Jumat, 10 Juni 2016

Macam-Macam Chipset Motherboard

Macam-Macam Chipset Motherboard - Chipset adalah salah satu komponen yang terdapat pada motherboard yang memiliki fungsi sebagai pengatur atau pembagi fungsi-fungsi dalam motherboard. Chipset yang ada pada motherboard digunakan untuk meningkatkan kerja dari motherboard itu sendiri. Pada sebuah motherboard ada 2 jenis chipset, berikut penjelasannya secara lengkap.

Macam-Macam Chipset Motherboard


1. Chipset Northbridge
Merupakan chipset utama yang berfungsi mengatur alur data kinerja prosessor yang berhubungan dengan komponen-komponen utama pada motherboard, seperti Slot AGP, Slot PCI, Slot Memory, dan lainnya. Letak chipset northbridge ini biasanya berada disebelah prosessor atau yang lebih dekat dengan prosessor.

2. Chipset Southbridge
 Adalah salah satu chipset yang berfungsi sebagai pengatur alur data kiberja dari prosessor yang berhubungan dengan komponen sekunder (bukan komponen utama) seperti, Drive, IDE Harddisk, DMA, Interrupt dan lainnya.

Chipset merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer. Karena apa? Karena chipset ini akan mempengaruhi kecepatan proses dari prosessor. Dapat diketahui bahwa setiap motherboard menggunakan chipset yang berbeda-beda. Bahkan terkadang setiap merk motherboard belum tentu sama dengan merk chipsetnya. Chipset yang digunakan pada motherboard akan mempengaruhi :
  • Kelengkapan port I/O yang digunakan.
  • Jenis memory yang mendukung motherboard.
  • Kelengkapan fitur tambahan pada motherboard.
  • Type prosessor yang akan digunakan pada motherboard.
  • Type display adaptor yang digunakan.

Jadi, ada baiknya jika teman-teman hendak membeli sebuah motherboard maka periksa terlebih dahulu chipset yang ada (merk dan kemampuan) dan tentunya perhatikan juga kelengkapan dari komponen motherboard.

Mungkin sekian artikel singkat mengenai macam-macam chipset motherboard. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk para pembaca semuanya. 

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon