Kamis, 09 Juni 2016

Pengertian Dan Fungsi VGA Card

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Hallo selamat siang teman-teman semuanya, puasa kan? Semoga puasanya sampai dan mendapatkan berkah, Amin. Ohh ya kali ini kita akan membahas sedikit mengenai pengertian dan fungsi dari VGA Card. Banyak yang bertanya mengenai Kartu Grafis atau yang lebih dikenal dengan VGA Card ini. Biasanya hardware ini sangat dibutuhkan oleh seorang gamers agar komputer mereka bekerja dengan lebih maksimal. Seseorang pasti menginginkan kartu grafis yang bagus dengan kapasitas yang besar. Semakin besar kapasitas dari sebuah VGA Card, maka akan semakin bagus grafik atau tampilan dari sebuah komputer. Contohnya gini aja, misalkan teman-teman main game PES. Terkadang pada saat game PES itu dimainkan, tampilan grafis komputer tersebut menjadi patah-patah atau tersendat. Nah itu salah satu penyebabnya adalah karena masalah pada VGA Card-nya. Bisa jadi VGA card mengalami masalah, sudah lemah dan ukuran yang kecil.

Kali ini kita akan fokus dulu membahas mengenai pengertian dan fungsi dari VGA Card ya. Untuk problem yang terjadi pada Kartu Grafis ini akan dibahas pada artikel-artikel berikutnya.


Pengertian Dan Fungsi VGA Card

Pengertian VGA Card (Kartu Grafis)
Kepanjangan dari VGA adalah Video Graphics Accelerator yang memiliki fungsi untuk mengolah data grafis dan kemudian akan ditampilkan pada layar monitor. Didalam VGA juga terdapat prosessor yang disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan tentunya juga membutuhkan memory.

VGA adalah sebuah standard tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Meskipun kini standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diupgrade dengan standar yang lebih baru, tetapi tetap saja VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pebarik pembuat kartu grafis komputer. Tidak heran jika tampilan windows hingga saat ini masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen kartu grafis dan monitor.

Kartu Grafis digunakan untuk menerjemahkan output dari sebuah komputer yang kemudian akan tampil dimonitor. Jika kamu seorang yang hobby desain grafis, maka tentunya akan membutuhkan kartu grafis dengan kualitas yang baik dan kapasitas yang besar. Begitu juga bagi kamu yang hobi bermain game, khususnya game berat seperti GTA, PES dan lainnya. Tentunya juga akan membutuhkan kartu grafis yang berkualitas dan kapasitas yang besar. Untuk saat ini produsen kartu grafis yang terkenal antara lain nVidia dan ATI.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card
VGA Card (Kartu Grafis) ini sendiri memiliki fungsi sebagai penerjemah atau pengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Selain itu VGA juga berguna untuk menerjemahkan output komputer kemonitor. VGA Card akan sangat dibutuhkan untuk sebuah kegiatan seperti menggambar desain grafis ataupub untuk bermain game.

Jenis-Jenis VGA Card
  • Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O .
  • Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O .
  • Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O .
  • Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/.

Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.

Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi VGA card. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat pada para pembaca semuanya. Terimakasih telah berkunjung diblog ini dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon