Minggu, 14 Februari 2016

Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak - Cara merawat sebuah perangkat komputer agar tetap awet dan tahan lama ini sebenarnya ada banya sekali. Yang jelas kamu harus melakukan perawatan perangkat keras (hardware) dengan rutin, agar kondisi dari hardware komputer ini tetap terjaga. Setiap orang tentunya sangat menginginkan jika komputernya  tahan lama dalam hal penggunaannya dan maksimal bisa digunakan dalam waktu 24 jam-an lah. Ada beberapa faktor penyebab kerusakan dari komponen-komponen komputer ini, misalkan karena kelalaian user, kualitas hardware komputer dan karena komputer yang tidak terawat.

Faktor kelalaian user merupakan hal yang paling sering menyebabkan kerusakan pada komputer. Contoh kelalaian user adalah mulai dari cara menghidupkan komputer yang tidak sesuai aturan, pengoperasian komputer yang sembarangan, hingga proses mematikan komputer yang tidak sesuai aturan. Hendaknya kamu membaca terlebih dahulu panduan bagaimana cara menghidupkan, mengoperasikan, hingga mematikan komputer yang baik dan benar itu. Mulailah dari hal yang kecil seperti ini agar komputer yang kamu miliki bisa awet penggunaannya.
Baca juga : Cara menghidupkan dan mematikan komputer yang baik dan benar.

Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Kualitas hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer juga akan sangat mempengaruhi kinerja dari komputer. Pastikan komputer kamu memiliki hardware yang kualitasnya sudah terbukti. Harga tidak menjadi masalah, karena harga yang mahal biasanya kualiatas dari barang tersebut akan lebih baik. Semakin tinggi harga dari hardware tersebut, maka akan semakin bagus kualitas dari hardware tersebut. Tetapi hal ini tidak usah dijadikan patokan, karena menurut kami banyak hardware komputer yang kualitasnya bagus dijual dengan harga yang rendah. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menanyakan kepada orang yang lebih ahli dibidang hardware komputer ini atau kamu juga bisa konsultasi dengan kami, kami akan mencoba membantu teman-teman semuanya.

Selanjutnya faktor perawatan dari komponen komputer juga akan sangat mempengaruhi keawetan dari sebuah komputer. Kali ini akan kami berikan beberapa tips bagaimana cara merawat komputer yang baik dan benar agar tahan lama. Berikut ini adalah cara merawat komputer agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Rutin membersihkan hardware komputer.
Apabila kamu menginginkan agar komputer kamu terus awet penggunaanya, maka bersihkanlah komponen-komponen komputer tersebut secara teratur. Kalau bisa kamu buat periode untuk membersihkan komponen komputer ini, misalkan 1 bulan sekali atau bisa juga 6 bulan sekali biasanya kalau masalah ginian tergantung mood. Apabila komputer tidak dibersihkan dalah waktu yang lama, maka akan banyak kotoran atau debu yang menumpuk pada perangkat hardware komputer. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja dari komputer yang kamu miliki. Resiko yang akan ditimbulkan jika terdapat banyak kotoran pada komputer adalah terhambatnya ruang sirkulasi udara pada komputer sehingga akan menyebabkan temperatur atau suhu komputer menjadi cepat panas.

Langkah untuk membersihkan komponen komputer ini cukup dengan menyiapkan alat-alat pembersihnya terlebih dahulu, misalkan kuas cat dan kain yang halus. Perlu kamu ingat, jika membongkar sebuah komputer, maka kamu harus mengingat posisi dari komponen-komponen komputer tersebut berada, hal ini sangat penting sekali.  Buka terlebih dahulu casing komputer dengan menggunakan obeng plus yang besar. Setelah casing terbuka, maka selanjutnya lepaskan semua kabel yang terhubung dengan motherboard, seperti kabel dari power supply dan kabel-kabel yang lainnya. Setelah itu lepaskan power supply dari kedudukannya dan letakkan ditempat yang aman terlebih dahulu. Selanjutnya lepaskan motherboard dengan cara membuka baut yang mengunci motherboard tersebut. Letakkan motherboard di tempat yang lebih aman. Ada baiknya jika melepaskan RAM terlebih dahulu yang menancap di motherboard.

Selanjutnya masuk ketahap pembersihan. Bersihkan hardware tersebut dengan menggunakan kuas hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi debu yang menempel. Untuk membersihkan perangkat komputer ini sebenarnya ada alatnya, tetapi kami lupa namanya. Bentuknya itu agak besar dan panjang, alat ini bisa mengeluarkan angin yang sangat kencang. Nantinya kita tinggal mengarahkan alat tersebut ke arah hardware komputer yang akan dibersihkan dan setelah kita menekan tombol pada alat tersebut, maka alat tersebut akan mengeluarkan angin yang sangat kencang. Oke setelah semua perangkat dibersihkan, jangan lupa untuk dipasang kembali ya.

2. Jangan menggunakan internet pada saat lagi hujan lebat
Faktor cuaca mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap sebuah jaringan internet. Seperti yang kita ketahui, sudah banyak orang yang meninggal dunia karena menggunakan hp atau smarphone pada saat hujan lebat yang banyak petir-nya. Mungkin hal ini terjadi karena korbannya ini lagi mengakses jaringan internet, ini hanya asumsi kami saja. Agar lebih jelasnya mengenai hal ini kamu bisa menanyakan kepada orang yang ahli IT.

Pada saat cuaca hujan, sebaiknya kamu tidak mengakses internet dengan menggunakan komputer. Karena apa? Karena bisa menyebabkan jaringan internet yang diakses tersambar petir dan apabila hal ini terjadi maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen komputer, misalnya hardware LAN Card.
Baca Juga : Bahaya petir saat lagi menggunakan jaringan internet.

3. Matikan komputer sesuai prosedur dan ketentuan
Jangan pernah mematikan komputer dengan cara yang tidak wajar, misalkan langsung menekan tombol power dan bahkan langsung mencabut kabel power yang terhubung ke listrik. Hal seperti ini sangat tidak dianjurkan, karena apabila sering dilakukan maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen komputer yang lain. Apabila komputer dimatikan dengan cara tersebut, maka akan menyebabkan hard disk menjadi cepat rusak.

Teraturlah saat hendak memaikan komputer, ikuti prosedurnya dengan mengklik tombol Start kemudian pilih Shutdown. Gunakan UPS untuk menghindari listrik yang mati mendadak. UPS dapat menyimpan energi listrik, sehingga apabila listrik mati kamu masih sempat untuk mematikan komputer.
Baca Juga : Cara menghidupkan dan mematikan komputer yang baik dan benar.

4. Uninstal program yang jarang digunakan atau program yang tak bermanfaat
Apabila ruang penyimpanan hard disk sudah hampir penuh, maka hal ini akan memperlambat kinerja sistem. Hard disk dengan ruang penyimpanan yang hampir penuh akan memperlambat performa komputer kamu. Bahkan apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut, kemungkinan hard disk mengalami kerusakan sangat besar. Kami sarankan agar kamu meng-uninstal beberapa program yang jarang digunakan kalau bisa uninstal beberapa program dengan ukuran yang besar agar performa komputer kembali menjadi stabil.

5. Pastikan listrik dalam keadaan stabil
Pastikanlah listik dirumah atau yang akan digunakan untuk sumber energi komputer ini dalam keadaan yang stabil. Kamu juga bisa menggunakan stavol agar listrik yang mengalir ke komputer menjadi lebih stabil. Apabila listrik yang mengalir kedalam komputer tidak stabil, maka lama kelamaan akan menyebabkan motherboard dan power supply menjadi rusak. Jangan sampai hal ini terjadi, karena untuk memperbaiki kedua komponen ini akan menghabiskan biaya yang sangat mahal.

Awet atau tidaknya sebuah komputer tergantung dari cara penggunaan atau pengoperasiannya juga. Apabila kamu baru menggunakan komputer, maka sebaiknya belajar banyak terlebih dahulu mengenai komputer, bagaimana cara menghidupkan, mengoperasikan, hingga mematikan komputer yang baik dan benar. Kamu bisa belajar kepada teman kamu yang sudah mengerti mengenai komputer atau kamu juga bisa membaca tips-tips menggunakan komputer yang baik dan benar yang banyak tersedia diinternet.

Mungkin itulah beberapa cara merawat komputer agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Apabila ada tambahan dari teman-teman bisa dengan berkomentar pada kotak komentar yang telah kami sediakan di bawah artikel ini. Terimakasih telah berkunjung diblog ini, sering-sering mampir ya teman-teman.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon