Minggu, 10 Januari 2016

Tips Menggunakan Laptop Yang Baik Dan Benar

Tips Menggunakan Laptop Yang Baik Dan Benar -  Terkadang seseorang terpaksa harus berada di depan laptop dalam waktu yang lama karena harus menyelesaikan aktivitas yang sangat penting, misalkan tugas kuliah atau pekerjaan kantor. Hal tersebut sering memunculkan rasa sakit pada bagian tertentu tubuh kita, seperti tangan, punggung, mata dan leher. Maka dari itu, kamu sebaiknya harus menggunakan laptop dengan cara yang benar agar dapat meminimalisir datangnya masalah pada kesehatan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara menggunakan laptop yang baik dan benar itu, monggo disimak penjelasannya.

Tips Menggunakan Laptop Yang Baik Dan Benar

1. Pastikan posisi duduk kamu nyaman
Pada saat lagi menggunakan laptop, maka carilah posisi duduk yang paling nyaman untuk tubuh kamu. Gunakanlah kursi yang memiliki sandaran untuk punggung yang ketinggiannya dapat diatur. Aturlah ketinggian meja laptop dan kursi yang kamu gunakan hingga posisi tangan membentuk sudut 90 derajat dengan meja dan posisi lutut sejajar dengan pinggul. Kami sangat menyarankan kepada teman-teman semuanya agar tidak mengabaikan hal yang satu ini, intinya adalah buatlah tubuh anda merasa nyaman saat lagi memainkan atau menggunakan laptop.

2. Jangan meletakkan laptop di atas pangkuan
Hingga saat ini mungkin masih banyak diantara teman-teman semuanya yang lebih suka menggunakan laptop dengan meletakkannya dipangkuan. Ternyata, apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kamu dan terutama kesehatan kulit. Kenapa? karena kulit paha kamu akan terkena paparan panas dan radiasi yang dihasilkan oleh laptop.

Oleh karena itu, apabila kamu menggunakan laptop, maka sebaiknya letakkan laptop tersebut di atas meja atau di atas cooling pad. Apabila kamu terpaksa harus meletakkan laptop tersebut di atas pangkuan, maka gunakanlah laptop cooling mat yang dapat menyerap panas yang dihasilkan oleh laptop hingga akhirnya panas tidak akan menyerap kelapisan kulit kamu.

3. Gunakanlah mouse
Dengan menggunakan touchpad pada laptop, maka hal ini akan membatasi pergerakan pergelangan tangan kamu. Dan apabila digunakan dalam jangka yang panjang maka kemungkinan akan menyebabkan terjadinya cedera pada bagian tersebut. Karena itulah kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan mouse jika ada sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan daam waktu yang lama. Dengan menggunakan mouse, maka pergelangan tangan kamu akan lebih mudah dan bebas untuk bergerak, sehingga resiko cedera pada pergelangan tangan kamu dapat terminimalisir. Dengan menggunakan mouse, maka aktivitas kita dengan menggunakan laptop akan terasa lebih mudah.

4. Hindari menggunakan laptop sambil tiduran
Mungkin banyak sekali orang yang berpendapat bahwa menggunakan laptop dalam posisi berbaring akan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Namun ternyata hal ini tidaklah benar, hal ini justru akan membuat organ-organ tubuh kamu terutama leher dan mata akan bekerja lebih keras. Dan pada akhirnya akan membuat kedua bagian tubuh tersebut menjadi lebih cepat lelah.

5. Beristirahat
Apabila kamu mengoperasikan laptop dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya berilah waktu bagi tubuh kamu untuk beristirahat selama beberapa menit bahkan beberapa jam. lakukanlah gerakan-gerakan ringan yang tujuannya untuk meregangkon otot dan memperlancar peredaran darah pada tubuh. Kamu juga dapat berbaring dan memejamkan mata sejenak untuk mengistirahatkan otot mata dan leher.

6. Pastikan layar laptop sejajar dengan mata
Sebaiknya aturlah sudut dan ketinggian laptop agar layarnya tepat sejajar dengan mata kamu. Hal seperti ini ditujukan agar kamu dapat dengan mudah melihat ayar laptop tanpa harus membungkukkan badan atau memutar leher. Dengan menempatkan ayar sejajar dengan mata, akan dapat mengurangi kelelahan pada mata, eher dan punggung.

Mungkin itulah beberapa tips menggunakan laptop yang baik dan benar. Ada baiknya kalau kamu membaca beberapa tips di atas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kita semuanya, dan juga dapat menambah informasi yang bermanfaat buat teman-teman semuanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon