7 Mei 2016

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk - Hallo sahabat guilko semuanya, gimana kabarnya nih? sudah lama tak jumpa. Semoga teman-teman sehat selalu ya dan sukses selalu, Amin. Kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat USB bootable pada flashdisk. Lalu kegunaan membuat USB bootable itu apaan sih? Kegunaannya tentu saja untuk mendukung proses penginstalan ulang sebuah sistem operasi dengan menggunakan media USB. Tentunya ini merupakan salah satu persiapan awal dalam proses penginstalan ulang sistem operasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa seiring dengan berkembangnya zaman, maka proses instal ulang sistem operasi juga terus berkembang. Salah satunya adalah dengan melakukan instal ulang menggunakan media USB seperti flashdisk. Sebelumnya proses instal ulang ini menggunakan media CD/DVD. Salah satu kelemahan menggunakan CD/DVD ini adalah proses pada saat penginstalan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan, maka proses instal ulang sistem operasi akan lebih cepat dan tentunya lebih maksimal. Menggunakan media flashdisk juga sangat sederhana, kita bisa sewaktu-waktu untuk menghapus file sistem operasi didalam flashdisk tersebut.Lain halnya dengan menggunakan CD/DVD, apabila file sistem operasi telah kita burning kedalam CD/DVD maka tidak bisa dihapus lagi, kecuali kita menggunakan CD/DVD-RW.

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Kembali ketopik pembahasan mengenai pembuatan USB bootable flashdisk, kita akan membutuhkan sebuah software. Ada banyak sekali software pendukung yang bisa digunakan, dan biasanya kami menggunakan aplikasi Rufus. Aplikasi ini sangat ringan dan simple dalam penggunaannya, bahkan ukuran filenya saja tidak sampai 1MB. Untuk mendapatkan software Rufus ini, kamu bisa mendownloadnya atau bisa memintanya kepada teman yang punya.

Download Rufus dari situs resminya : Download

Rufus dapat digunakan pada saat:

  • Kita ingin membuat bootable USB untuk instalasi sistem operasi Windows atau Linux.
  • Bekerja pada komputer yang tidak memiliki sistem operasi.
  • Melakukan upgrade firmware atau BIOS dari DOS.
  • Menjalankan aplikasi low-level seperti proses low-level format.

Rufus bersifat portable dan dapat dijalankan langsung tanpa harus di instal pada komputer. Rufus mendukung pembuatan bootable ISO untuk beberapa sistem operasi antara lain Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Slackware, Tails, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows 7, Windows 8 Developer Preview, Windows Vista, dan sistem operasi lain.

Langkah-Langkah Membuat USB Bootable Flashdisk

1. Persiapkan sebuah flashdisk. Untuk kapasitas flashdisk menyesuaikan dengan ukuran file sistem operasi yang akan diinstal. Minimal menggunakan flashdisk ukuran 4GB.

2. Persiapkan master sistem operasi (windows 7, windows 8.1, windows 10, linux, ubuntu, dll.)

3. Buka aplikasi Rufus yang telah didownload. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Pastikan bahwa muncul teks seperti yang ditunjuk oleh icon tangan di atas. Itu menandakan bahwa flashdisk telah dicolokkan ke USB dan telah terbaca pada komputer atau laptop.

4. Selanjutnya klik icon disk atau seperti yang ditunjuk pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

5. Selanjutnya carilah file ISO sistem operasi yang akan dibuat bootablenya. Disini kami mencontohkan dengan menggunakan windows 10. Klik file ISO windows 10, selanjutnya tombol Open,

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

6. Proses copying file ISO sedang berlangsung dan biasanya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, tetapi tergantung ukuran file sistem operasinya. Tunggu proses ini hingga benar-benar selesai.

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

7. Proses pembuatan USB bootable flashdisk telah selesai. Kamu dapat mengklik tombol start untuk memulai proses penginstalan.

Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Flashdisk telah siap digunakan untuk melakukan instal ulang sistem operasi. Selanjutnya kamu tinggal merestart komputer atau laptop.

Sekian artikel mengenai cara membuat USB bootable flashdisk ini. Cukup mudah kan? Apabila masih ada langkah yang keliru atau tidak bisa, silahkan komentar di bawah ini ya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa dishare ya artikelnya. Selamat malam teman-teman semuanya dan selamat beristirahat.

Postingan ini memiliki 7 komentar

avatar
Anonim delete 18 Januari, 2017

Gan itu maksudnya Kamu dapat mengklik tombol start untuk memulai proses penginstalan. pada step ke-7, apa langsung Install os nya di laptop tersebut?

Reply
avatar
Anonim delete 18 Januari, 2017

mohon jawabannya ya.

Reply
avatar
Bimbox Fc delete 30 Januari, 2017

gan kalo kita udah instal lewat flashdisk itu sama aja kita dua boot dengan windows ya gan?? mohon dijawab gan

Reply
avatar
eka nur rahmawati delete 19 Juli, 2017

Gan setelah direstart berarti OS yang lama sudah gak terpasang ya?

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 20 Juli, 2017

Masih terpasang kok.

Reply

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post