Minggu, 22 Mei 2016

10 Software Bermanfaat yang Harus Dimiliki oleh Pengguna Windows

10 Software Bermanfaat yang Harus Dimiliki oleh Pengguna Windows - Melihat perkembangan zaman yang semakin maju, tentunya kamu tak asing dengan komputer dan juga sistem operasinya. Windows adalah sistem operasi yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Untuk membuat komputer kamu lebih bermanfaat, tentunya kamu harus tahu berbagai software yang harus kamu masukkan ke dalam Windows-mu.

Berbicara tentang software, ada begitu banyak software yang bisa kamu gunakan saat kamu memiliki komputer. Namun seringkali beberapa orang merasa kebingungan untuk menginstal software yang benar-benar bermanfaat. Padahal, ada beberapa software yang tentunya akan sangat bermanfaat jika kamu instal di komputer milikmu. Jika kamu ingin tahu lebih jelasnya, baca artikel ini sampai akhir.

10 Software Bermanfaat yang Harus Dimiliki oleh Pengguna Windows

Software Bermanfaat yang harus Dimiliki oleh Pengguna Windows
Setiap orang tentunya memiliki pebedaan kebutuhan dalam menggunakan berbagai software yang ada di komputer mereka. Namun berikut ini adalah beberapa software bermanfaat yang pastinya sangat wajib untuk kamu miliki:

1. Ccleaner
Ccleaner merupakan software yang sangat ampuh dalam membersihkan berbagai file ataupun data yang tidak berguna. Seperti yang kita tahu, terkadang komputer kta dipenuhi oleh file-file tak berguna seperti temporary file, cookies, history, cache, recent document, temporary document dan berbagai hal lainnya. Untuk membersihkan hal-hal tersebut, maka software Ccleaner wajib untuk kamu instal agar komputermu tetap terjaga dan juga aman dari berbagai gangguan atau kerusakan yang diakibatkan oleh virus dan hal lainnya.

2. Speccy
Speccy adalah sebuah software yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer milikmu. Kadang-kadang, kamu pasti memerlukan berbagai informasi seputar komputermu. Misalnya kamu ingin menginstal game atau hardware, maka spesifikasi komputer harus disesuaikan dengan game atau hardware tersebut. Nah, Speecy akan membantumu untuk mengetahui berbagai informasi seputar komputermu, misalnya sistem informasi, RAM, storage, audio, CPU dan berbagai hal lainnya.

3. Recuva
Saat kamu tiba-tiba tak sengaja menghapus file penting, tentunya kamu akan sangat panik bukan? Jangan khawatir. Recuva akan mengembalikan file tersebut ke tempat yang semula. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya kamu menggunakan Recuva beberapa saat setelah kamu tak sengaja menghapus file penting.

4. SandBoxie
SandBoxie merupakan software yang sangat berguna dalam menjaga keamanan komputer kamu. Software ini akan membuatmu bisa menguji sebuah software yang akan diinstal dalam komputermu. Saat kamu ingin menginstal sebuah software namun takut software tersebut mengandung malware yang bisa membuat komputermu bermasalah, maka SandBoxie akan membantu untuk mengecek software tersebut. Software yang hendak kamu instal akan dijalankan secara terinkubasi, sehingga jika kamu menemukan malware dalam software yang kamu instal, maka malware tersebut tidak akan berpengaruh pada sistem utama komputermu.

5. AdwCleaner
Jika kamu menemukan Adware di browser atau sistem setelah menginstal suatu software, maka bersihkanlah adware tersebut dengan menggunakan AdwCleaner. Adware yng mengganggumu akan dibersihkan dengan tuntas, dan nantinya kamu tidak akan terganggu lagi dengan kehadiran-kehadiran Adware yang sering mengganggumu.

6. Magical Jelly Bean Key Finder
Saat kamu ingin menginstal kembali sebuah software namun lupa pada serial numbernya, Magical Jelly Bean Key Finder adalah solusi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui serial number dari sebuah software. Dengan software ini, kamu akan bisa menginstal kembali suatu software yang sudah kamu uninstal.

7. Process Explorer
Saat kamu ingin mengetahui berbagai proses yang sedang berjalan di komputermu, Process Explorer merupakan software yang benar-benar bisa kamu andalkan untuk mengetahui hal tersebut. Kamu memang bisa menggunakan Windaws Task Manager, namun Process Explorer bisa memberimu informasi yang lebih detail, dan tentunya lebih bermanfaat.

8. Ultimate Windows Tweaker
Saat kamu merasa bosan dengan pengaturan default window, maka Ultimate Windows Tweaker bisa kamu gunakan untuk mengubah berbagai pengaturan default windows seperti performa, tweak security, tampilan dan berbagai setting internal windows di komputermu. Dengan aplikasi ini, kamu akan lebih bebas untuk menggunakan berbagai pengaturan yang sesuai dengan keinginanmu.

9. WinDirStat
Seiring berjalannya waktu, maka hardisk dalam komputermu akan penuh dengan berbagai data. Saat hardisk  penuh, tentunya kamu ingin menghapus beberapa data yang sekiranya menghabiskan space terlalu banyak. Namun kadangkala kamu pun bingung untuk menentukan data mana yang menghabiskan terlalu banyak space di hardisk komputermu. Saat kamu mengalami hal seperti itu, kamu bisa menginstal WInDirStat. Dengan software ini, kamu nantinya akan mengetahui data-data apa saja yang menggunakan space terlalu besar. Dengan begitu kamu pun akan bisa menghapus file yang tepat untuk mengosongkan hardisk kamu.

10. BlueScreenView
Blue Screen of Death atau BSOD merupakan suatu masalah yang bisa muncul kapan saja dan membuatmu kebingungan. Banyak orang yang kebingungan karena tidak tahu penyebab pasti dari BSOD tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan BlueSCreenView untuk mengetahui penyebab dari BSOD. Setelah mengetahui penyebab dari BSOD, tentunya kamu juga akan bisa mengembalikan komputermu pada keadaan semula.

Itulah beberapa aplikasi bermanfaat yang wajib dimiliki oleh pengguna Windows. Poin yang terpenting adalah, sebaiknya isi komputermu dengan aplikasi-aplikasi bermanfaat yang bisa membantumu menyelesaikan berbagai masalah. Dengan menginstal aplikasi-aplikasi bermanfaat, tentunya kamu pun akan lebih terbantu. Jadi, tunggu apalagi? Kamu bisa menginstal software-software di atas untuk membantu pekerjaanmu dan juga mencegah berbagai masalah yang terjadi pada komputermu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon