Minggu, 12 Juni 2016

Pengertian Dan Fungsi Intranet

Pengertian Dan Fungsi Intranet - Intranet adalah sebuah jaringan privat (privat network) yang menggunakan protokol-protokol internet seperti TCP/IP yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dalam lingkup tertentu dalam area yang terbatas. Contohnya dalam lingkup kampus, lingkup kantor dan dalam lingkup sekolah.

Mendengar kata intranet, maka tentunya pikiran kita akan tertuju atau terhubung dengan internet. Nah, intranet dan internet ini sangat berbeda ya teman-teman. Intranet adalah bagian kecil dari internet, karena intranet hanya mencakup lingkungan yang sangat kecil dan intranet tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.


Pengertian Dan Fungsi Intranet

Fungsi Intranet
Intranet memiliki fungsi sebagai penghubung komputer satu dengan komputer yang lain juga perangkat jaringan lainnya, seperti server, switch, printer dan access point. Hanya saja untuk layanannya masih terbatas atau dalam artian masih dalam lingkup yang kecil dan tentunya hanya dalam satu lokasi saja.

Manfaat Dan Keuntungan Intranet
  • Lebih efisien dalam penggunaan biaya dan waktu.
  • Komunikasi antar user menjadi lebih mudah.
  • Penggunaan perangkat secara bersama-sama.
  • Produktifitas kerja menjadi lebih meningkat.
  • Informasi dalam lingkup tertentu menjadi mudah untuk didapatkan dan diakses.
  • Meningkatnya kerja sama karena adanya hubungan komunikasi antar perangkat.

Kekurangan Dan Kelemahan Intranet
  • Lingkup area jaringan yang masih sangat kecil dan terbatas.
  • Sering terjadinya overload karena terjadinya pengiriman data secara bersamaan.
  • Keamanan data yang kurang terjaga.

Sekian dulu artikel mengenai pengertian dan fungsi intranet. Semoga artikel yang singkat ini bisa memberikan banyak ilmu kepada kita semua para pembacanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa dishare ya agar bermanfaat juga buat orang banyak. 

3 komentar

Artikelnya bagus, thanks buat infonya.. semoga bermanfaat bagi para pembaca terutama saya

Oke sama-sama, semoga saja memberikan manfaat.

Intranet kurang dipahami oleh orang awam daripada internet. Tapi dengan penjelasan yang sudah dipaparkan ini, kita jadi lebih tahu :)

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon