Selasa, 30 Agustus 2016

10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Yang Berkualitas

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Saat ini kebutuhan terhadap Hard Disk Drive (HDD) eksternal bagi pengguna laptop kian meningkat. Itu semua disebabkan karena terbatasnya kapasitas hard disk internal yang dimiliki oleh sebuah laptop. Hal lain yang menyebabkan meningkatnya pengguna hard disk eksternal adalah karena mudah dibawa kemana-mana dan juga cara penggunaan yang mudah. Selain itu, hard disk internal laptop juga lebih sulit diganti dibandingkan hard disk untuk PC.

Yang banyak dipertanyakan adalah, hard disk eksternal yang bagus itu merk apa sih? yang kapasitas berapa? terus bagusnya beli dimana? pertanyaan seperti itu dan juga pertanyaan lainnya sering sekali terlontar dari seseorang yang berada disekitar kamu. Setiap merk hard disk eksternal itu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan untuk kapasitasnya menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin membeli hard disk eksternal, maka belilah ditempat resmi atau sudah terpercaya menjual berbagai komponen laptop atau komputer termasuk salah satunya hard disk eksternal. Yang harus diperhatikan saat membeli hard disk eksternal adalah garansinya resmi atau tidak dan berapa lama garansi tersebut. Memilih hard disk eksternal terbaik bukanlah yang yang mudah, kualitas harus menjadi fokus utama agar nantinya hard disk tersebut tidak cepat rusak. Lalu, apa sajakah yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah hard disk eksternal yang bagus?

10 Tips Memilih Hard Disk  Eksternal Yang Berkualitas

Tips Memilih Hard Disk Eksternal

1. Sistem Operasi
Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan file sistem yang berbeda yaitu (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat hard disk eksternal khusus untuk kedua platform tersebut. Sistem operasi OS X dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kamu tidak dapat mengedit dan menulis di dalamnya. Maka dari itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

2. Kecepatan Rotasi
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk. Kecepatan rotasi pada hard disk sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya. Sebuah hard disk dengan kecepatan 7200 RPM memiliki performa yang lebih baik daripada hard disk dengan kecepatan 5400 RPM. Bahkan saat ini ada hard disk yang mampu berputar dengan kecepatan 10000 RPM. Biasanya, semakin cepat perputaran pada hard disk, maka akan semakin cepat panas pula hard disk tersebut.

3. Kapasitas
Hal penting yang harus diperhatikan adalah kapasitas dari hard disk eksternal tersebut. Mungkin untuk hal ini menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kamu, semakin besar kapasitas dari hard disk tersebut, maka akan semakin banyak pula file-file yang dapat disimpan dan juga akan semakin mahal harganya.

4. Pelindung Hard Disk
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pelindung (cover) dari hard disk eksternal tersebut. Jika hard disk tersebut hanya digunakan di rumah atau sekedar dibawa kesekolah, maka cukup dengan menggunakan pelindung hard disk yang biasa saja karena harganya yang lebih murah. Beda halnya jika kamu seorang petualang, sebaiknya menggunakan pelindung hard disk yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena guncangan.

5. Konektivitas
Rata-rata hard disk eksternal saat ini mungkin sudah menggunakan konektor USB 3.0. Kelebihan utama dari menggunakan USB 3.0 ini adalah proses transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0. Konektor USB 3.0 ini masih dapat digunakan pada komputer atau laptop yang hanya memiliki USB 2.0, hanya saja kecepatannya akan sama saja dengan USB 2.0.

Ada juga hard disk yang menggunakan koneksi lewat port Thunderbolt yang dapat menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0. Semua komputer dan laptop terbaru dari Apple sudah menyediakan port Thunderbolt dan ada juga beberapa laptop dari Windows yang sudah menyediakannya. Mungkin hard disk dengan koneksi thunderbolt ini masih belum banyak dikenal orang dan juga memiliki harga yang lebih mahal.
Baca juga : Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Mengenai USB 3.0

6. Garansi
Garansi menjadi hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli hard disk eksternal. Kita tidak akan pernah tau kapan hard disk eksternal itu akan rusak, setidaknya dengan adanya garansi kita masih bisa memperbaiki atau bahkan menggantinya dengan yang baru selagi masa garansinya masih ada. Semakin lama masa garansi hard disk eksternal tersebut, tentunya kamu tidak perlu takut saat mengalami kerusakan pada hard disk eksternal. Rata-rata garansi yang diberikan oleh vendor hard disk tersebut adalah 1 tahun.

7. After Sales
After sales atau yang kita kenal sebagai tempat servis juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Membeli sebuah hard disk eksternal dari produsen yang besar, tentu kamu dapat dengan mudah melakukan servis saat hard disk eksternal tersebut rusak.

8. Fitur
Fitur apa saja yang dimiliki oleh sebuah hard disk eksternal harus kamu perhatikan juga. Beberapa fitur yang harus ada pada sebuah hard disk eksternal adalah Backup dan Password Protection. Terdapat juga berbagai fitur lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

9. Ukuran Hard Disk
Hal utama yang membuat seseorang membeli hard disk eksternal adalah karena memiliki ukuran yang kecil. Jika kamu membeli hard disk eksternal dengan ukuran yang besar, tentu akan merepotkan kamu sendiri saat ingin mengaksesnya. Terlebih lagi, hard disk eksternal dengan ukuran yang besar akan membutuhkan daya listrik tersendiri saat menghidupkannya.Ukuran hard disk eksternal yang direkomendasikan untuk kamu beli adalah ukuran 2.5".

10. Harga
Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah harga. Setiap merk hard disk eksternal yang berkapasitas sama akan dijual dengan harga yang berbeda-beda. Hard disk eksternal yang berkapasitas 1TB biasanya akan dijual dengan harga berkisar 700 - 800 ribu. Sedangkan yang berukuran 2TB akan dijual dengan harga 1,4 - 1,5 juta. Semakin besar kapasitas atau ukuran dari hard disk eksternal tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya.

Apakah ada tips yang ketinggalan? Silahkan share pengalaman teman-teman dengan berkomentar di bawah ini. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon