Senin, 23 Mei 2016

10 Tips Tepat Untuk Merawat Laptop

10 Tips Tepat Untuk Merawat Laptop - Zaman sekarang, teknologi berkembang dengan begitu pesatnya. Teknologi mengubah berbagai alat elektronik menjadi semakin canggih dan tentunya praktis. Sebut saja komputer. Jika zaman dahulu benda tersebut hanya bisa digunakan di rumah, maka sekarang benda tersebut telah bisa dibawa kemana-mana karena benda tersebut bertransformasi menjadi sebuah benda bernama laptop. Laptop membuat kita bisa menggunakan software komputer secara lebih praktis dan bisa digunakan dimana saja karena benda tersebut bisa dibawa kemana-mana.

10 Tips Tepat Untuk Merawat Laptop

Laptop memang bisa membantu pekerjaan kita karena begitu praktis untuk digunakan. Namun hal itu berlaku saat sebuah laptop memiliki kemampuan yang baik atau dalam kondisi yang bagus. Jika laptop mengalami kerusakan di salah satu bagian, tentunya benda multifungsi tersebut tak akan bekerja maksimal lagi untuk membantu pekerjaan manusia. Nah, jika kamu bergantung sekali pada laptop dan ingin laptopmu selalu dalam kondisi baik, maka tak ada salahnya kamu mengetahui tips tepat untuk merawat laptopmu. Berikut ini tips yang tepat untuk merawat laptop:

1. Gunakan Stabilizer Listrik
Bagi kamu yang sering menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, ada baiknya kamu menggunakan stabilizer listrik. Dengan menggunakan stabilizer, arus listrik yang masuk ke laptopmu akan stabil dan tentunya kamu bisa menggunakan laptop dengan nyaman dan juga aman.

2. Gunakan Tas Khusus untuk Laptop
Laptop tentunya sering kamu bawa kemana-mana. Namun hal yang harus diperhatikan adalah, jangan menempatkan laptop di sembarang tas. Gunakanlah tas khusus laptop, dimana dalam tas tersebut ada bantalan khusus untuk laptop. Tas khusus untuk laptop tentunya akan melindungi laptopmu dari berbagai guncangan, juga membuat laptopmu tetap aman dan ada dalam kondisi baik.

3. Jauhkan Laptop dari Makanan dan Minuman
Jika kamu punya hobi makan dan minum di depan laptopmu, sebaiknya kamu mulai mengurangi ataupun menghilangkan kebiasaan tersebut. Jika kamu makan dan minum terlalu dekat dengan laptopmu, ada kemungkinan makanan dan minuman tersebut bisa tumpah pada laptopmu. Saat minuman dan makanan tumpah, bisa jadi cairan atau minyak masuk ke dalam keyboard dan masuk ke dalam komponen yang ada di dalamnya. Hal tersebut bisa merusak komponen di dalam laptop. Jika komponennya rusak, maka uang yang harus kamu keluarkan untuk memperbaiki komponen tersebut tidaklah sedikit.

4. Jangan Sembarangan Mendownload Software
Mempunyai banyak software menarik dalam laptop tentunya akan membuatmu lebih asyik saat memainkan laptopmu. Namun yang harus kamu perhatikan adalah cara mendownload software tersebut. Kamu sebaiknya mengoperasikan software yang sudah masuk ke dalam software bawaan ketika kamu membeli laptop tersebut. Tetapi jika kamu ingin mempunyai software lain, ada baiknya kamu menginstal terlebih dahulu antivirus yang mampu untuk menghindari berbagai virus berbahaya yang bisa masuk ke laptopmu saat kamu mendownload software.

5. Jangan Letakkan Laptop di Lantai
Debu bisa menjadi hal yang berbahaya bagi laptopmu. Debu bisa membuat komponen laptopmu menjadi rusak atau terganggu. Jadi biasakanlah untuk menempatkan laptop di tempat yang aman dan bersih. Jangan sampai ada banyak debu yang masuk ke dalam laptopmu.

6. Jangan Sembarangan Membongkar Laptop
Saat kamu menemukan masalah pada laptopmu, jangan asal membongkar laptopmu jika kamu tidak punya basic yang bagus di bidang komputer atau laptop. Sebaiknya kamu segera pergi ke service centre untuk segera mengatasi masalah pada laptopmu. Jika kamu nekat membongkar laptopmu, bisa-bisa kerusakan kecil pada laptopmu akan menjadi kerusakan besar.

7. Bersihkan Secara Rutin
Hal yang sering pengguna laptop lupakan dalam merawat laptopnya adalah menjaga kebersihan laptop tersebut. Jangan biarkan debu bersarang pada layar dan juga keyboard laptopmu. Usahakan untuk selalu membersihkan layar dan keyboard laptopmu secara rutin agar laptopmu selalu bersih dan tentunya tidak mudah rusak.

8. Bersihkan Baterai Laptopmu
Selain membersihkan layar dan keyboard, kamu pun harus membersihkan baterai laptopmu. Cobalah buka baterai laptopmu dan bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara rutin. Hal ini dilakukan agar energi yang ditransfer dari baterai laptopmu akan lebih stabil dan efisien.

9. Jaga Suhu Laptopmu
Jangan biarkan suhu laptopmu berubah menjadi sangat panas. Biasanya laptop dengan suhu dingin memiliki kemampuan yang lebih baik daripada laptop dengan suhu panas. Jadi biasakanlah untuk membersihkan ventilasi udara pada laptop agar suhu laptop tetap terjaga.

10. Jangan Gunakan Laptop di Atas Tempat Tidur
Tips penting lainnya yang bisa kamu gunakan untuk merawat laptop adalah dengan tidak menempatkan laptopmu di atas tempat tidur. Sebagian orang biasanya sangat nyaman saat mengetik di atas tempat tidur ataupun membiarkan laptopnya dialasi oleh bantal. Padahal, kebiasaan tersebut sangat membahayakan laptop. Dengan meletakkan laptop di atas bantalan yang tebal, maka ventilasi udara pada laptop akan tertutup. Hal tersebut akan membuat laptopmu menjadi sangat panas. Suhu yang panas pada laptop tentunya akan sangat berbahaya bagi laptopmu. Jika kamu memang suka mengetik di atas tempat tidur, usahakan untuk memakai meja kecil sebagai alas laptopmu. Dengan begitu laptopmu akan selalu ada dalam keadaan aman.

Nah, itulah tips tepat untuk merawat laptopmu. Jika kamu ingin selalu memiliki laptop yang bagus, maka kamu harus menggunakan tips di atas untuk merawat laptopmu. Tips di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Kamu hanya perlu membiasakannya agar laptopmu selalu ada dalam kondisi baik. Selamat mencoba, semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon