Jumat, 27 Mei 2016

9 Tips Aman Browsing Internet

9 Tips Aman Browsing Internet - Kegiatan browsing tentunya tidak asing lagi bagi banyak orang. Di zaman yang serba canggih ini, browsing adalah kegiatan mudah yang bisa dilakukan kapan saja untuk mencari berbagai informasi. Browsing memanglah kegiatan menyenangkan. Kita bisa menjelajahi berbagai situs, mencari info dan juga mendownload berbagai file yang kita inginkan. Tetapi yang sering kita lupakan adalah tata cara browsing yang aman.

9 Tips Aman Browsing Internet

Seringkali banyak orang yang lupa dan tidak tahu cara browsing yang aman. Kegiatan browsing yang dilakukan tanpa mempertimbangkan beberapa hal biasanya akan memberikan dampak buruk pada komputer ataupun laptop yang dipakai untuk browsing. Hal yang mungkin akan terjadi jika kita browsing tanpa mempertimbangkan beberapa hal adalah kerusakan pada sistem kompuer atau laptop yang disebabkan oleh virus. Jadi, alangkah baiknya kita mengetahui berbagai tips jitu untuk bisa melakukan browsing dengan aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pakai agar bisa melakukan browsing dengan nyaman dan aman :

1. Jangan Sembarangan Menggunakan Wi-Fi Gratis
Bagi kamu yang sering menggunakan Wi-Fi gratis di berbagai tempat, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Wi-Fi gratis memang sangat menguntungkan dan juga menghemat pengeluaranmu untuk browsing, tetapi jika jaringan yang kamu gunakan adalah jaringan untuk transaksi dan memerlukan identitas kartu kredit atau akun tabungan, bisa-bisa kamu menjadi sasaran yang sangat pas bagi para penjahat cyber.

2. Jangan menggunakan Password yang Sama untuk Semua Akun
Apa kamu termasuk orang yang malas menghafal password untuk akunmu? Jika iya, tentunya kamu sering memakai password yang sama untuk berbagai akun bukan? Padahal, hal seperti itu bisa membahayakanmu. Jika suatu waktu hacker berhasil mengetahui kombinasi passwordmu, maka dia pun akan bisa membuka berbagai akunmu yang lain. Tentunya kamu tak ingin hal seperti itu terjadi, bukan? Maka ada baiknya kamu menggunakan password yang berbeda untuk berbagai akun. Jika kamu kesulitan untuk mengingat berbagai password, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Password Manager. Aplikasi ini akan membantumu untuk mengatur dan mengingat password yang kamu gunakan untuk berbagai akun.

3. Jangan Menyimpan Password di Browser atau Aplikasi
Saat kamu mengakses situs ataupun halaman sosial media, kamu seringkali ditawari untuk menyimpan password secara otomatis bukan? Hal ini memang berguna agar kamu tidak repot memasukkan password lagi saat berkunjung ke halaman yang sama. Tapi hal ini pun bisa sangat berbahaya jika kamu sering meminjamkan laptopmu ataupun mengakses situs di komputer umum seperti warnet. Orang lain bisa melihat passwordmu dari history, dan para penjahat cyber akan menyalahgunakan akunmu untuk berbuat kejatahatan. Maka, sebaiknya kamu tidak perlu menyimpan passwordmu secara otomatis agar akunmu selalu aman.

4. Atur Privasi Akun Sosial Mediamu
Seringkali banyak orang yang mengabaikan pengaturan privasi yang terdapat pada akun sosial media milik mereka. Padahal, pengaturan privasi sangat penting untuk dilakukan mengingat berbagai kejahatan lewat sosial media berkembang dengan pesatnya belakangan ini. Biasakan untuk memperhatikan pengaturan privasi yan ada di sosial media milikmu. Pastikan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat postingan kamu. Dengan begitu, kamu pun akan lebih aman dari penjahat cyber.

5. Gunakan Firewall dan Antivirus
Tips penting lainnya yang bisa kamu gunakan untuk tetap aman saat browsing adalah dengan menggunakan Firewall dan antivirus. Firewall dan antivirus bisa membuat kamu nyaman saat browsing karena nantinya berbagai virus yang bisa masuk ke laptop atau komputermu akan ditangkal oleh frirewall ataupun antivirus. Jangan lupa juga untuk melakukan update terhadap antivirus yang kamu pasang. Update antivirus akan membuat antivirus di komputermu semakin ampuh dalam menangkal berbagai macam virus yang bisa datang ketika kamu sedang browsing.

6. Jangan Lupa Log Out dari Semua Akun
Sama seperti halnya dengan poin ketiga, kamu sebaiknya melakukan log out sebelum meninggalkan komputer atau laptop yang telah kamu pakai. Jika log out tidak dilakukan, bisa-bisa ada yang menggunakan akunmu dan menyalahgunakannya untuk berbuat kejahatan.

7. Jangan menyimpan File Pribadi di Komputer Umum
Buat kamu yang sering browsing di internet dan juga menggunakan komputer umum, ada baiknya kamu tidak menyimpan file pribadi dalam komputer umum tersebut. Komputer umum tentunya bebas dipakai oleh siapa saja. Jika file pribadimu merupakan sesuatu yang penting namun kamu tak sengaja meletakkannya di komputer umum, file yang kamu miliki bisa saja dicuri dan disalahgunakan oleh orang lain yang mempunyai niat jahat.

8. Hapus History atau Riwayat Setelah Browsing
Demi keamanan privasimu, cobalah untuk menghapus riwayat atau history kamu setelah browsing. Dengan begitu orang lain tidak akan tahu situs-situs mana saja yang telah kamu kunjungi. Privasimu pun akan lebih terjaga setelah menghapus history atau riwayat setelah browsing.

9. Restart Ulang Komputer Setelah Browsing
Buat kamu yang sering browsing di warnet, ada baiknya kamu melakukan restart pada komputer yang telah kamu gunakan untuk browsing. Restart komputer bisa menghapus berbagai history dan juga kata sandi. Dengan begitu, privasi kamu akan tetap terjaga.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk browsing dengan aman dan nyaman. Browsing memang menyenangkan, tapi cobalah untuk mengikuti tips di atas agar komputermu selalu aman, dan privasimu aman juga. Dengan mengikuti tips di atas, kegiatan browsing yang kamu lakukan tentunya akan jauh lebih menyenangkan dan tidak memancing berbagai hal buruk yang bisa mengancam komputermu dan juga dirimu sendiri.

1 komentar

saya mau tanya, apakah iklan pop up itu merupakan iklan yang berbahaya ?? ada beberapa pengguna komputer dan internet menyatakan bahwa iklan yang Pop Up tersebut merupakan iklan yang disisipkan sebuah virus di dalamnya

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon