Sabtu, 09 Januari 2016

Tips Aman Berselancar Di Internet Yang Harus Kamu Tahu

Tips Aman Berselancar Di Internet Yang Harus Kamu Tahu - Dizaman yang modern ini teknologi internet tentunya bukan lagi menjadi hal yang asing. Boleh dikatakan hampir setiap hari kita menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mulai dari mengakses sosial media, streaming, mencari data dan informasi terbaru, hingga melakukan transaksi jual beli secara online. Sekarang sudah banyak sekali toko online yang bermunculan, semua itu berkat adanya internet. Mereka menjual produk-produk secara online dengan menyediakan sebuah website, dan para konsumen yang ingin membeli produk tersebut bisa melihatnya dengan mengakses situs yang telah disediakan.

Dibalik kemudahan yang diberikan oleh internet ini, tanpa disadari internet juga dapat memberikan dampak buruk dan kerugian jika kita tidak menggunakannya dengan bijak. Bahkan saat ini sudah banyak terjadi cyber crime atau tindak kejahatan yang terjadi melalui internet.
Baca juga : Kenali Modus Kejahatan Yang Sering Terjadi Melalui Internet.

Agar kita terhindar dari dampak buruk penggunaan internet, maka teman-teman semuanya harus mengetahui tips-tips aman saat berselancar di internet, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tips Aman Berselancar Di Internet Yang Harus Kamu Tahu

1. Buat Password Yang Unik
Pada saat kamu membuat akun media sosial ataupun akun-akun yang lainnya, pastikan bahwa kamu membuat password yang unik dan tidak mudah ditebak oleh orang lain ataupun orang terdekat kamu. Hindari membuat password dengan menggunakan tanggal lahir, nama, dan informasi lainnya yang banyak diketahui oleh orang lain. Selain itu, pastikan juga kamu selalu mengganti password setiap akun yang kamu miliki secara rutin, misalkan setiap 1 bulan sekali. Hal ini ditujukan untuk menghindari serangan hacker. Dengan kita rutin mengganti password, maka hacker akan lebih sulit untuk melacak password akun kamu.
Baca juga : Cara Membuat Password Yang Sangat Kuat Ala Microsoft.

2. Gunakan Antivirus
Internet menjadi salah satu penyebab komputer, laptop, dan smartphone kamu terserang virus hingga pada akhirnya akan mengganggu kinerja atau bahkan bisa merusak perangkat tersebut. Untuk menghindari serangan virus yang sangat berbahaya diinternet, maka gunakanlah antivirus terpercaya seperti kaspersky, avast, avira dan lainnya. Serta pastikan juga kamu selalu mengupdate antivirus yang digunakan agar bisa berjalan dengan maksimal dan memberikan proteksi yang bersifat real time. Dengan menggunakan antivirus, kita juga bisa menghindari serangan hacker yang akan berusaha untuk masuk ke dalam jaringan kamu dan kemudian mencuri data-data pribadi pada akun kamu.
Baca juga : Rekomendasi Antivirus Terbaik Dan Tercanggih Untuk Melindungi Komputer.

3. Berpikirlah Sebelum Memposting Sesuatu
Sudah banyak orang yang harus berurusan dengan pihak yang berwajib hanya karena postingannya di media sosial yang bersifat tidak menyenangkan. Maka dari itu, kami sangat menyarankan kepada teman-teman semuanya untuk mempikirkan dengan benar-benar sebelum membuat status di media sosial. Apabila kamu dalam keadaan emosi tingkat tinggi, maka jangan sampai kamu memposting hal-hal yang bersifat kasar dan menyinggung orang lain. Memposting di media sosial itu cukup seadanya saja, buat hiburan dan pemer doang, ya kan hehe. Apabila kamu mengupload foto pribadi, maka usahakan tidak menshare foto tersebut kepada publik di media sosial. Jika ingin mengupload foto, maka buatlah filter siap saja yang bisa melihat foto tersebut. Satu lagi nih, pastikan bahwa kamu tidak mencantumkan data-data pribadi diakun media sosial seperti alamat email, nomor telepon, alamat rumah dan sebagainya.

4. Jangan Lupa Untuk Selalu Signout
Apabila sudah tidak menggunakan akun media sosial, maka jangan lupa untuk selalu signout. Hal ini wajib dilakukan apabila kamu tadinya browsing dengan menggunakan komputer umum seperti diwarnet. Hal ini ditujukan untuk mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyelahgunakan akun tersebut untuk melakukan hal-hal yang merugikan kamu sebagai pemilik akun, misalnya melakukan tidak penipuan yang mengatasnamakan kamu.

Hal buruk ini pernah admin alami pada saat masih duduk dibangku SMK. Bermain kewarnet merupakan hal rutin yang harus saya lakukan sebagai anak TI. Di warnet saya membuka akun sosial media facebook dan twitter. 1 hari setelah bermain diwarnet tersebut, ternyata akun facebook saya sudah dibajak. Dan parahnya lagi, orang yang bajak itu memasukkan foto-foto senonoh. Pastinya ini akan mencemarkan nama baik kita, dan saya merasa malu dengan teman-teman yang ada di facebook itu. Hal ini terjadi mungkin karena kelalaian saya sendiri, entah itu lupa signout entah itu apalah. Intinya tetap waspada ya teman-teman.

Sebaiknya kamu menggunakan koneksi internet yang aman dan hindari menggunakan fasilitas public seperti warnet pada saat mengakses internet. Jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikanlah bahwa koneksi yang digunakan aman dan berasal dari pihak resmi dan terpercaya.

5. Waspada Penipuan Lewat Internet Dengan Modus Phishing
Phishing merupakan salah satu kejahatan internet yang sedang marak terjadi saat ini. Phishing merupakan aktivitas yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri data rahasia user dengan membuat situs palsu yang menyerupai situs resminya dan mengajak si user untuk masuk ke situs palsu tersebut. Pada saat kamu masuk ke situs palsu tersebut, maka kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password, dan hal ini seolah-olah seperti proses login di situs resminya. Setelah kamu berhasil login di situs palsu itu, maka hacker akan mencuri email dan password akun kamu, dan hacker akan menggunakannya untuk menyalahgunakan akun tersebut.

Biasanya phisher (orang yang melakukan phishing) akan mengecoh user dengan menggunakan nama situs dan tampilan yang hampir sama dengan situs aslinya. Misalkan www.twitter.com akan diganti menjadi www.twiter.com dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum login kesebuah situs, pastikanlah bahwa situs tersebut merupakan situs resminya. Teliti kembali alamat situs (domain), sebelum mengaksesnya.

Kejahatan phishing ini juga bisa dilakukan melalui email. Jika ada sebuah email yang menginformasikan bahwa kamu harus login dan mengganti password dengan terlebih dahulu harus mengklik link yang disertakan dalam email tersebut, diharapkan untuk tidak percaya begitu saja. Jika kamu ingin login dan melakukan pergantian password, lebih baik langsung mengunjungi situs resminya dengan mengetik alamat web bersangkutan dibrowser kamu.

6. Jangan Sembarangan Mendownload Program
Saat mengakses situs tertentu, mungkin kamu sering menemukan iklan-iklan yang apabila diklik akan membawa kamu masuk kesitus untuk mendownload aplikasi tertentu. Teman-teman jangan langsung percaya dengan aplikasi tersebut dan jangan langsung mendownload aplikasi tersebut. Jika kamu ingin mencari sebuah software, maka kunjungilah terlebih dahulu situs resmi dari aplikasi yang kamu cari itu. Dilain hal, teman-teman juga bisa mengunjungi situs penyedia software yang telah benar-benar terpercaya dan tentunya aman. Sebelum  melakukan penginstalan aplikasi yang telah didownload, pastikanlah bahwa aplikasi tersebut benar-benar aplikasi yang kamu butuhkan dan bukan aplikasi junk. Karena saat ini banyak sekali aplikasi junk yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebagai media untuk mencuri data dari perangkat dan akun yang saat itu kamu gunakan.

Jadilah pengguna internet yang cerdas dan bijak yah teman-teman. Jangan sampai internet yang seharusnya memberikan banyak dampak positif, justru membawa kerugian bagi kamu sebagai penggunanya. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat buat teman-teman para pembaca setia blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon