Jumat, 02 September 2016

5 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Flashdisk Menjadi Cepat Rusak

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan data dengan ukuran fisik yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Meskipun masih ada cloud storage yang lebih sederhana lagi, tetapi masih banyak juga yang menggunakan flashdisk. Flashdisk sama halnya seperti laptop dan komputer yang membutuhkan perawatan dan perhatian yang khusus. Setiap pengguna tentunya memiliki cara yang berbeda dalam merawat dan menggunakan flashdisk-nya. Sebelum kamu membeli flashdisk, ada baiknya jika membaca artikel mengenai 5 kebiasaan yang dapat membuat flashdisk menjadi cepat rusak.

5 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Flashdisk Menjadi Cepat Rusak

5 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Flashdisk Menjadi Cepat Rusak

1. Eject sebelum mencabut flashdisk karena dikhawatirkan masih ada proses yang berjalan pada flashdisk dan jika flashdisk itu kamu cabut langsung, maka kemungkinan akan terjadi corrupt data atau bahkan dapat menyebabkan flashdisk menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi sama sekali.

2. Hindari dari terkena air, terjatuh, atau disimpan ditempat dengan suhu yang panas. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kerusakan pada fisik dan komponen dari flashdisk.

3. Meletakkan flashdisk berdekatan dengan benda yang memiliki gelombang magnet, misalnya smartphone, televisi atau bahkan magnet itu sendiri. Simpanlah flashdisk di tempat yang dirasa aman dan akan lebih baik jika flashdisk dibuatkan tempat khusus penyimpanannya.

4. Lakukanlah scanning secara berkala terhadap flashdisk setelah digunakan. Karena serangan virus dapat menyebabkan flashdisk menjadi cepat rusak. Apalagi jika flashdisk itu sering digunakan dibeberapa komputer, maka kemungkinan dapat menyebarkan virus dari komputer satu ke komputer yang lainnya.
Baca juga : Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

5. Jangan terlalu sering delete, copy, atau paste data di flashdisk. Flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis dan hapus data. Jika sudah melewatinya, kemungkinan flashdisk akan menjadi lebih lambat atau tidak bisa digunakan sama sekali. Satu lagi, jangan terlalu sering melakukan format terhadap flashdisk karena apabila terlalu sering maka akan menyebabkan flashdisk menjadi lambat dan lama kelamaan flashdisk menjadi rusak.

Untuk menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk, tidak harus dilakukan dengan cara di format. Kami tidak menganjurkan untuk terlalu sering memformat flashdisk karena akan dapat menyebabkan menurunnya performa dari flashdisk tersebut. Terus bagaimana cara menghapus seluruh data-data yang ada di dalam flashdisk tersebut? Daripada melakukan format, mending dihapus secara permanent dengan cara menekan tombol Shift + Delete dengan terlebih dahulu memilih pada file atau folder yang akan dihapus. Jika flashdisk sudah terlanjur terserang virus, maka mau tak mau kamu harus memformat flashdisk tersebut.

Selain itu kamu juga harus menghindari mencolokkan flashdisk di warnet. Karena di warnet biasanya komputernya telah terserang virus-virus yang membahayakan. Jika kamu mencolokkan flashdisk ke komputer di warnet, kemudian kamu mencolokkan kembali flashdisk tersebut ke laptop milik kamu maka kemungkinan virus tersebut akan cepat menyebar seiring dengan dicolokkannya flashdisk ke laptop.

Gunakanlah flashdisk kamu dengan baik dan benar agar bisa lebih awet. Tentunya flashdisk kamu akan sering digunakan diberbagai komputer atau laptop. Lakukanlah selalu scanning dengan antivirus lokal saja, misalkan Smadav untuk menghilangkan virus yang ada di flashdisk. Apakah ada kebiasaan lain yang dapat merusak flashdisk kamu? Silahkan share pengalaman teman-teman dikotak komentar di bawah ini.

1 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon