11 September 2016

Pengertian dan Fungsi Hub

Hub adalah sebuah perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer. Hub berpengaruh terhadap proses koneksi antar komputer, maka apabila Hub mengalami masalah atau terjadi kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terganggu dan bahkan akan terputus.

Hub memiliki fungsi sebagai perangkat keras (hardware) penerima sinyal dari sebua komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam sebuah jaringan. Hub memiliki peran lain yaitu sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Dilihat dari fungsinya, Hub dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

Pengertian dan Fungsi Hub

  • Hub Aktif yang memiliki fungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan. Untuk dapat bekerja, Hub aktif akan membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  • Hub Pasif berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga Hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.