Rabu, 17 Februari 2016

Hal Yang Dapat Merusak Komputer

Hal Yang Dapat Merusak Komputer - Setiap orang pasti menginginkan komputer dengan spesifikasi yang mempuni dan juga yang awet dan tidak cepat rusak. Karena rata-rata kegiatan sekarang membutuhkan komputer atau laptop untuk dapat menyelesaikannya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan komputer, misalkan editing, desain, streaming, browsing, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan dengan komputer ini. Komputer memiliki beberapa keunggulan dari laptop, salah satunya adalah daya tahan pada saat digunakan. Komputer bisa digunakan dalam waktu 24 jam nonstop, tetapi hal ini tidak bisa dilakukan pada laptop. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah selama ini kamu telah memperlakukan komputer kamu dengan sebaik mungkin dan selayaknya? jangan-jangan kamu tidak sadar bahwa selama ini melakukan hal-hal yang dapat membuat komputer cepat rusak?

Hal Yang Dapat Merusak Komputer

Berikut akan kami tampilkan beberapa hal yang dapat membuat komputer menjadi cepat rusak. Jika hal ini sebelumnya sering kamu lakukan dan diabaikan begitu saja, maka mulai dari sekarang setelah membaca artikel ini sebaiknya kamu bisa lebih memperhatikan dengan teliti agar komputer bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

1. Debu Yang Menumpuk
Dalam setiap penggunaannya, komputer selalu dilengkapi oleh kipas pendingin yang terdapat didalam casing komputer. Dengan berjalannya waktu, kipas yang berada didalam casing komputer ini pasti akan dipenuhi oleh debu atau kotoran lainnya yang tentunya akan mengganggu kinerja dari hardware komputer. Debu-debu itu berasal dari kotoran-kotoran yang diluar kemudian akan masuk kedalam komponen-komponen komputer. Debu yang menumpuk pada komponen komputer tentunya akan mengganggu kinerja dari komponen komputer tersebut dan juga dapat menurunkan performa komputer karena suhu dari hardware akan menjadi tidak stabil atau tidak terkendali.

2. Kabel Yang Rusak Atau Longgar
Hal ini juga menjadi salah satu penyebab rusaknya komputer. Kabel yang longgar atau bahkan rusak akan dapat mengancam keselamatan dari seluruh komponen-komponen komputer. Kok bisa gitu? karena hal seperti ini dapat membuka celah yang besar terhadap masuknya air, sehingga akan menyebabkan terjadinya konsleting pada komponen komputer.

3. Gangguan Karena Software
Software yang mengalami masalah juga akan dapat menyebabkan komputer rusak. Misalkan terdapat virus pada software tersebut atau serangan virus yang akan memakan resource yang besar serta akan mengaktifkan prosessor secara keras. Hal ini tentunya akan menyebabkan hardware menjadi cepat panas dan daya tahannya menjadi turun.

4. Listrik Yang Mati
maksud listrik mati disini adalah listik yang mati secara mendadak. Listrik yang mati mendadak akan dapat merusak perangkat keras (hardware) secara perlahan-lahan. Salah satu hardware yang akan rusak jika sering mengalami listik yang mati mendadak adalah harddisk. Harddisk sangat rentan terhadap listrik yang mati mendadak. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan UPS yang dapat menyimpan daya listik sementara. Sehingga jika listrik mati secara mendadak, komputer masih bisa dimatikan sebagaimana mestinya. Jangan sampai hal ini terjadi, karena apabila harddisk rusak, maka data-data yang ada didalamnya juga akan hilang.

5. Komponen Hardware Yang Rusak
Komponen penyusun hardware sangat banyak, misalkan Hard Disk, DVD Rom, Motherboard, RAM, VGA Card, Sound Card dan lainnya. Taruhlah atau letakkan komputer kamu ditempat yang datar dan tentunya jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan menaruh komputer ditempat yang sangat tinggi, karena apabila terjatuh akan dapat menyebabkan beberapa komponen mengalami benturan. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata komponen komputer sangat sensitif terhadap benturan, misalkan harddisk dan DVD Rom.

6. Listrik Yang Tidak Stabil
Listrik yang tidak stabil juga akan menyebabkan beberapa komponen komputer menjadi cepat rusak, misalkan power supply dan motherboard. Jadi, untuk menghindari hal ini kamu bisa menggunakan stavol agar listrik yang mengalir kedalam komponen komputer menjadi lebih stabil.

Itulah 6 hal yang dapat merusak komputer. Mungkin masih ada beberapa hal yang dapat merusak komputer, tetapi 6 hal di atas merupakan hal yang paling sering menyebabkan komputer menjadi cepat rusak. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar di bawah ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon