Jumat, 11 Maret 2016

Tips Memilih Laptop Yang Harus Anda Tahu

Tips Memilih Laptop Yang Harus Anda Tahu - Memilih sebuah laptop tentunya tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, apalagi jika kamu hendak membeli sebuah laptop murah. Membeli sebuah laptop murah tentunya tidak menjadi masalah, tapi jangan pilih laptop yang murahan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan memilih laptop.

1. Persiapkan budget
Hal pertama yang harus kamu siapkan tentunya budget. Harga sebuah laptop pastinya sangat beragam, ada yang harganya murah dan ada yang harganya mahal. Dimulai dari harga 3 jutaan hingga yang harganya puluhan juta. Kamu dapat menentukan berapa budget yang dimiliki untuk membeli sebuah laptop idaman.

2. Perhatikan kebutuhan laptop kamu
Yang harus kamu perhatikan adalah siapkan budget unuk membeli laptop murah berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Setiap orang tentunya mempunyai kebutuhan laptopnyta masing-masing, ada yang hanya menggunakannya sebatas pekerjaan kantor, utnuk mengerjakan berbagai pekerjaan kuliah, untuk desain grafis, membuat animasi, dan juga untuk game. Dengan mengetahui kebutuhan dan fungsi laptop seperti ini, pastinya akan mempermudah kamu untuk mementukan hal-hal detail tentang laptop itu sendiri.

Tips Memilih Laptop Yang Harus Anda Tahu

3. Perhatikan spesifikasi laptop
Setelah kamu mengetahui kebutuhan laptop dan fungsi laptop, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan dan melihat spesifikasi dari laptop idamanmu, dan pastikan harga komputer tersebut sesuai dengan budget yang ada saat itu, sebaiknya hindari harga yang sedikit mahal, karena itu artinya, kamu membeli laptop yang over budget.
  • Merk laptop
Biasanya orang menilai sebuah laptop dari merk dagang atau brand dari laptop tersebut, hal ini memang tidak salah, akan tetapi untuks aat ini sebaiknya kamu tidak hanya terpaku pada 1 brand saja, tetapi perhatikan juga brand lainnya. Karena ada kalanya laptop yang kamu inginkan ada akan tetapi harganya tidak. Tapi dengan memperhatikan brand-brand lainnya pastinya  akan menjadi beberapa perbandingan sendiri. Kamu dapat memilih salah satu brand dengan spesifikasi yang diinginkan dengan harga yang sesuai, dengan budget yang telah dipersiapkan.
  • Layar
Berikutnya adalah layar. Berapa besar ukuran layar yang kamu butuhkan, apakah 14” hingga 17”. Besar kecilnya layar ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhanmu.

a. 11”- 13”, Jika mau termasuk orang yang sering berpindah-pindah tempat ketika menggunaka laptop, sebaiknya menggunakan layar yang berukuran kecil, dengan demikian bobotnya tidak terlalu besar. Layar kecil pastinya bobotnya tidak terlalu berat, sehingga mudah untuk dijinjing.
b. 14”, ukuran ini juga tidak terlalu besar, bahkan dapat dikatakan sedang, kamu yang sering beraktifitas dan sering menjinjing laptop juga tidak masalah menggunakan laptop dengan ukuran layar ini.
c. 15”, apabila kamu termasuk orang yang sudak mengedit film atau foto, atau mempunyai pekerjaan di bidang itu, sebaiknya menggunakan laptop dengan ukuran layar yang agak besar. Dengan demikian kamu dapat mengedit film atau gambar tersebut dengan leluasa.
d. 17”, untuk kamu yang gemar game, editing film, membuat film animasi, dll. Dengan ukuran layar yang cukup besar, pastinya membuat kamu nyaman dalam melakukan pekerjaan tersebut. Akan tetapi laptop dengan ukuran layar seperti ini agak sulit untuk dibawa beraktifitas.
  • Prosesor
Prosesor, adalah dapur pacu untuk laptop itu sendiri, saat ini ada banyak sekali prosesor yang disematkan ke dalam sebuah laptop, seperti AMD atau Intel. Type kedua prosesor ini juga cukup beragam, seperti Core2Duo, Core 7i, dll. Semakin canggih sebuah aplikasi yang disematkan pastinya akan berpengaruh pada harganya.
  • Ram
Ukuran RAM untuk laptop berbeda-beda, ada yang berukuran 225 MB, 512 MB, 1GB, dll. Semakin besar ukuran RAM akan mempermudah Anda untuk menjalankan laptop tersebut.
  • VGA
UKuran VGA yang digunakan juga cukup beragam, ada yang menggunakan ATI radeon, NVidia, dll. Aplikasi ini digunakan untuk desain grafis. Yang akan membuat tampilan laptop menjadi jernih dan nyaman untuk digunakan.
  • Baterai
Daya tahan baterai juga perlu Anda perhatikan,biasanya daya tahan sebuah baterai laptop adalah 2 hingga 3 jam. Semakin lama daya tahan sebuah baterai pastinya akan memudahkan Anda untuk menggunakan laptop tanpa menggunakan stop kontak. Karena ada kalanya laptop ini kamu gunakan ketika sedang di luar rumah atau ketika listrik mati, jika usia baterai lama, tentunya berbagai pekerjaan masih dapat terselesaikan dengan baik.

4. Desain
Perhatikan juga desain kompoter yang hendak dipilih, pastikan desain tersebut sesuai dengan selera Anda atau setidaknya pastikan desain tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Desain ini tentunya ada hubungannya dengan berat dari laptop itu sendiri, laptop yang terlalu besar pastinya akan berat, dan sulit utnuk dijinjing, laptop yang kecil pastinya ringan untuk dijinjing, namun biasanya ada beberapa perangkat atau aplikasi yang tidak ada dari laptop tersebut.
  • Desain keypad
Kamu juga dapat memeperhatikan desain keypad, terutama untuk kamu yang mempunyai jari agak besar. Pastikan kenyamanan ketika menekan tombol yang ada di keyboard laptop.  Perhatikan juga apakah ukuran keyboard dan layar ideal, agar Anda nyaman ketika menggunakan komputer tersebut.
  • Desain hybrid atau traditional laptop
Kamu juga dapat memilih desain laptop yang dapat dibuka hingga hingga 1800 atau hingga 3600. Hal ini sedikit banyak akan memenuhi kebutuhan anda akan beberapa hal tertentu. Desain seperti ini juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kebutuhanmu hanya untuk mengetik, tentunya tidak perlu laptop yang bisa terbuka hingga 3600.

5. Test drive
Setelah menemukan laptop terbaik berdasarkan keinginanmu, maka lakukan test drive, pastikan semua peralatan dapat digunakan dengan baik. Kamu juga dapat mengetes apakah komputer yang hendak dibeli tersebut benar-benar nyaman dan sesuai dengan apa yang diinginkan atau tidak.

Agar laptop awet sebaiknya kamu juga membeli beberapa peralatan tambahan seperti tas untuk menyimpan laptop, cooler, dll. Dengan menggunakan peralatan seperti ini tentunya laptopmu akan awet, dan berbagai pekerjaan atau seluruh kegiatanmu dengan komputer akan dapat dilakukan dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai cara membeli sebuah laptop idaman dengan harga yang pastinya sesuai dengan budget. Semoga ulasan ini berguna untuk kamu semua.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon