Senin, 07 Maret 2016

Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer

Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer - Virtual Private Network (VPN) adalah hubungan antara jaringan komputer yang satu dengan jaringan komputer yang lain secara privat melalui jaringan internet. VPN dapat juga diartikan sebagai virtual network atau private network yang berarti jaringan yang menggunakan internet sebagai perantara antar jaringan yang bersifat private, karena hanya orang tertentu yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Pengertian Dan Fungsi VPN Pada Jaringan Komputer

Apabila menggunakan VPN, maka orang tersebut akan merasa lebih aman dengan jalur lalu lintas data yang dilaluinya, karena dengan menggunakan VPN otomatis hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. VPN biasanya digunakan dalam hal-hal yang bersifat rahasia, misalkan tentang data sebuah perusahaan, data-data user dan lainnya.

Fungsi VPN pada jaringan komputer
1. Kerahasiaan (Confidentially)
VPN adalah sebuah jaringan  dengan media perantaranya menggunakan koneksi internet. Seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berhubungan dengan koneksi internet akan sangat rawan diketahui atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab (hacker). Nah, VPN ini hadir dengan menerapkan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enkripsi ini, keamanan sebuah data akan lebih terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data integrity)
Kelebihan VPN ini adalah mampu menjaga keutuhan dari data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat yang dituju.

3. Autentikasi sumber (Origin authentication)
VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima. Sehingga VPN dapat memeriksa data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya. Nah, alamat dari sumber data tersebut akan disetujui jika proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN pada jaringan komputer
  • Biaya setup atau pemasangan yang lebih murah.
  • Remote access, VPN akan berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak jauh dengan syarat bisa terhubung dengan jaringan internet.
  • Keamanan, data dan informasi yang dikirim akan lebih aman karena adanya autentikasi sumber.
Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi VPN pada jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon