Jumat, 20 Mei 2016

5 Cara Tepat untuk Memilih dan Membeli Komputer

5 Cara Tepat untuk Memilih dan Membeli Komputer - Apa kamu termasuk orang yang saat ini ingin membeli seperangkat komputer untuk membantu pekerjaanmu? Jika iya, ada baiknya kamu tahu cara yang tepat untuk memilih dan membeli komputer. Melihat berbagai pengalaman orang lain, banyak diantara mereka yang merasa menyesal setelah membeli komputer. Mereka kadang membeli komputer tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Padahal, ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli komputer.

5 Cara Tepat untuk Memilih dan Membeli Komputer

Selain menyesal karena komputer yang dibelinya tidak memenuhi ekspektasinya, biasanya beberapa pembeli komputer pun menyesal karena fitur yang berguna sama sekali tidak bemanfaat untuk dirinya sendiri. Nah, jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, maka kamu wajib tahu beberapa tips yang jitu untuk memilih dan membeli komputer agar komputer yang kamu beli sesuai dengan ekspektasi kamu. Berikut ini tips yang bisa kamu coba saat kamu ingin membeli sebuah komputer:

1. Pertimbangkan Dana Untuk Membeli Komputer
Salah satu hal paling dasar yang harus kamu pertimbangkan adalah masalah dana. Sebaiknya, kamu merencanakan dulu berapa besar dana yang ingin kamu keluarkan untuk membeli komputer. Jika kamu sudah mempertimbangkannya dengan baik, kamu bisa langsung pergi ke toko komputer dan menyesuaikan jenis komputer yang ingin kamu beli dengan budget yang kamu miliki. Ingatlah untuk tidak tergiur komputer dengan harga mahal jika budget yang kamu miliki hanya sedikit. Kecuali jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memilih komputer yang harganya lebih mahal.

2. Pilih Spesifikasi Komputer yang Kamu Butuhkan
Saat kamu ingin membeli komputer, pilhlah komputer dengan spesifikasi yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Tentunya ini akan lebih efektif untuk mendapat komputer yang benar-benar bisa membantu kamu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih spesifikasi komputer. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi komputer yang wajib kamu perhatikan saat akan membeli komputer:

  • Prosesor
Hal yang harus diingat adalah, semakin tinggi frekuensi prosesor, maka semakin baik kualitas prosesor tersebut.

  • Core
Untuk Core, sebaiknya kamu memilih komputer dengan jumlah core yang lebih banyak. Core yang lebih banyak menandakan kemampuan komputer yang lebih baik juga. Misalnya intel Core i5 lebih baik dari intel Core i3.

  • RAM
RAM wajib untuk kamu pertimbangkan juga saat memilih komputer. RAM yang lebih besar tentunya akan berguna juga untuk kamu. Kamu pun harus pertimbangkan tingkat DDR pada komputer yang akan kamu beli. Semakin tingggi tingkat DDR, maka kemampuannya semakin baik.

  • Hard Drive
Bagi kamu yang ingin menyimpan file atau data dengan jumlah yang besar dan banyak, maka pilihlah komputer dengan kapasitas hard drive yang besar. Semakin besar kapasitas sebua hard drive, maka semakin banyak file atau data yang bisa kamu simpan dalam komputer kamu.

  • Video Card
Untuk video card, semakin tinggi memori dari video card tersebut, maka semakin baik kemampuannya. Pertimbangkan juga tingkat DDR nya. Semakin tinggi tingkatnya, maka akan semakin baik pula. Bukan hanya memori dan DDR, kamu pun sebaiknya menanyakan versi pixel dari video card tersebut. Semakin tinggi versi pixel dari video card, maka semakin baik pula kemampuannya.

3. Pertimbangkan Perangkat lainnya
Sebuah komputer akan sangat bermanfaat jika dilengkapi dengan aplikasi yang bermanfaat dan juga perangkat yang benar-benar berguna untuk kamu. Jika kamu akan memilih perangkat lain untuk komputer kamu, sebaiknya kamu memilih perangkat yang nantinya akan berguna untuk kamu agar kamu tidak memilih perangkat yang salah. Perangkat lain seperti mouse, keyboard, USB, bluetooth, VGA, LAN, memori card dan lain-lain hendaknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan harga perangkat tersebut sesuai dengan budget kamu, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu membeli perangkat yang nantinya tidak akan digunakan sama sekali.

4. Pertimbangkan Software Bawaan Komputer
Saat membeli sebuah komputer, tentunya kamu akan membeli sebuah komputer yang sudah dilengkapi dengan berbagai software bawaan. Namun sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu berbagai software bawaan yang ada pada komputer tersebut. Software komputer berkembang dengan begitu cepat, dan setiap waktunya selalu berubah ke bentuk software yang jauh lebih canggih dari sebelumnya. Jadi, ada baiknya kalau kamu mengecek terlebih dahulu software bawaan sebelum membeli komputer. Bisa jadi software yang ada pada komputer yang kamu beli sangatlah ketinggalan zaman. Bukannya membantu, nantinya software seperti itu malah akan membuat kamu kesal. Jadi, pastikan bahwa kamu membeli komputer dengan software yang sangat keren dan mampu membantu kamu untuk melakukan berbagai pekerjaan nantinya.

5. Bacalah Berbagai Review
Hal penting lainnya saat akan membeli komputer adalah review dari orang-orang yang sudah membeli komputer. Kamu mungkin sangat menginginkan komputer dengan merk tertentu, namun sebaiknya bacalah terlebih dahulu review dari orang-orang yang sudah pernah membeli komputer dengan merk tersebut. Tentunya kamu tak mau membeli komputer yang sudah dicap buruk oleh orang-orang bukan? Selain itu, garansi pun harus kamu pertimbangkan. Pastikan komputer yang kamu beli memiliki garansi agar kamu mempunyai jaminan saat komputer yang kamu beli mendapat masalah di kemudian hari.

Itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu pakai untuk memilih komputer. Setelah membaca tips di atas, tentunya kamu sudah tahu langkah-langkah yang tepat untuk membeli komputer yang tepat bukan? Jadi, selamat mencoba. Semoga dengan tips di atas kamu segera mendapat komputer terbaik yang bisa membantu kamu untuk mengerjakan berbagai hal.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon