh atas aksinya. Artinya, teknik semacam ini hanya digunakan untuk menemukan kerentanan dalam sebuah sistem.

5. Shoulder Surfing
Teknik Shoulder Surfing digunakan untuk memata-matai pengguna ATM atau bahkan perangkat elektronik lainnya agar bisa mendapatkan informasi pribadi yang bersifat tertutup. Teknik penyerangan seperti ini biasanya dilakukan dengan cara meminta kamu untuk melakukan login ke dalam sebuah program secara paksa.

6. Rainbow Table
Rainbow Table dilakukan hampir sama seperti penyerangan Dictionary. Teknik penyerangan ini menggunakan pra-hitung hash dan password yang ada. Hash apaan sih? Hash adalah hasil dari sebuah enkripsi sebuah password atau informasi yang dianggap penting. Rainbow Table merupakan metode yang dilakukan untuk memperkuat password dan hash dan ini jugalah yang membedakannya dengan penyerangan Dictionary.

7. Offline Cracking
Beberapa orang yang ingin mencoba nge-hack password adalah dilakukan saat offline. Data yang didapatkan biasanya diperoleh dari sistem yang cukup membahayakan. Pada Offline Cracking, seorang hacker bisa melakukan pengujian validitas dari sebuah password. Tipe penyerangan semacam ini termasuk ke dalam teknik Dictionary dan Rainbow Table.

8. Guessing
Guessing yang berarti menebak, artinya para hacker mencoba untuk membuat sebuah tebakan dengan menjawab sistem keamanan yang tersedia pada setiap akun. Jadi intinya adalah, si hacker tersebut akan mencoba untuk menebak segala-galanya untuk mematahkan sistem keamanan dan meretas sebuah akun.

9. Social Engineering
Social Engineering adalah serangan yang sangat bergantung pada interaksi manusia. Tipe serangan ini sering menggunakan metode penipuan untuk dapat melanggar prosedur keamanan normal pada umumnya. Dengan begitu, pada hacker bisa melakukan trik yang berbeda untuk masuk ke prosedur keamanan yang normal.

10. Phishing
Phishing merupakan teknik termudah yang bisa dilakukan untuk meng-hack sebuah password. Sebenarnya cara ini sudah terlalu basi, sebab hacker yang menggunakan metode ini hanya meminta akun seseorang untuk menyebutkan passwordnya dengan cara unik dan berbeda. Hacker biasanya akan membuat sebuah halaman atau situs palsu, email palsu, serta aplikasi palsu untuk membuat pengguna melakukan login di situ. Selanjutnya setelah login, rincian akun tersebut akan masuk deh ke server hacker.

Itulah beberapa teknik cracking password yang biasanya digunakan oleh hacker untuk meretas sebuah akun serta data informasi pribadi penting lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini, memberikan banyak manfaat. Terutama kamu harus lebih waspada untuk mengamankan password agar tidak mudah di-hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon