Selasa, 13 September 2016

Akibat Terlalu Sering Menekan Tombol F5

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Fungsi refresh sudah sangat akrab bagi setiap pengguna komputer. Menurut pengguna komputer, Refresh digunakan untuk mempercepat kenerja komputer yang sebelumnya berjalan lambat. Sebenarnya itu keliru, Refresh hanyalah digunakan untuk memperbarui tampilan desktop atau direktori yang dibuka.

Fungsi Refresh Desktop
Kenapa desktop harus di refresh? Karena ada banyak kondisi yang mengharuskan komputer kamu di refresh, diantaranya adalah :

  • Ukuran wallpaper yang melebihi ukuran dari display.
  • Icon mengalami error sehingga tidak muncul didesktop, hal ini dikarenakan cache tidak merespon.
  • Susunan icon dan file yang berserakan di desktop.

Jika hal di atas terjadi pada komputer kamu, maka langkah tercepatnya bisa dengan melakukan Refresh dan juga bisa langsung melakukan Restart Komputer. Sebagai pengguna komputer, pastilah akan memilih cara yang cepat yaitu melakukan Refresh. Nah, pada saat melakukan Refresh sebaiknya jangan menggunakan Tombol F5 berkali-kali. Hal inilah yang biasanya sering dilakukan, yaitu dengan menekan tombol F5 berkali-kali. Hal ini akan membuat CPU Usage menjadi tinggi dan akhirnya akan berdampak pada kerusakan CPU secara perlahan. Akan lebih baik jika dibuktikan secara langsung biar lebih jelas.

1. Masuk ke Task Manager atau tekan tombol CTRL + ALT + DEL lalu pilih Task Manager.

Akibat Terlalu Sering Menekan Tombol F5

2. Selanjutnya pilih pada tab "Performance" lalu perhatikan pada bagian CPU. Dalam keadaan belum di Refresh, CPU Usage ada 2%.

Akibat Terlalu Sering Menekan Tombol F5

3. Nah sekarang, coba lakukan Refresh berulangkali secara cepat menggunakan Tombol F5. Dengan seketika CPU Usage akan meningkat menjadi besar.

Akibat Terlalu Sering Menekan Tombol F5

Jadi, kesimpulannya adalah jangan terlalu sering menekan Tombol F5 untuk melakukan Refresh. Refresh cukup sesekali saja dan tidak perlu berlebihan.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon