Rabu, 17 Agustus 2016

Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer - Sistem operasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah perangkat, misalkan komputer, laptop, smartphone dan lainnya. Tanpa adanya sistem operasi ini, maka perangkat-perangkat tersebut tidak bisa dijalankan. Oleh karena itu, peran sistem operasi sangatlah penting agar perangkat tersebut dapat dijalankan.

Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Hingga saat ini, sistem operasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Akan lebih baiknya jika kita membahasnya dari awal ditemukannya sistem operasi hingga bisa mengalami perubahan seperti saat ini. Perkembangan sistem operasi dibagi menjadi empat generasi berdasarkan tahunnya, berikut penjelasan singkatnya :

Generasi Pertama (1945 - 1955)
Ini merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi pertama ini belum ada sistem operasi, sehingga semua perintah dan instruksi yang diberikan ke sistem komputer dilakukan secara langsung.

Generasi Kedua (1955 - 1965)
Pada generasi kedua mulai dikenalkan dengan Batch Processing System. Batch Processing System adalah pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian yang dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem dari sebuah komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, namun beberapa fungsi dari sistem operasi sudah mulai ada, misalkan FMS dan IBSYS.

Generasi Ketiga (1965 - 1980)
Mulainya dikembangakan sistem operasi terjadi pada generasi ini. Sistem operasi dikembangkan untuk dapat melayani banyak pengguna sekaligus, dimana para pengguna tersebut melakukan komunikasi melalui terminal secara online kekomputer atau bahasa kerennya itu multi user dan multi programming.

Generasi Keempat (1980 - Sekarang)
Hingga saat ini, perkembangan sistem operasi sangatlah pesat. Sistem operasi digunakan juga untuk jaringan komputer, dimana pengguna komputer dapat saling berhubungan satu sama lain. Sistem operasi saat ini ada banyak sekali, kalau pengguna komputer dan laptop biasanya kebanyakan menggunakan sistem operasi windows. Tidak menutup kemungkinan juga banyak orang yang menggunakan sistem operasi selain windows.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon