Sabtu, 10 September 2016

6 Tips Membuat Keyboard Laptop Menjadi Tahan Lama

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Keyboard merupakan salah satu komponen terpenting untuk beberapa barang elektronik, seperti tablet, smartphone, komputer, laptop dan lainnya. Keyboard menjadi penting karena berperan nuntuk memasukkan perintah ke komputer tersebut. Sebenarnya sudah ada keyboard visual yang bisa digunakan untuk menggantikan posisi keyboard hanya saja terasa akan tidak praktis. Rata-rata keyboard yang digunakan saat ini menggunakan susunan keyboard jenis QWERTY. Lalu bagaimana cara merawat keyboard, khususnya keyboard laptop agar bisa lebih awet penggunaannya? Sebagaimana yang kita ketahui bahwa untuk mengganti keyboard bawaan laptop tidak mudah dan juga membutuhkan modal besar. Melakukan perawatan terhadap keyboard laptop ini sebenarnya gampang-gampang susah tergantung bagaimana penggunaan sehari-hari laptop tersebut.

Cara Merawat Keyboard Laptop

1. Gunakan Keyboard Cover
Menggunakan keyboard cover sebenarnya harus dilakukan untuk melindungi keyboard terkena debu dan air. Harga dari keyboard cover ini bervariasi tergantung jenis laptop yang digunakan, umumnya dijual dengan harga yang murah kok. Penggunaan keyboard cover ini akan dapat mengurangi masuknya debu atau kotoran ke sela-sela keyboard laptop. Apabila ada kotoran masuk ke sela-sela keyboard laptop ditambah lagi jarang dibersihkan, maka akan menyebabkan terjadinya error bahkan kerusakan pada keyboard.

2. Jangan Menekan Terlalu Kencang
Sebenarnya keyboard laptop itu mempunyai batas tekanan masing-masing. Menekan keyboard yang terlalu kencang biasanya dilakukan oleh para gamers karena biasanya terlalu terbawa suasana di game tersebut. Ketika kamu menekan tombol pada keyboard secara keras dan kencang, maka hal tersebut akan dapat merusak tombol keyboard laptop. Usahakan menekan tombol pada keyboard ala kadarnya saja.

3. Gunakan Keyboard Eksternal
Jika kamu hobbi main game maka sebaiknya gunakanlah keyboard eksternal. Hal ini ditujukan untuk menghindari menekan tombol-tombol yang terlalu kencang pada keyboard. Sekali pun kamu menekan keyboard eksternal dengan sangat kencang, maka yang rusak ya keyboard eksternal tersebut dan untuk menggantinya pun akan lebih mudah dan juga harga jualnya yang lumayan murah daripada keyboard bawaan laptop.

6 Tips Membuat Keyboard Laptop Menjadi Tahan Lama

4. Jangan Menaruh Benda Berat di Atas Keyboard Laptop
Sebenarnya jika kamu meletakkan benda yang berat di atas keyboard laptop, maka tidak hanya memberikan tekanan pada keyboard tetapi juga ke komponen lainnya. Hindari hal seperti ini, jika ingin laptop kamu bertahan lama.

5. Jauhkan Dari Cairan
Hal ini nih yang biasanya sering sekali terjadi. Biasanya seseorang yang sedang bekerja atau bermain akan menaruh minuman seperti teh, kopi atau air putih dekat dengan laptop. Tujuannya adalah agar minuman tersebut mudah untuk diraih. Sebenarnya hal ini ya sah-sah saja, hanya saja harus sangat diperhatikan dan hati-hati karena resiko minuman tersebut tumpah ke keyboard cukup besar.

6. Rutin Membersihkan Keyboard
Biasanya seseorang akan tidak nyaman ketika melihat adanya debu yang semakin banyak bahkan menumpuk pada keyboard. Hal ini akan membuat pengguna merasa terganggu dan tentunya tidak enak dilihat. Untuk membersihkan keyboard ini bisa menggunakan kuas atau lap. Jangan khawatir, alat pembersih laptop ini sudah banyak sekali dijual kok.

Laptop yang awet biasanya akan dibarengi dengan perawatan yang rutin. Perawatan pada laptop tidak hanya dapat dilakukan satu atau dua hari saja, tetapi harus dilakukan dengan rutin. Udah mahal-mahal beli laptop, eh ternyata keyboardnya cepat banget rusak, kan sayang tuh.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon