Kamis, 15 September 2016

Cara Menambahkan Font di Windows

GUDANGIMUKOMPUTER.com - Font adalah suatu kumpulan lengkap dari huruf, angka, simbol, atau karakter yang memiliki ukuran dan karakter tertentu. Kebutuhan font dalam bisnis teknologi saat ini memang sangat besar terutama pada bisnis desain grafis. Maka dapat dipastikan bahwa font memiliki peranan penting dalam setiap karya atau produk yang dibuat. Setiap produk yang dibuat pasti akan menggunakan font meskipun itu sedikit. Salah satu yang membedakan produk satu dengan produk yang lainnya adalah jenis font yang digunakan.

Sebagai seorang desainer tentunya harus pintar dan cermat dalam menggunakan font. Mana font yang cocok dan sesuai dengan produk yang dibuat dan mana juga yang tidak cocok. Terkadang ada beberapa produk teknologi yang menggunakan font yang berlebihan sehingga sebagai pengguna terkadang kesal juga karena font yang susah dibaca. Disinilah peran seorang desainer untuk menyesuaikan font yang digunakan. Sebenarnya penggunaan font itu yang simple saja dan tentunya mudah dibaca oleh pengguna nantinya.

Cara Menambahkan Font di Windows

Sebenarnya windows telah menyediakan beberapa jenis font yang langsung bisa digunakan. Hanya saja terkadang karena faktor kebutuhan, kita terpaksa harus menambahkan beberapa jenis font. Nah, cara untuk menambahkan font ini gimana sih? Tenang saja, pokoknya baca saja artikel ini sampai selesai. Pada tutorial ini, kita akan menambahkan font langsung ke dalam sistem windows. Jadi semua aplikasi yang terinstal di windows kamu dapat menggunakan font tersebut. Misalkan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, dan aplikasi lainnya.

Cara Menambahkan Font di Windows

1. Download terlebih dahulu font yang ingin ditambahkan. Ada banyak sekali situs penyedia berbagai jenis font ini, kami biasanya mencari di 1001FONTS.com dan masih banyak lagi situs lainnya silahkan explore saja.

2. Gambar di bawah ini merupakan tampilan dari 1001fonts.com. Silahkan cari jenis font yang kamu butuhkan kemudian download font tersebut.

Cara Menambahkan Font di Windows

3. Selanjutnya buka folder download dimana file yang di download tadi diletakkan. Usahakan dilaptop atau komputer kamu telah terinstal aplikasi Winrar, kemudian Extract file tersebut.

Cara Menambahkan Font di Windows

Setelah file tersebut di extract, maka akan muncul beberapa file font dengan format .otf. File yang diblok di bawah ini merupakan file yang berformat .otf.

Cara Menambahkan Font di Windows

4. Copy seluruh file font yang berformat .otf atau file yang diblok di atas.

5. Selanjutnya buka Local Disk (C:) >> Windows >> Fonts. Kemudian Paste file font yang dicopy sebelumnya ke folder Fonts ini.

6. Selesai deh. Silahkan cek aplikasi Photoshop, Corel Draw, atau Microsoft Office. Kemudian lihatlah apakah font telah bisa digunakan atau tidak, mudah-mudahan bisa.

Sekian artikel mengenai cara menambahkan font di windows. Jika ada langkah-langkah yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini. Kami dengan senang hati akan membantu teman-teman semuanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon