Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word - Untuk mencetak dokumen yang ada dilembar kerja microsoft word sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, masih ada beberapa pengguna komputer yang masih kesulitan dan kebingungan pada saat hendak mencetak sebuah dokumen. Namun, apabila kita sudah mempunyai ilmu mengenai microsoft word ini tentunya akan terasa lebih mudah karena kita tinggal melakukan beberapa langkah dengan mengklik beberapa menu hingga akhirnya dokumen bisa dicetak pada sebuah kertas yang telah disediakan.

Tujuan mencetak dokumen ini adalah untuk membuat arsip atau pegangan dalam bentuk hard copy, sehingga apabila komputer mengalami masalah, maka kita masih mempunyai hasil cetakan dari dokumen yang telah dibuat.

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word

Jika kamu hendak mencetak sebuah dokumen, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa driver printer telah terinstal dikomputer kamu. Lakukan penginstalan driver printer ini sesuai dengan merk dan tipe printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen nantinya. Setelah berhasil melakukan penginstalan driver, maka berikut langkah-langkah selanjutnya :

Untuk tutorialnya kami menggunakan Microsoft Word 2013. Untuk versi yang lainnya langkah-langkahnya sama saja.

1. Bukalah lembar kerja microsoft word yang akan dicetak.
2. Klik menu File kemudian pilih Print (CTRL+P). Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word

Keterangan :
Copies : Berapa banyaknya dokumen yang akan dicetak. Misalnya kamu ingin mencetak dokumen tersebut menjadi 2 (rangkap 2) maka pada menu Copies pilih 2 begitu juga seterusnya.

Printer : Jenis printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen tersebut. Pastikan bahwa printer yang akan digunakan telah berstatus Ready.

Settings : Biasanya kami menggunakan settingan yang default saja.

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word
Settingan printer jika ingin mencetak dokumen secara keseluruhan.



Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word
Settingan printer jika ingin mencetak halaman tertentu saja.
Jika kamu hendak mencetak dokumen halaman tertentu saja, maka pada menu Pages isikanlah sesuai dengan pages yang ingin kamu cetak. Pada contoh di atas berarti akan mencetak pages (halaman) 1 sampai 4. Jika kamu hendak mencetak dari halaman 3 sampai 20, maka pada menu Pages isikan angka 3 - 20 dan begitu juga seterusnya. Untuk pengisian angka disesuaikan saja dengan pages (halaman) yang ingin kamu cetak.

3. Selanjutnya klik menu Print. Maka dokumen akan secara otomatis tercetak.

Cara Mencetak Dokumen Pada Microsoft Word

Catatan :
  • Pastikan driver printer telah terinstal dikomputer.
  • Pastikan printer telah menyala dan kabel USB printer telah dicolokkan ke USB yang ada dikomputer.
  • Sebelum mencetak dokumen, sebaiknya atur terlebih dahulu ukuran kertas pada lembar kerja microsoft word kamu.
  • Sesuaikanlah pengaturan kertas (Page Layout) dengan kertas yang digunakan.
  • Jika anda sudah mencetak dengan jumlah yang banyak, lakukan cleaning pada printer.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat teman-teman semuanya. Apabila masih ada langkah-langkah yang meragukan, silahkan menanyakannya dengan cara mengisi kotak komentar di bawah ini. Sekian dan terimakasih semoga sukses teman-teman.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon