Senin, 12 September 2016

Ternyata Google Lebih Perhatian dari Pacar Kamu Loh

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Ciee yang punya pacar. Apakah pacar kamu perhatian? Kalian harus percaya kalau sebenarnya Google itu punya perhatian yang lebih besar loh daripada pacar kalian sendiri. Nggak percaya? Ini ada buktinya loh, baca saja sampai akhir biar kamu percaya. Menurut infografis perusahaan IT CONOSCO ternyata menunjukkan bahwa Google itu mengetahui jauh lebih banyak tentang kamu dari pada orang-orang terdekat kamu. Masih tidak percaya? Coba deh lihat infografisnya berikut ini.

1. Google Tau Apa yang Kamu Pikirkan
Kok bisa sih? Namanya juga mbah Google, serba tau. Secara teknis memang Google dapat mengetahui apa yang kamu mau. Bahkan Google dapat mengetahui apa yang kamu mau dan kamu gemari, apa yang kamu butuhkan, hingga hal-hal yang lebih detail seperti agama, politik, dan lain-lain.

Usut punya usut, ternyata Google memanfaatkan mesin pencari mereka sebagai sumber informasi. Ketika kamu mencari informasi yang dibutuhkan atau yang diminati melalui Google.co.id, maka dengan otomatis history tersebut akan direkam dan melalui history tersebutlah Google dapat mengetahui apa yang sedang kalian pikirkan. Layanan Google yang lainnya seolah menjadi mata-mata, seperti Gmail, GoogleAds, dan Google Chrome.

2. Google Tau dengan Siapa Saja Kalian Berinteraksi
Kehebatan Google yang selanjutnya adalah dapat mengetahui dengan siapa saja kamu berinteraksi. Google dapat mengetahui hal seperti ini melalui Google+, Gmail, dan juga Hangouts. Dari situlah dapat terlihat jelas dengan siapa saja kamu mengobrol dan berinteraksi. Lebih canggihnya lagi Google dapat mengetahui apa yang sedang kalian bicarakan melalui Hangouts, dalam bahasa apa kalian berbicara, dan seperti apa suara kalian. Canggih kan?

Ternyata Google Lebih Perhatian dari Pacar Kamu Loh

3. Google Tau Apa yang Kamu Lakukan di Dunia Maya
Andai saja pacar kamu seperti Google, maka habis deh kalian nggak bisa macem-macem di dunia maya. Google tau banyak tentang kalian loh. Google tau apa yang kalian baca, apa yang sedang kalian tonton, dan juga apa saja yang sedang kalian tulis. Google mempunyai banyak layanan dan tools yang dapat mengetahui hal ini. Ada layanan Google Book Search yang digunakan untuk mencari buku yang kalian senangi, ada Blogger yang dapat melihat apa saja yang kamu baca dan tulis, ada YouTube serta Google TV yang dapat mengetahui tayangan apa saja yang sedang kalian tonton, dan ada Google News dimana kamu bisa membaca berbagai berita yang kamu senangi.

4. Google Tau Seperti Apa Kalian Menghabiskan Uang
Apakah kalian suka belanja online? Google juga bisa tau loh kemana saja kalian berbelanja, barang apa saja yang dibeli hingga berapa biaya yang dikeluarkan untuk berbelanja. Kenapa Google bisa dengan mudah mengetahui hal ini? Karena semua toko online itu sudah tercatat di dalam memori mbah Google. Ditambah lagi jika kamu menggunakan Google Wallet untuk berinteraksi. Canggihnya lagi, Google dapat memperkirakan seberapa besar pengeluaran kalian setiap kali berbelanja.

5. Google Tau ke Mana Saja Kamu Pergi
Nah ini nih yang biasanya sering kalian pakai kan? Layanan Google Maps dapat mengetahui kemana saja kamu pergi. Kamu punya smartphone kan? Di smartphone kamu ada GPS kan? Nah itu dia yang  dapat memudahkan Google untuk dapat mengetahui posisi kamu. Aplikasi Google Maps dapat mengirimkan data pada server berupa koordinat lokasi smartphone kamu berada. Dapat dipastikan jika kamu menggunakan layanan Google Maps untuk pergi kesebuah tempat maka saat itu juga Google dapat melihat pergerakan kamu setiap saatnya.

Tidak hanya dengan Google Maps, Aplikasi Google yang lainnya seperti Google+, Google Search dan Hangouts akan dapat melihat kemana saja kalian pergi, dimana saja kalian nongkrong dan tempat tinggal kalian juga akan dapat diketahui.

Kok Google Kepo Ya?
Google memiliki 2 tipe data yang disimpan untuk mengetahui kebiasaan kalian. Data pertama adalah User-Generated Content yang datanya dikontrol oleh kalian sendiri sebagai pengguna. Kalian bebas menuliskan apa saja di internet, baik itu yang disukai ataupun tidak. Selanjutnya Google hanya tinggal mengamati apa saja kebiasaan kalian di internet. Dari sinilah Google mendapatkan semua data tentang kalian. Yang kedua, berasal dari Server Log Data yang menyangkut masalah teknis. Google menyimpan Cookies Browser, alamat IP, history situs yang kamu buka, hingga data yang lainnya. Dengan begitu, seluruh data kalian akan dapat terlihat.

Apakah kalian kesal di intip mbah Google terus? Jika kalian tidak mau di intip lagi oleh mbah Google, caranya adalah dengan berhenti menggunakan semua layanan dari Google, gampang kan? Pertanyaannya adalah apakah kalian bisa? Jawab sendiri deh pertanyaannya.

Nah seperti itulah cara Google melihat tentang kalian. Sekarang sudah percaya kan kalau Google itu lebih perhatian dari pacar kamu sendiri? Atau jangan-jangan kamu mau pindah kelain hati alias pacaran sama Google? Silahkan deh dicoba sendiri.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon