Senin, 29 Agustus 2016

10 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Saat ini, laptop seolah-olah sudah menjadi sebuah kebutuhan. Laptop biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas karena lebih mudah dibawa kemana-mana. Laptop bisa dibawa kemana saja dan kapan saja, sehingga seseorang akan memilih menggunakan laptop daripada menggunakan PC. Nah ini ada beberapa tips agar laptop tidak cepat rusak, baca sampai akhir agar laptop kamu tidak cepat rusak hehe.

10 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Menaruh Laptop Di Tempat Yang Sempit
Tempat yang nyaman dan besar harus kamu sediakan untuk laptop agar laptop tidak cepat rusak. Tempat yang terlalu sempit dapat menimbulkan tekanan yang akan merusak laptop. Ketika hendak memasukkan laptop, sebaiknya jangan memaksakan kalau tempatnya tidak cukup alias sempit.

2. Jangan Menaruh Laptop Pada Suhu Ekstrim
Yang harus menjadi perhatikan kamu sebagai pemilik laptop adalah letak dari laptop tersebut, apakah ada di tempat panas atau dingin. Sebaiknya hindarilah tempat dengan suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin. Ada beberapa komponen laptop yang dipengaruhi oleh suhu. Laptop sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung dan juga jangan meletakkan atau menginggalkan laptop dimobil saat parkir di bawah terik matahari. Rekomendasi suhu bagi laptop adalah 5-35 derajat celcius. Kemudian ada juga rekomendasi untuk laptop dapat bekerja yaitu di bawah 2500 mdpl.
Baca juga :  Tips Memilih Cooling Pad Untuk Laptop

3. Jangan Membebani Laptop
Menaruh barang di atas laptop atau membebani laptop merupakan hal yang buruk. Terlalu banyak menumpuk atau menaruh barang di atas laptop dapat menyebabkan timbulnya goresan pada layar laptop kamu. Jika hendak menaruh barang perhatikanlah dengan benar-benar, apakah di bawahnya ada laptop atau tidak? Begitu juga ketika kamu hendak duduk disofa ataupun loncat ke atas kasur. Siapa tahu disitu ada laptop kan? Mungkin laptop tertutupi oleh selimut dan tentunya hal ini tidak akan terlihat, maka dari itu pastikan kamu menyimpan laptop di tempat yang aman dan juga jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Menggunakan Stabilizer
Stabilizer ini akan sangat bermanfaat bagi barang-barang elektronik, salah satunya adalah laptop. Ketika kamu menggunakan laptop tanpa baterai, sebaiknya gunakanlah stabilizer atau alat penyetabil tegangan listrik. Tujuannya adalah agar laptop kamu mendapatkan suplai listrik yang stabil, sehingga laptop bisa awet.
Baca juga : Bahaya Melepas Baterai Laptop Saat Digunakan

5. Mematikan Laptop Dengan Benar
Sebaiknya jangan mematikan laptop secara paksa atau secara mendadak. Misalkan laptop kamu digunakan tanpa menggunakan baterai, maka ketika akan dimatikan hendaknya mencabut kabel charger ketika semua komponen benar-benar sudah mati.
Baca juga : Cara Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Yang Baik Dan Benar

6. Hindari Medan Magnet Di Area Laptop
Barang-barang yang memiliki medan magnet sebaiknya jangan diletakkan didekat laptop. Misalkan speaker tanpa pelindung (Unshielded Speaker System) atau handphone. Jika kamu menggunakan Hotspot Portable dismartphone kamu, setidaknya jarak antara laptop dengan handphone sejauh 15cm.

7. Perhatikan Engsel Monitor
Jangan terlalu keras ketika hendak menutup layar laptop dan begitu juga ketika hendak membuka layar laptop. Membuka atau menutup laptop secara keras dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada engsel monitor. Ketika kita sedang menggunakan laptop, kemudian kita ada panggilan kerja mendadak, nah pada saat seperti inilah seseorang sering menutup laptopnya secara tergesa-gesa dan dengan keras. Seseorang yang lagi tergesa-gesa atau panik memang seperti itu, tapi hendaknya kita bisa tetap santai.

8. Jangan Membongkar Laptop Sendiri
Hal selanjutnya yang tidak dianjurkan adalah membongkar laptop sendiri apalagi jika laptop tersebut masih ada masa garansinya. Jika laptop tersebut masih ada masa garansinya sebaiknya perbaiki laptop tersebut di Service Center yang resmi atau teknisi komputer yang benar-benar ahli. Jika kamu membongkar laptop sendiri, maka hal itu akan fatal dan bisa jadi laptop kamu makin rusak. Membongkar laptop sendiri sebenarnya ada juga manfaatnya seperti kita lebih bisa mengenali dan melihat komponen laptop secara nyata. Tetapi kita harus pintar melihat situasi dan kondisi laptop tersebut. Jika kamu pengen benar-benar belajar menjadi teknisi laptop, maka salah satu keahlian yang harus kamu miliki adalah dapat membongkar dan memasang laptop beserta komponen-komponennya. Jika ingin membongkar laptop sendiri, tunggulah hingga penggunaan beberapa tahun dan pastikan garansinya juga sudah habis.

9. Hindari Permukaan Yang Empuk
Jangan menggunakan laptop dipermukaan yang terlalu empuk, misalkan dikasur, sofa, tumpukan baju dan lainnya. Menggunakan laptop di atas permukaan yang empuk dapat menghambat sirkulasi pada laptop sehingga dapat membuat laptop menjadi overheat.
Baca juga : Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat

10 Menyimpan Laptop Dengan Baik
 Jika kamu akan menyimpan dalam waktu yang lama maka sebaiknya lepaskan baterai laptop tersebut dan tempatkan baterai di tempat bersikulasi udara yang baik. Kamu juga bisa memberikan silikon gel agar tidak berjamur. saat laptop tersebut akan digunakan kembali, isilah baterai kemudian kosongkan lagi sampai 3 kali untuk mencegah laptop rusak.

Itulah 10 tips agar laptop tidak cepat rusak. Apakah ada tips yang tertinggal? Silahkan share pengalaman teman-teman mengenai artikel ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon