Sabtu, 10 September 2016

Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Di Indonesia, peredaran windows bajakan sudah tidak dapat dipungkiri lagi dan bahkan sulit untuk mengatasinya. Sistem operasi Windows kalau di Indonesia bisa didapatkan secara gratis alias Windows bajakan. Windows bajakan ini mudah sekali untuk didapatkan, sudah banyak situs yang menyediakan link download gratis windows bajakan ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, maka peredaran windows bajakan akan sulit sekali untuk diatasi. Bahkan ada oknum yang memperdagangkan windows ini dengan harga yang sangat murah. Memang jika dibandingkan dengan Windows original memiliki perbedaan harga yang sangat jauh. Bahkan untuk saat ini, asal ada internet kamu akan bisa mendapatkan windows bajakan ini dengan mengakses beberapa situs yang sengaja menyediakan link download. Tahukan kamu bahwa harga itu tidak pernah bohong? Tahukah kamu dibalik murahnya harga windows bajakan ada banyak sekali bahaya yang bisa menyerang? Berikut ini ada 10 bahaya dan efek negatif yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan Windows bajakan.

1. Fitur Tidak Bekerja Dengan Optimal
Pada windows bajakan, fitur-fitur yang dimiliki tidak akan berjalan dengan optimal. Beberapa fitur hanya dapat digunakan pada versi original saja. Misalkan pada windows 8, ada beberapa pengaturan yang dikunci seperti fitur sync yang tidak bisa digunakan, mengganti background untuk start screen dan masih banyak lagi.

2. Komputer Tidak Bisa Digunakan
Resiko berbahaya yang akan muncul jika menggunakan windows bajakan adalah komputer yang tidak akan bisa digunakan lagi. Misalkan pada windows 7 bajakan akan muncul peringatan berupa watermark dan walpaper yang berubah menjadi hitam. Lain halnya jika kamu menggunakan windows XP, windows ini memiliki proses Genuine Advantage yang akan menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer itu lagi.

3. Pesan Dari Windows yang Terus Mengganggu
Jika kamu menggunakan windows bajakan pada komputer atau laptop, maka kamu akan mendapatkan pesan atau pemberitahuan yang cukup mengganggu dari Windows. Isi dari pesan tersebut mengingatkan kamu agar membeli windows yang original. Biasanya pesan tersebut akan muncul dalam jangka waktu tertentu.

4. Melanggar Hukum
Sudah sangat jelas bahwa menggunakan software yang ilegal itu merupakan perbuatan yang melanggar hukum. Di negara manapun itu pasti akan dilarang dan akan ditindak tegas oleh pemerintah. Sebagai pengguna Windows ilegal tentu saja bisa terjerat dan hukumannya adalah penjara.

Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

5. Keamanan Yang Minim
Fitur windows update sebenarnya ditujukan untuk membuat sistem operasi agar menjadi lebih optimal. Melakukan update tentunya akan memperbarui keamanan agar terhindar dari serangan virus, bug dan lainnya. Pada windows bajakan kamu tidak akan bisa menggunakan fitur update, sehingga keamanan windows sangat lemah dan mudah diserang.

6. Privasi Yang Tidak Terjamin
Windows bajakan bisa didapatkan dengan sangat gampang dan dengan mudahnya bisa dibeli dimana saja. Yang tidak akan pernah kita tahu adalah siapakah sebenarnya yang membuat copy windows bajakan tersebut. Ditakutkan, di dalam windows bajakan ini telah disusupi software jahat yang dapat mengganggu privasi kita. Bisa saja orang jahat memanfaatkan dan memata-matai kita dengan menyisipkan software jahat di dalam windows bajakan ini, kita kan tidak pernah tau. Yang kita tau hanya menggunakan.

7. Bahaya Hacker
Ancaman terbesar di dunia maya adalah adanya hacker. Jika menggunakan windows bajakan tentunya ancaman hacker akan semakin besar. Jika sistem berhasil disusupi hacker, akan membahayakan data dan seluruh sistem pada komputer yang digunakan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menggunakan Windows original.

8. Bisa Merusak Komputer
Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa Windows bajakan merupakan hasil kerja dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kita hanya bisa menggunakan dan susah untuk mengetahui apakah ada software jahat pada windows bajakan tersebut. Ketika menggunakan windows bajakan, bisa saja ada hal jahat yang menyebar pada komputer dan bisa merusaknya.

9. Kinerja Komputer Menjadi Kacau
Windows bajakan bisa saja mengandung banyak virus yang membahayakan komputer. Virus yang sudah terinfeksi dapat merusak hal-hal tertentu yang sangat vital pada komputer dan apabila itu terjadi, maka kinerja komputer terganggu dan menjadi kacau.

10. Terkena Razia
Software yang ilegal tentu akan melanggar hukum. Aparat keamanan juga sudah sering melakukan tindakan hukum mengenai hal ini. Banyak razia yang terjadi mengincar para pengguna software ilegal salah satunya adalah windows bajakan. Resiko yang besar akan kalian hadapi jika menggunakan windows bajakan, kalian bisa jadi akan terjaring razia dan bahkan bisa dipenjarakan.

Mungkin karena faktor ekonomi kita terpaksa harus menggunakan Windows bajakan. Windows original dijual dengan harga yang mahal di atas 1 jutaan. Dengan menggunakan Windows original, berarti kita menghargai karya orang. Tetapi jika kamu tetap ingin menggunakan windows bajakan, ya terserah tidak ada paksaan. Hanya saja sebaiknya menggunakan Windows yang original apalagi jika kamu terjun langsung di dunia bisnis.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon