Selasa, 16 Agustus 2016

Pengertian Driver Komputer

Pengertian Driver Komputer - Driver merupakan sebuah software yang dapat menghubungkan antara hardware dengan komputer. Driver ini digunakan oleh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan hardware dari driver itu. Hardware yang terhubung dengan komputer tidak akan dapat dijalankan secara langsung tanpa adanya driver, misalkan printer dan scanner. Peran driver ini adalah sebagai penerjemah antara sistem operasi dengan hardware yang ada pada komputer tersebut.


Pengertian Driver Komputer

Seberapa penting mengupdate driver?
Sebenarnya mengupdate itu adalah hal yang sangat penting, kalau tidak diupdate maka akan terus ketinggalan perkembangan. Boleh dikatakan mengupdate driver itu harus dilakukan, namun ada saatnya juga tidak harus dilakukan. Dalam sistem operasi windows sudah disertakan driver-driver yang penting yang terhubung dengan komputer kamu. Misalnya driver mouse, monitor, keyboard dan sebagainya. Ternyata masih ada beberapa driver di Windows yang belum mendukung fitur advance ketika kamu menggunakan atau menambahkan driver baru. Nah, maka dari itu kamu terlebih dahulu harus mendownload dan kemudian menginstall driver itu sendiri. Tentunya, driver itu harus cocok dengan hardware yang kamu gunakan. Jika kamu membeli sebuah hardware baru, maka akan disertakan pula drivernya yang dikemas dalam sebuah keping CD atau DVD.

Terkadang sebuah perusahaan hardware juga akan merilis versi terbaru untuk driver dengan telah memperbaiki bug yang ada, meningkatkan kestabilan, meningkatkan kinerja dan tentunya akan ditambahkan fitur-fitur terbaru. Pada saat driver ini sudah dirilis dan direkomendasikan untuk kamu, pada saat itu jugalah kamu harus mengupdate driver komputer.

Lalu pada saat kapan driver tidak perlu diupdate? Apabila kamu menemukan versi installer driver yang belum stabil atau masih dalam proses alpa atau beta. Dan juga apabila perusahaan hardware yang drivernya ingin kamu update belum memberikan rekomendasi untuk update.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon