Sabtu, 14 Mei 2016

Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya - Virus komputer tampaknya bukanlah sesuatu yang asing bagi para pengguna komputer. Adanya virus yang masuk ke dalam komputer benar-benar bisa mengganggu kinerja komputer dan juga merusak berbagai file yang ada di komputer anda. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara tepat untuk mencegah munculnya virus-virus tersebut. Berikut ini beberapa informasi untuk anda tentang jenis-jenis virus komputer dan cara tepat untuk mengatasinya.

Mengenal Jenis-jenis Virus Komputer
Virus komputer begitu banyak jenisnya dan juga mengakibatkan beberapa gangguan yang berbeda-beda. Berikut ini penggolongan virus komputer dan beberapa contohnya:

1. Memory Resident Virus
Memory resident virus merupakan jenis virus yang biasanya bersembunyi pada RAM. Pada saat OS dijalankan, virus ini aktif begitu saja dan merusak file ataupun aplikasi sehingga tidak bisa dibuka atau dijalankan. Virus ini pun bisa membuat program atau file menjadi rusak saat digandakan, dibuka ataupun ditutup. Beberapa contoh dari virus ini adalah CMJ, Meve, dan Randex. Hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi virus ini adalah dengan menginstal antivirus.

2. Overwrite Viruses
Virus jenis ini begitu merugikan dan tentunya akan membuat anda merasa kesal. Overwrite viruses akan mengubah informasi di dalam file anda menjadi informasi lain tanpa mengubah ukuran file yang anda miliki. Beberapa contoh dari virus ini adalah Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D dan sebagainya. Cara ampuh untuk mengusir virus ini adalah menghapus file yang sudah terinfeksi virus ini.

3. Multipartite Virus
Virus jenis ini biasanya bersembunyi di dalam memori penyimpanan, dan nantinya akan menginfeksi hardisk. Beberapa contoh dari virus ini adalah flip, tequila dan invader. Salah satu cara untuk membersihkan virus ini adalah dengan membersihkan sector boot dan juga disk. Setelah dirasa aman dan bersih, maka anda bisa mengembalikan data-data dalam disk tanpa takut terinfeksi virus jenis ini lagi.

4. Worms
Worms merupakan sebuah program yang sifatnya mirip dengan virus komputer. Walaupun hanya sebuah program, namun jenis program ini bisa membuat jaringan komputer menjadi runtuh. Meskipun tidak menginfeksi file, namun tentunya komputer anda akan bermasalah. Beberapa contoh dari program ini adalah Mapson, Lovgate.F dan Trile.C. Untuk mengatasinya, anda bisa memasang antivirus karena program ini bisa terdeteksi dan teratasi oleh antivirus.

5. Trojans
Trojans bukanlah virus komputer namun sangat merugikan. Trojans merupakan sebuah kode berbahaya yang bisa menyamar sebagai aplikasi berguna namun nantinya malah akan mengganggu kinerja komputer anda. Anda bisa menggunakan antivirus ampuh untuk mencegah Trojans.

Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Langkah Tepat Untuk Mengatasi Virus Komputer
Begitu banyaknya virus komputer yang bisa membuat komputer menjadi rusak ataupun memiliki kinerja lambat. Karena sifat virus komputer yang bisa hadir begitu saja tanpa kita kitahui, maka sebaiknya kita tahu langkah yang tepat untuk mencegah dan mengatasi serangan virus komputer. Berikut ini beberapa langkah yang tepat dan juga mudah dilakukan untuk mencegah dan mengusir virus komputer dari komputer anda:
  • Gunakan antivirus. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi virus komputer. Anda bisa menginstal antivirus yang bonafit dan juga kompatibel. Pastikan juga untuk meng-update antivirus tersebut agar kinerja antivirus tersebut tetap maksimal untuk mencegah dan mengatasi virus komputer pada komputer anda.
  • Khusus untuk anda yang sering menggunakan komputer untuk mengakses internet, anda harus menginstal antivirus yang memiliki fitur Internet Security. Dengan begitu, anda akan lebih aman saat mengakses internet tanpa harus khawatr akan serangan virus komputer.
  • Aktifkan Firewall. Firewall pun bisa menjadi pilihan anda untuk melindungi komputer anda dari serangan virus. Firewall bisa menjadi dinding pelindung antara komputer anda dan jaringan internet. Dengan begitu komputer anda bisa aman dari virus komputer yang berasal dari internet.
  • Kenalilah semua data yang ada pada komputer anda. Terkadang, anda mungkin tidak sadar bahwa ada beberapa data atau file asing yang tiba-tiba ada dalam komputer anda. Hapuslah file atau data asing yang masuk pada komputer anda untuk mencegah perkembangan virus komputer.
  • Hapuslah file registry yang sudah tidak anda perlukan. Ada waktu dimana komputer anda menampung terlalu banyak file registriy padahal sudah tidak anda perlukan. Daripada menimbulkan serangan virus komputer, maka sebaiknya anda menghapus file registry yang sudah tidak anda perlukan untuk membuat komputer anda lebih aman dari gangguan virus komputer.
  • Jangan asal membuka file dari flashdisk. Seperti yang kita ketahui, virus komputer pun bisa ditularkan dari file yang ada pada flashdisk. Untuk mencegahnya, anda tidak boleh membuka file langsung dari flashdisk. Usahakan untuk mengirimkannya terlebih dahulu pada komputer anda agar komputer anda tidak tertulari virus yang berasal dari flashdisk.
  • Gunakan aplikasi yang bisa membersihkan file-file sampah ataupun file-file yang tidak dikenal. Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Ccleaner, TuneUp dan Utility. Anda cukup menginstal aplikasi tersebut di komputer anda, lalu anda pun bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk membersihkan berbagai file atau aplikasi yang kemungkinan besar bisa menjadi virus di komputer anda.

Itulah beberapa informasi untuk anda mengenai beberapa jenis virus komputer dan cara mengatasinya. Tentunya kini anda sudah tahu cara-cara yang tepat untuk menghindari dan mengatasi virus komputer, bukan? Ada baiknya anda lebih berhati-hati saat menggunakan komputer dan jangan sembarangan mengakses situs tidak jelas di internet. Semoga informasi tentang jenis virus komputer dan cara mengatasinya ini bisa bermanfaat untuk anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon