Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Memilih Laptop Terbaik Untuk Kuliah

Cara Memilih Laptop Terbaik Untuk Kuliah - Mencari laptop murah berkualitas tentu bukan hal yang mudah, terlebih lagi bagi kamu yang memasuki jenjang perguruan tinggi. Laptop bagi mahasiswa merupakan kebutuhan yang teramat penting dan wajib dimiliki setiap mahasiswa. Ada banyak sekali fungsi laptop untuk mahasiswa, di antaranya membuat persentasi, mengerjakan makalah, browsing tugas, hingga menjalankan berbagai aplikasi atau software untuk menunjang aktivitas kuliah.

Kiat Memilih Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa
Nah, bagi kamu yang baru lulus SMA atau hendak memasuki jenjang perguruan tinggi sebaiknya mulai memburu kebutuhan yang paling penting saat kuliah ini. Ada beberapa tips memilih laptop terbaik untuk menemani aktivitasmu di tempat perkuliahan, seperti berikut ini :

Cara Memilih Laptop Terbaik Untuk Kuliah

1. Persiapkan Budget
Hal terpenting yang perlu kamu persiapkan pertama kali saat hendak membeli sebuah laptop adalah dana atau anggaran. Budget perlu dipersiapkan agar kamu bisa memilih mana jenis laptop yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Seperti kita ketahui, kini harga laptop di pasaran begitu bervariasi, alasannya adalah bergantung pada spesifikasi laptop dan juga kurs dari mata uang dollar itu sendiri. Umumnya bila kamu ingin sekali menikmati fasilitas dan spesifikasi yang menarik dan bagus, paling tidak kamu harus mempersiapkan anggaran berkisar antara 4 sampai 5 jutaan. Akan tetapi, kini ada pula jenis laptop yang harganya 5 juta ke atas dengan spesifikasi lebih baik. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan dana atau budget terlebih dulu agar bisa membeli laptop sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

2. Spesifikasi Berdasarkan Kebutuhan
Membeli sebuah laptop bukan sekedar memilih dari harga laptop murah saja, tetapi kamu juga harus bisa melihat spesifikasi laptop itu sendiri. Spesifikasi laptop untuk mahasiswa pastinya berbeda dengan spesifikasi laptop yang diperlukan para pengusaha. Biasanya mahasiswa memerlukan laptop untuk bisa mengerjakan berbagai macam tugas perkuliahannya, untuk itu tak diperlukan laptop dengan spek yang begitu tinggi. Namun tentunya berbeda dengan mahasiswa jurusan desainer atau komputer, karena beberapa dari mereka memerlukan laptop dengan spek tinggi. Bagi kamu yang hanya memerlukan lapptop dengan keperluan untuk menyimpan berbagai macam fitur multimedia maupun data yang lainnya, atau hanya untuk sekedar melakukan browsing, menonton film dan mendengarkan musik tentunya tidak memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi. Adapun spek yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop yaitu mulai dari kapasitas RAM-nya, sektor dapur pacunya, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan supaya kamu tidak mubazir saat membeli laptop.

3. Pertimbangkan Merk Ternama
Ketika kamu hendak membeli laptop yang berkualitas dan bagus, opsi ketiga adalah perlu mempertimbangkan merek laptop itu sendiri. Pastikan kamu memilih laptop dengan merek yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Kini ada banyak sekali merek laptop yang beredar di pasaran, namun untuk memastikan apakah laptop tersebut berkualitas dan terjamin, faktor merek juga mempengaruhi. Semakin banyak orang menggunakan merek laptop tertentu, pastinya kualitas laptop merek tersebut semakin bagus dan terpercaya. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tak ingin repot-repot jika laptop yang baru dibeli mengalami kerusakan. Pastikan memilih laptop bermerek dan laris di pasaran. Di samping itu, pilih merek laptop yang juga mudah ditemukan service center-nya. Hal ini bertujuan, jika kamu mengalami kesulitan atau saat terdapat masalah pada laptop yang kamu beli cukup dengan membawa laptop tersebut ke pusat layanan terdekat.

4. Perhatikan Ukuran Layar
Selain spesifikasi, dapur pacu maupun merek laptop, hal yang juga berperan penting dalam pemilihan laptop adalah ukuran layar. Pastikan kamu memilih laptop dengan ukuran yang sedang dan ringan, sehingga bisa dibawa kemana saja. Seperti kita ketahui, yang namanya mahasiswa pastinya akan selalu disibukkan dengan tugas-tugas. Otomatis, laptop tak pernah ketinggalan untuk di bawa kemana pun. Maka dari itu, kamu harus memilih ukuran laptop minimalis dengan kapasitas baterai yang awet dan lebih ringan serta fleksibel di bawa kemana saja.

5. Pertimbangkan Desain Laptop
Meskipun spesifikasi paling utama yang perlu dipertimbangkan, tak ada salahnya kamu melihat segi desain laptop itu sendiri sebelum membeli. Siapa sangka, desain laptop yang menarik tentunya lebih membuatmu merasa tertantang dan termotivasi dalam melakukan berbagai aktivitas seperti mengerjakan tugas-tugas kuliah.

6. Mulai Survei Harga Laptop Dengan Jelas
Jika kamu sudah mempertimbangkan berbagai hal ketika hendak membeli laptop, termasuk dalam urusan spesifikasi. Kini saatnya kamu mulai survei atau mencari informasi mengenai harga laptop dan spesifikasinya dengan jelas. Pastikan kamu mendapatkan referensi harga laptop dari sumber yang terpercaya. Adapun hal ini bertujuan agar kamu tidak dibohongi oleh si penjual ketika hendak membeli laptop tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai harga laptop lewat internet di situs-situs terpercaya maupun lewat brosur atau pameran.

7. Pilih Toko Terpercaya
Jika sudah melakukan survei harga laptop, kini saatnya untuk memilih toko terpercaya untuk dijadikan tempat pembelian laptop. Kamu bisa mendapatkan informasi lewat sahabat, teman ataupun saudara yang telah berpengalaman membeli barang yang satu ini. Kemudian minta rekomendasi mana toko yang dapat dipercaya untuk membeli laptop. Ingat, untuk tidak langsung mempercayai janji-janji manis atau bujukan sales yang masih belum dapat kamu ketahui bagaimana asal-usul laptop yang dijualnya.

8. Beli Laptop Ketika Pameran
Tak ada salahnya, kamu mengunjungi pameran-pameran perangkat komputer maupun laptop yang diselenggarakan di daerahmu. Kamu bisa membeli laptop tersebut secara langsung ketika pameran berlangsung, terlebih lagi umumnya para penjual memberikan diskon untuk para pelanggan ketika diadakannya pameran ini. Sehingga kamu bisa mendapatkan laptop terbaru berkualitas dengan harga yang tentunya lebih miring.

9. Pertimbangkan Garansi
Umumnya merek laptop berkualitas dan ternama tentunya mempunyai garansi resmi. Pastikan untuk tidak membeli laptop tanpa adanya garansi secara resmi. Sebab hal ini bisa membuat kamu kesulitan. Kamu juga harus memastikan bahwa garansi yang diberikan telah dikirim ke produk atau vendor yang sudah teregistrasi.

Itulah beberapa ulasan mengenai tips-tips atau kiat memilih laptop yang berkualitas dan terbaik untuk keperluan kuliahmu. Pastikan kamu juga mempertimbangkan spesifikasi dan harga laptop tersebut, agar terkesan tidak memaksakan diri. Untuk mendapatkan laptop yang berkualitas dan mumpuni tentu tidak harus selalu merogoh kocek dalam-dalam ketika membelinya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon