Minggu, 05 Juni 2016

7 Kelebihan Windows 10 Ini Sayang Jika Dilewatkan

Kelebihan Windows 10 - Salah satu raksasa IT dunia, Microsoft mengeluarkan OS terbarunya setelah sukses dengan Windows 8. Dengan melewatkan angka 9, Microsoft langsung merilis update OS yang diberi nama Windows 10. Windows 10 ini terbilang masih baru peluncurannya yaitu pada bulan Januari tahun 2015 lalu. Microsoft mengklaim ada banyak perbaikan yang dilakukan pada update OS ini dengan interface yang sebenarnya tidak jauh beda dengan Windows 8 tapi memiliki navigasi yang lebih nyaman bagi pengguna PC dengan mouse ataupun device yang touchscreen. Banyak review yang menyatakan sistem Windows 10 ini mirip dengan era Windows 7 dulu yang nyaman untuk digunakan dan juga stabil. Kalau kamu masih ragu untuk upgrade OS menjadi versi yang terbaru ini, berikut adalah ulasan mengenai kelebihan Windows 10 untuk meyakinkan kamu.

7 Kelebihan Windows 10 Ini Sayang Jika Dilewatkan

1. Multi platforms
Kelebihan Windows 10 yang pertama adalah OS ini sudah bisa kamu gunakan di berbagai platform device. Tidak hanya digunakan untuk PC dan laptop, tapi Windows 10 sudah bisa digunakan untuk smartphone, tablet, dan juga phone tablet. Dengan interface yang semakin user friendly kamu bisa lebih memaksimalkan fungsi dari smartphone kamu terutama untuk kepentingan profesional.

2. Driver yang kompatibel
Salah satu kekhawatiran yang biasanya dipikirkan oleh orang saat ada update OS baru adalah apakah driver yang digunakan saat ini mampu untuk dipasangkan dengan sistem yang baru? Ketika kamu melakukan upgrade menjadi Windows 10, mungkin aka nada beberapa driver terutama driver gratis yang tidak kompatibel dengan OS yang baru. Tapi jangan khawatir, karena secara otomatis Windows akan melakukan update untuk driver sehingga bisa lebih kompatibel dengan Windows 10. Setelah diupgrade  pun device akan terasa lebih enteng  dan berjalan dengan lebih cepat ketimbang sebelum upgrade. Itu kelebihan Windows 10 yang kedua.

3. User interface yang mudah digunakan
Jika sebelumnya banyak yang mengeluhkan mengenai tampilan menu yang ribet dan tidak familiar pada Windows 8, kini sudah diperbaiki dengan adanya Windows 10. Pada dasarnya, kelebihan Windows 10 untuk urusan tampilan menu ini menggabungkan antara start menu tradisional yang ada pada Windows 7 dengan menu tiles yang ada pada Windows 8. Secara rinci, beberapa kelebihan sederhananya user interface pada Windows 10 ini mencakup:
  • Tampilan menua gabungan antara 7 dan 8 yang memudahkan user untuk beralih dari menggunakan mouse atau menggunakan touchscreen.
  • Icon pada Explorer yang diganti menjadi lebih modern dan penambahan menu Quick Access untuk membuka file yang sering dibuka oleh user dengan lebih cepat.
  • Tampilan store yang bisa diminimize atau dikecilkan seperti pada program biasa.
  • Adanya menu notifikasi yang memudahkan untuk mengontrol device misalnya menyalakan koneksi WiFi dan Bluetooth, serta dilengkapi dengan tablet mode.

4. Penambahan Cortana
Cortana tadinya adalah fitur yang disematkan oleh Microsoft pada Windows Phone. Nah, fitur canggih ini sudah bisa kamu gunakan di platform device apapun pada Windows 10. Kelebihan Windows 10 adalah dengan adanya Cortana di mana kamu bisa memberikan perintah suara dengan mengklik icon microphone pada menu. Fitur Cortana ini fungsinya mirip dengan fitur Siri yang dimiliki oleh Apple dan kini bisa dinikmati oleh pengguna Windows Microsoft.

Kamu bisa meminta Cortana dengan suara untuk mencarikan file tertentu, pengingat, dan fungsi-fungsi lainnya. Kamu akan seperti memiliki asisten pribadi untuk memudahkan dalam bekerja dengan komputer. Atau bisa juga menjalankan fitur Cortana dengan mengetikkan perintah pada kotak pencarian yang ada pada taskbar. Fitur lain yang menarik dari Cortana ini adalah ia bisa memberikan rekomendasi kepada kamu aplikasi yang mungkin kamu butuhkan dan juga menerjemahkan file tertulis ke dalam 25 bahasa yang berbeda.

5. Browser Microsoft Edge
Pernah bertanya-tanya mengenai nasib Internet Explorer? Browser yang mungkin jadi bagian dari masa kecil kamu ini kini sudah tidak dikembangkan lagi dan digantikan dengan browser yang baru yaitua Microsoft Egde. Browser ME yang ada pada Windows 10 ini mendapatkan review yang cukup positif dari para usernya. Microsoft Edge dianggap lebih cepat dan lebih kuat dibandingkan dengan browser yang lainnya sehingga tidak mudah crash. Kelebihan Windows 10 juga menular pada Microsoft Edge ini di mana tampilannya tampak sederhana tapi sangat user friendly. kamu juga bisa menggunakannya dalam browser note ataupun read mode.

6. Multitasking yang lebih gampang
Sama seperti Windows 8, Microsoft masih mengusung fitur multitasking yang semakin memudahkan user dalam bekerja sebagai pedomannya. Di Windows 10 ini memang tidak terlihat banyak perubahan namun yang paling menonjol adalah kamu bisa membuka window kerja yang sedang berjalan bersamaan dengan window default. Dengan fitur snap assist, windows yang terbuka secara bersamaan ini akan terlihat lebih rapi sehingga kamu bisa multitasking dengan lebih efektif dan tidak membuat sakit mata. Kelebihan Windows 10 dari segi multitasking ini adalah ketika kamu melakukan kontrol Alt + tab atau Windows + tab maka tampilan yang akan keluar lebih besar dan lebih jelas dibandingkan pada OS versi sebelumnya.

7. Game experience yang lebih mutakhir
Kamu yang pecinta game bisa bersenang hati karena kelebihan Windows 10 adalah sudah terintegrasi penuh dengan platform Xbox Live. Kamu bisa bermain online game bahkan jika tidak menggunakan Xbox One bukan PC. Wndows 10 juga dilengkapi dengan DirectX 12 yang grafisnya jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Tergoda untuk segera upgrade setelah tahu kelebihan Windows 10?

Itulah 7 kelebihan windows 10 yang harus kamu ketahui dan tentunya kamu wajib untuk mencoba windows 10 ini. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa dishare ya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon