Senin, 12 September 2016

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Google Drive

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Selama ini mungkin banyak orang terbiasa dengan metode penyimpanan file menggunakan flashdisk atau hard disk. Sejak diperkenalkannya trend teknologi mobile first, penyimpanan file digital beralih dari metode tradisional menuju Cloud Storage. Salah satu layanan Cloud Storage terbaik saat ini adalah Google Drive. Layanan Cloud Storage milik Google ini mempunyai banyak fitur unggulan. Beikut ada 8 alasan kenapa kamu harus pakai Google Drive.

1. Buatan Google
Seketika kita mendengarkan namanya, sudah jelas bahwa layanan cloud storage ini merupakan salah satu produk Google. Alasan seseorang menggunakan Google Drive buka hanya karena dari namanya saja, melainkan juga  karena layanannya. Ya, karena buatan Google, maka sudah bisa dipastikan semua layanan Google bisa diintegrasikan dengan Google Drive. Layanan itu seperti Google Music dan Google Photos tentunya bisa diintegrasikan di Google Drive. Dengan banyaknya orang menggunakan smartphone, maka akan semakin mudah pula untuk mengakses Google Drive ini. Apalagi semakin berkuasanya platform Android, maka wajib banget deh kamu pakai Google Drive ini.

2. Gratis Penyimpanan 15GB
Setiap akun yang telah kamu buat di Google akan langsung dapat mengakses layanan Google Drive ini. Dan setiap akun Google, akan mendapatkan gratis ruang penyimpanan Google Drive sebesar 15GB. Ini tentunya lebih besar daripada ruang penyimpanan Cloud Storage yang lain. Bahkan dalam beberapa kesempatan selalu ada vendor yang menyediakan bundling khusus Google Drive, seperti ASUS Zenfone 2 yang memberikan gratis 100GB saat pertama kali launching. Gratis penyimpanan 15GB itu luar biasa loh, jadinya kamu bisa menghemat memori smartphone.

3. Support Multi Platform
Apabila kamu sering beraktivitas menggunakan komputer dan juga kemana-mana dengan membawa smartphone, maka kamu wajib menggunakan Google Drive. Itulah salah satu kelebihan dari Google Drive yang bisa digunakan dibanyak platform. Kamu bisa mengakses file-file yang tersimpan di Google Drive kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan perangkat apa saja. File apa saja itu selagi masih berukuran di bawah 15GB dapat disimpan di Google Drive, baik itu file foto, musik, video dokumen dan file lainnya semuanya bisa tersinkronisasi dengan cepat jika kamu menggunakan Google Drive.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Google Drive

4. Lebih Aman
File di Google Drive dapat dibagikan ke siapa saja, menindaki hal itu bukan berarti Google tidak memperhatikan keamanan file tersebut. Tentu saja Google sangat memperhatikan keamanan yang berhubungan dengan produk-nya. Faktor keamanan merupakan salah satu fitur unggulan Google Drive. Kamu dapat menentukan siapa saja yang bisa melihat file yang kamu upload, siapa saja yang bisa ngedit, dan juga kamu dapat menentukan siapa saja yang diberi akses administrator untuk mengakses penuh akun Google Drive kamu. Fitur ini tentunya akan memberikan banyak manfaat, misalkan kita bisa mengerjakan sebuah proyek bersama tim dimana saja kapan saja tanpa harus khawatir dengan keamanan pekerjaan kamu diambil alih orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Download yang Cepat
Jika kamu mempunyai banyak koleksi dokumen-dokumen penting, ayo mulai sekarang upload ke Google Drive. Kami rasa dengan tersedianya ruang penyimpanan 15GB kamu akan leluasa menyimpan berbagai file atau dokumen. File-file yang kamu upload ke Google Drive bisa didownload dengan cepat dan mudah lewat semua perangkat yang terhubung. File yang didownload di Google Drive akan lebih cepat dibandingkan file yang didownload di layanan lain.

6. Bisa Kerja Dimana saja
Dengan adanya trend teknologi Mobile First menuntuk kita untuk bisa mengerjakan sebuah pekerjaan kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan Google Drive kamu dapat membuat dan mengedit dokumen yang tersimpan menggunakan Google Sheets, Google Slides, dan Google Docs. Jadi kamu bisa membuat dan mengedit dokumen langsung dari Google Drive dengan menggunakan perangkat apa saja bahkan tanpa harus menggunakan komputer.

7. Upload dan Sharing File yang mudah
Keunggulan Google Drive yang selanjutnya adalah mudah mengupload dan sharing file. Kamu bisa mengupload file dari komputer ke Google Drive dengan hanya melakukan drag and drop. Setelah proses upload selesai, kamu akan dapat langsung mengaksesnya lewat smartphone. Selanjutnya file tersebut bisa dibagikan ke siapa saja sesuai dengan keinginan kamu.

Hal menarik dari Google Drive adalah file yang dibagikan bisa dilihat oleh siapa saja yang tidak punya akun Google, tetapi hanya sebagai Guest. Tetapi jika mempunyai akun Google, maka akan lebih leluasa dengan bisa ikut mengedit file yang di sharing tersebut. Kita bisa mengedit satu file di Google Drive sacara bersamaan, misalkan ada tugas kelompok. Makanya coba dong menggunakan Google Drive, biar kekinian gitu hehe.

8. Support Offline
Nah, ini faktor menarik selanjutnya di Google Drive. Di Google Drive telah mendukung fitur Offline Mode. Yang mana file yang kamu sinkronkan di Google Drive bisa diakses kapanpun dan dimanapun meskipun tidak ada koneksi internet. Jadi kamu tak perlu khawatir jika sedang pergi ke daerah yang jaringan internetnya susah sekali.

Itulah 8 alasan kenapa kamu harus menggunakan Google Drive. Di era teknologi yang sedang berkembang ini, layanan Cloud Storage merupakan salah satu layanan yang wajib kamu coba. Dengan adanya Google Drive juga akan memudahkan banyak orang diberbagai kegiatan seperti kegiatan di sekolah, dikampus dan lainnya. Apakah ada alasan yang lainnya? jika ada silahkan share di kotak komentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon