Rabu, 11 Mei 2016

Cara Tepat Merawat Komputer

Cara Tepat Merawat Komputer - Jika anda salah satu dari sekian banyak orang yang menjadikan komputer sebagai barang penting untuk menunjang pekerjaan, maka sebaiknya anda tahu cara tepat untuk merawat komputer anda. Tak bisa dipungkiri bahwa komputer begitu dibutuhkan di zaman sekarang. Dimulai untuk mengerjakan tugas, mengakses internet dan berbagai hal lainnya yang membuat hidup kita lebih mudah. Namun yang perlu diperhatikan adalah, apa kita sudah mengetahui cara yang tepat untuk melindungi komputer kita dari kerusakan?

Cara Tepat Merawat Komputer

Komputer bisa sangat membantu jika kita tahu bagaimana cara mengoperasikan dan juga merawatnya. Tapi terkadang ada berbagai masalah yang bisa terjadi pada komputer, sehingga anda mungkin harus menunda untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Hal seperti itu tentunya akan sangat mengganggu. Sudah saatnya anda tahu langkah-langkah tepat untuk membuat komputer anda bertahan lama sehingga pekerjaan anda bisa selesai tepat waktu. Simak langkah-langkah di bawah ini agar komputer anda selalu dalam keadaan baik:

1. Gunakan Firewall Untuk Melindungi Komputer Anda
Jika anda menggunakan komputer untuk mengakses internet, Firewall adalah perangkat yang wajib untuk anda gunakan. Firewall bisa menjadi pelindung bagi komputer anda sehingga komputer anda tidak mudah terkena virus atau file berbahaya yang bisa datang setelah mengakses internet. Seperti yang kita tahu, virus ataupun file berbahaya bisa datang begitu saja tanpa kita ketahui, dan akhirnya menyebabkan masalah pada komputer. Dengan menggunakan Firewall, anda tidak perlu khawatr lagi saat mengakses internet. Firewall bisa menjadi dinding pelindung antara internet dan komputer anda. Anda pun bisa mendapatkan perangkat ini di toko komputer dengan mudah.

2. Jauhkan dari Benda Bersifat Cair
Komputer termasuk barang elektronik yang tentunya harus dijauhkan dari benda bersifat cair untuk menghindari kerusakan atau konsleting. Ada baiknya anda selalu berhati-hati saat menggunakan komputer anda. Jangan sampai ada air, minyak ataupun zat cair lainnya yang masuk ke dalam perangkat komputer anda. Zat cair yang masuk bisa menjadi masalah besar, oleh sebab itu anda harus menjauhkan berbagai zat cair atau menyimpannya di jarak yang tidak terlalu dekat dengan komputer anda.

3. Jauhkan dari Benda yang Berunsur Magnetik
Selain menjauhkan komputer dari zat cair, anda pun sebaiknya menjaukan komputer anda dari barang yang memiliki unsur magnetik. Barang dengan unsur magnetik biasanya bisa membuat hardisk menjadi rusak. Hardisk merupakan perangkat komputer yang harganya cukup mahal. Ada baiknya anda mencegah kerusakan pada hardisk anda dengan menjauhkan komputer anda dari barang yang bersifat magnetik.

4. Gunakan Komputer Sewajarnya
Langkah lain yang bisa anda lakukan untuk merawat komputer anda adalah dengan menggunakannya sewajar mungkin. Bila anda menggunakan komputer terlalu lama, kinerja komputer anda biasanya akan semakin melemah. Jadi jika anda tidak terlalu berkepentingan dengan komputer anda, sebaiknya jangan gunakan komputer anda agar kinerjanya tetap selalu baik. Namun jika anda perlu menggunakan komputer anda dalam waktu yang cukup lama, lakukan restart setelah 10 jam penggunaan komputer. Hal ini dilakukan untuk menormalkan kembali program-program yang ada pada komputer anda.

5. Matikan Komputer dengan Prosedur yang Benar
Hal sederhana yang seringkali dilupakan dalam merawat komputer adalah mematikan komputer dengan mengikuti prosedur yang benar. Beberapa orang bahkan sering asal memencet tombol power agar bisa langsung mematikan komputer. Hal tersebut sangat keliru dan juga sering mengakibatkan masalah atau kerusakan pada komputer. Untuk mematikan komputer dengan benar, anda harus meng-klik menu start terlebih dahulu, lalu klik shutdown. Hanya dengan langkah ini anda bisa merawat komputer anda agar tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan.

6. Gunakan Antivirus
Virus biasanya selalu menyerang komputer kita tanpa kita sadari. Virus bisa berasal dari internet ataupun file yang kita kirimkan dari flashdisk orang lain. Saat komputer kita terserang virus, tentunya ada banyak sekali gangguan yang kita dapatkan. Bahkan virus pun bisa merusak file yang kita buat dengan susah payah. Sebelum virus merusak komputer dan menghambat pekerjaan anda, ada baiknya anda memasang antivirus terlebih dahulu untuk menangkal serangan virus. Ada banyak jenis antivirus yang bisa anda instal di komputer anda. Untuk mengetahui kualitas antivirus yang akan anda pasang, sebaiknya anda mencari beberapa review tentang antivirus tersebut. Pilihlah antivirus yang benar-benar ampuh dalam menghadapi serangan virus yang tidak diinginkan.

7. Bersihkan File Sampah
Selain serangan virus pada komputer, hal lain yang harus anda waspadai adalah file sampah. Biasanya ada berbagai file yang tiba-tiba memenuhi komputer kita dan mengganggu kinerja komputer kita. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan file sampah tersebut. Cara yang pertama adalah, anda bisa klik Start menu, pilih Run, lalu ketik kata cleanmgr pada kolom pencarian. Setelah itu, klik Ok dan tekan Enter.Nanitinya anda hanya tinggal memilih dimana letak file sampah yang akan dibersihkan. Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah menggunakan aplikasi Ccleaner. Anda bisa menggunakan cara mana pun yang menurut anda lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

Itulah beberapa cara tepat merawat komputer. Langkah-langkah di atas cukup mudah untuk digunakan bukan? Anda hanya perlu mencoba langkah-langkah tersebut, lalu nantinya komputer anda akan bertahan lama dan kinerjanya selalu ada dalam keadaan baik. Selamat mencoba, semoga artikel tentang cara merawat komputer di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon