Senin, 08 Agustus 2016

Cara Mengatasi Error User profile cannot be loaded Pada Windows 7

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Hallo selamat siang teman-teman semuanya. Sudah lama nih tidak menyapa para pembaca setia blog ini, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Kali ini kita akan membahas artikel mengenai bagaimana cara mengatasi error "User profile cannot be loaded" yang terjadi pada windows 7.

Cara Mengatasi Error "User profile cannot be loaded" Pada Windows 7

Tentunya artikel ini merupakan pengalaman pribadi dari admin. Admin pernah mengalami problem ini dan alhasil laptop atau komputer tidak akan bisa digunakan karena windows mengalami masalah pada saat login. Jika terdapat pesan error "The User Profile Service service failed the logon. User profile cannot be loaded" maka pengguna laptop atau komputer hanya mempunyai 2 pilihan saja, yaitu Shutdown dan Restart.

Masalah login yang error ini merupakan salah satu permasalahan umum yang sering dialami oleh para pengguna windows 7. Ada beberapa penyebabnya, seperti sistem operasi komputer yang diserang virus, ada file yang corrupt, hingga tidak sengaja ada file penting mengenai akun profil anda yang terhapus. Intinya, error ini timbul dikarenakan windows tidak bisa membaca user profile dengan benar pada saat melakukan log on.

Install ulang dan Repair windows bukan merupakan jalan satu-satunya yang bisa mengatasi masalah ini. Ada cara yang lebih gampang dan tentunya sudah saya buktikan sendiri dan berhasil. Sistem operasi windows saya sudah bisa login dan tentunya laptop sudah bisa digunakan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Restart komputer anda.
2. Ketika booting, tekan tombol F8 berkali-kali untuk masuk ke safe mode. Sebenarnya sekali saja cukup asal tepat waktu.
3. Nantinya akan tampil daftar mode sistem windows. Pilih "Safe Mode".
4. Pada safe mode kita bisa login, silahkan lakukan login.
5. Selanjutnya apabila telah masuk pada tampilan utama windows, tekan tombol Windows + R dan ketikkan regedit. Tombol windows adalah tombol yang ada icon windowsnya.
6. Setelah masuk pada tampilan Registry Editor, selanjutnya masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >> Microsoft >> Windows NT >> CurrentVersion >> ProfileList.
7. Akan terlihat ada dua folder dengan nama yang berawalan S-1-5 yang diikuti oleh nomor panjang dibelakangnya yang sama persis. Namun bedanya, yang satu berakhiran .bak dan yang satu lagi tidak berakhiran .bak.
8. Klik kanan dan pilih Rename pada folder tanpa .bak, tambahkan akhiran .bk pada folder tersebut.
9. Klik kanan dan pilih Rename pada folder yang berakhiran .bak, hapus akhiran .bak tersebut.
10. Pilih folder tanpa .bk, pada panel sebelah kanan double klik RefCount dan ketik 0 (angka nol)  pada Value Data kemudian klik OK.
11. pada folder tanpa .bk, pada panel sebelah kanan double klik State dan ketik 0 (angka nol)  pada Value Data kemudian klik OK.
12. Apabila telah selesai, selanjutnya close program Registry Editor dan Restart sistem komputer anda. Selanjutnya lakukan login seperti biasanya.

Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu teman-teman semuanya. Admin sendiri telah mempraktekkan cara ini dan berhasil. Silahkan teman-teman ikuti tahap demi tahapnya dengan benar. Dan apabila masih ada langkah yang kurang jelas dapat menanyakannya melalui komentar di bawah ini. Sekian dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

11 komentar

Trima kasih gan.. sdh sy coba dan 100% work.. Soale bru dpt masalah serupa. Mantaplah agan satu ini..(y)

Gan ane mau nanya kok, pas ane klik start dan ane ketik regredit gk ada gan, itu solusinya gimana ya?

Tombol Windows + R udah dicoba?

APakah ada cara saya untuk masuk ke safemode tanpa f8 jika saya tidak bisa logon?

BAgaimana cara saya masuk safe mode jika tombol f8 saya rusak? Terimakasig

Bagaimana cara saya masuk ke safe mode jika tombol f8 rusak? Apakah ada cara lain? Terimakasih

Keyboard eksternal sudah di coba?

ketik "regedit" bukan "regredit" :)

Saya sudah pilih safemode tp ada tulisan loading windiws file...please wait..gitu terus ga gerak

Coba diulangi lagi langkah2nya dari awal.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon