Senin, 05 September 2016

Tips Aman Belanja Online

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Berbelanja online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat saat ini. Ada beberapa faktor yang membuat berbelanja online lebih diminati banyak orang, misalkan harga yang ditawarkan lebih murah dan juga kita tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, cukup dengan menyediakan komputer atau smartphone dan juga jaringan internet. Namun, banyak pro dan kontra mengenai berbelanja online ini. Salah satunya adalah mengenai data pada saat melakukan belanja online, banyak pengguna yang menakutkan jika data-data mereka akan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips Aman Belanja Online

Keamanan data yang dimaksudkan adalah seperti penipuan online, pencurian data kartu kredit hingga pencurian identitas. Karena itulah, melalui artikel ini kami akan memberikan beberapa tips belanja online yang aman. Di artikel ini akan dikupas secara tuntas bagaimana menghindari hal-hal tersebut.

1. Pastikan Komputer Aman Dari Virus

Tips Aman Belanja Online

Virus menjadi salah satu hal yang menakutkan di dunia teknologi saat ini. Virus yang menyerang komputer dapat mencuri berbagai identitas dan data-data penting yang ada di komputer. Entah darimana datang virus-virus ini, menurut informasi yang kami dapatkan, virus ini diciptakan oleh hacker yang fungsinya bermacam-macam. Mulai dari pencurian data-data penting hingga bisa juga menghancurkan file-file yang ada dikomputer. Untuk menghindari virus ini, pastikan kamu menggunakan antivirus yang berkualitas dan terupdate.
Baca juga : Rekomendasi Antivirus Terbaik Dan Tercanggih Untuk Melindungi Komputer

2. Kenali Toko dan Seller Tempat Kamu Akan Berbelanja

Tips Aman Belanja Online

Ini merupakan hal awal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Jika kamu ingin berbelanja online yang aman, maka kenalilah terlebih dahulu toko dan seller. Hal ini ditujukan agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertipu atau bahkan mendapatkan barang yang tidak sesuai. Lantas bagaimanakah cara mengenali toko dan seller tersebut? Kamu bisa melihat terlebih dahulu testimoni-testimoni dari pembeli sebelumnya. Jika banyak pembeli sebelumnya melakukan testimoni yang bagus, maka kamu bisa melakukan pembelian lebih lanjut. Jika belum ada testimoni, maka dilewatkan terlebih dahulu.

3. Gunakan Rekening Bersama Jika Perlu

Tips Aman Belanja Online

Apa itu rekening bersama? Jika kamu sering berelanja di FJB Kaskus maupun forum-forum lainnya, pastinya kamu akan sering mendengarkan tentang Rekening Bersama ini. Fungsi rekening bersama adalah sebagai mediator antara pembeli dan penjual. Tenang saja, beberapa toko online di Indonesia sudah menerapkan sistem Escrow atau rekening bersama secara "Official" misalkan BukaLapak, Tokopedia, dan Kaskus JualBeli.

4. Jangan Tergiur Harga yang Murah

Tips Aman Belanja Online

Harga yang murah akan menggiurkan banyak orang. Lalu apakah kamu tidak curiga dengan harga murah tersebut? Tentunya harga yang murah patut kita pertanyaan dan juga dipertimbangkan ketika hendak membeli. Kalau harganya selisih dikit dengan harga pasaran, yah wajar-wajar saja sih namanya juga persaingan. Lain halnya jika harga yang ditawarkan berbeda jauh dengan harga pasaran, tentu hal ini dapat dipertanyakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah merupakan poin terpenting dalam melakukan belanja online. Bahkan sampai muncul peribahasa "Ada harga ada rasa" "Harga tidak pernah bohong, harga tinggi kualitas juga tinggi".

5. Email Pribadi dan Email Belanja Sebaiknya Dipisah

Tips Aman Belanja Online

Kok Begitu? dalam beberapa kasus, pencurian identitas dilakukan pada online store yang tingkat kemanannya cukup rendah. Sehingga dengan memisahkan kedua email ini dapat mengurangi terjadinya resiko peretasan data yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Pastikan Online Store Tempat Kamu Berbelanja Menggunakan SSL

Tips Aman Belanja Online

Apa sih SSL itu dan fungsinya apa? SSL adalah sebuah bentuk protokol keamanan yang berfungsi untuk mengenkripsi segala kegiatan atau transaksi yang ada pada sebuah website. Lalu cara mengeceknya gimana? Cukup mudah, pastikan saja website toko online yang diakses menggunakan https:// bukan http://.

7. Gunakan Password yang Rumit Pada Akun Online Store

Tips Aman Belanja Online

Hacker dengan mudah akan melacak atau mendapatkan password kamu dengan cara membobol website dengan tingkat keamanan yang rendah. Kalau bisa, setiap akun yang kamu buat menggunakan password yang berbeda dan tentunya rumit. Fungsi dari membedakan password adalah jika akun kamu yang satunya terkena hack, maka kemungkinan akun kamu yang lainnya akan tetap aman karena menggunakan password yang berbeda.

8. Jika Menggunakan PayPal Untuk Berbelanja Online, Pastikan Email PayPal Adalah Email Khusus

Tips Aman Belanja Online

Jika kamu sering berbelanja online di luar negri tentunya sudah tidak asing lagi dengan PayPal. PayPal adalah sebuah Bank Online yang memiliki fungsi layaknya seperti bank-bank lokal lainnya. Fungsi lain dari PayPal adalah sebagai escrow atau rekening bersama.

Nah, lalu fungsi dari membedakan email tadi apa? PayPal sendiri menggunakan email sebagai identitas. Nah, jika salah satu akun kamu yang ada disebuah website diretas, maka kemungkinan data PayPal akan tetap aman.

9. Jangan Simpan Data Kartu Kredit Secara Online

Tips Aman Belanja Online

Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit akan lebih mudah karena lebih mudah dan cepat. Biasanya juga akan ada diskon bagi yang menggunakan kartu kredit bank tertentu. Perlu kamu ketahui, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab ingin melakukan peretasan kartu kredit kamu. Hal seperti ini sudah sering terjadi dan menyebabkan isi dari kartu kredit tersebut terkuras.

Peretasan kartu kredit ini disebut Carding. Di Indonesia kasus Carding ini sudah marak terjadi, kami menghimbau untuk tidak menyiman data kartu kredit kamu secara online. Jika kamu tetap memilih menyimpan data kartu kredit secara online, pastikan bahwa kamu mengikuti seluruh tips yang telah diberikan.

Sekian tips mengenai tips aman belanja online. Apakah ada tips tambahan? Silahkan share pada kotak komentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon