Selasa, 14 Juni 2016

Cara Membatasi Kecepatan Download Di Aplikasi IDM

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Hallo selamat sore teman-teman semuanya para pembaca setia diblog keren ini hehe. Gimana kabarnya nih? semoga sehat selalu ya dan juga semoga puasanya pada lancar semua dan tidak ada bolongnya, Amin.

Oke pembahasan kita kali ini yaitu mengenai bagaimana cara membatasi kecepatan download di IDM (Internet Download Manager). IDM merupakan sebuah aplikasi untuk mendownload berkas atau data diinternet. IDM juga merupakan sebuah aplikasi penting yang harus ada dalam sistem komputer. Dengan menggunakan IDM, proses download akan terasa lebih enteng dan cepat. Kalau cepat atau tidaknya proses download sih tergantung jaringan yang digunakan.

Kenapa proses download harus dibatasi? Karena terkadang seseorang seenaknya saja mendownload. Misalkan DIA mendownload banyak sekali baik itu film atau aplikasi, sedangkan kita menggunakan jaringan yang sama dengan orang yang mendownload tadi. Dan pada saat itu ternyata kita butuh sekali dengan jaringan internet, alhasil gara-gara orang download tadi maka jaringan menjadi lemot, BETE kan pastinya? hehe.

Sebenarnya hal seperti ini bisa diatasi dengan kesadaran masing-masing kita sebagai pengguna internet. Download sih boleh-boleh saja asalkan jangan berlebihan dan juga dilihat situasi dan kondisi, apakah banyak orang yang menggunakan jaringan saat itu atau nggak. Sudah selayaknya kita sebagai pengguna jaringan bersikap lebih bijak. Gunakan jaringan dengan baik dan benar dan tentunya apabila kita memanfaatkan jaringan internet dengan baik dan benar maka akan banyak sekali terasa manfaatnya.

Cara Membatasi Kecepatan Download Di Aplikasi IDM

Nah, kali ini kami akan mencoba memberikan tutorial membatasi kecepatan download diaplikasi IDM.

1. Download terlebih dahulu sebuah file dengan menggunakan IDM. Akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara Membatasi Kecepatan Download Di Aplikasi IDM

Gambar di atas menunjukkan bahwa proses download sedang berjalan dengan kecepatan paling maksimal.

2. Selanjutnya klik pada bagian Pembatasan Kecepatan (Penunjuk 1). Tampilan layar kerja Pembatasan Kecepatan akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah :
  • Mencentang pada Gunakan Pembatasan Kecepatan (Penunjuk 2).
  • Menentukan kecepatan download maksimum. Disini kecepatan download jaringan kami maksimumnya sekitar 1,100 MB/det. Kali ini kami membetasi kecepatan maksimumnya menjadi 500 KB/det saja (Penunjuk 3).

Cara Membatasi Kecepatan Download Di Aplikasi IDM

Setelah itu lihat apa yang terjadi. Kecepatan download telah dibatasi menjadi 500 KB/det. Lebih jelasnya ada pada gambar dibawah ini.

Cara Membatasi Kecepatan Download Di Aplikasi IDM

Untuk menentukan berapa kecepatan download yang akan dibatasi itu bebas tergantung keinginan teman-teman semuanya. Perlu diingat juga itu semua tergantung kecepatan download maksimum awalnya. Biasanya kami membatasi kecepatan download ini dikurangi 50% dari kecepatan awal. Misalkan kecepatan awal (bawaan paket) 1MB, biasanya kami batasi menjadi 500 KB/det. Itu semua tergantung anda.

Pembatasan ini sebaiknya perlu untuk dilakukan demi kesejahteraan para pengguna jaringan semuanya. Dengan membatasi kecepatan download, maka pengguna lain nantinya tidak terganggu dengan masalah jaringan yang lemot. Dan tentunya file yang didownload dapat berjalan dan tentunya akan selesaim (sabar menunggu saja).

Mungkin sekian artikel singkat yang kurang penting ini hehe. Semoga artikel ini bermanfaat lah ya buat para pembaca semuanya. Mudah-mudahan dapat menambah ilmu juga.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon