Minggu, 10 Januari 2016

Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui -  Dengan perkembangan teknologi saat ini, tren belanja online pun semakin berkembang di masyarakat terutama masyarakat yang memiliki aktivitas padat alias sibuk.  Dengan berkembangnya tren seperti ini, maka akan memberikan banyak kemudahan bagi kita. Misalnya, kalau dulu kita harus pergi ke mall untuk membali baju, tetapi saat ini kita bisa membelinya dengan hanya "Sekali klik" melalui komputer atau smartphone. Perkembangan tren belanja online ini semakin pesat, ditambah lagi dengan banyaknya toko-toko online yang bermunculan. Saat ini para penjual offline pun telah memperluas pasar mereka ke dunia online.

Belanja online dapat menjadi solusi bagi kamu yang sibuk dan tidak ada waktu untuk belanja secara langsung ke department store atau tempat yang lainnya. Namun, jika kamu tidak berhati-hati dan tidak cermat dalam memilih toko online untuk berbelanja, maka belanja online justru akan merugikan kamu sebagai konsumen. Sebelum berbelanja online, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips dari kami bagaimana berbelanja online yang aman dan nyaman itu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Pilih situs belanja atau toko online yang terpercaya
Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum berbelanja online adalah memastikan apakah situs jual beli online tersebut merupakan situs yang aman dan terpercaya.Pilihlah situs yang sudah terpercaya dan tentunya sudah memiliki kredibilitas dalam dunia jual beli online, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Saat ini ada banyak sekali situs jual beli online yang bermunculan. Yang jelas saat ini kita itu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko-toko untuk berbelanja, cukup bermodalkan komputer, laptop atau smartphone kemudian mengakses situs jual beli online. Kamu juga bisa mencari informasi terkait situs jual beli online tersebut atau juga bisa dengan menanyakan kepada teman atau keluarga yang sudah pernah melakukan transaksi melalui situs tersebut.

Sempatkan untuk membaca kebijakan-kebijakan dari situs jual beli online, mulai dari garansi barang hingga kebijakan tentang pengembalian uang jika barang diterima dalam keadaan yang rusak. Pastikan juga bahwa tidak ada kebijakan yang merugikan kamu sebagai pembeli, dan pastikan juga bahwa data-data pribadi kamu akan terlindungi dan tidak disebarluaskan ke pihak manapun. Biasanya setiap situs jual beli online itu ada Customer Service-nya, maka apabila ada pertanyaan atau ada hal yang menjangkal dapat ditanyakan terlebih dahulu kepada CS-nya.

2. Jangan tergiur dengan harga yang murah
Harga yang murah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi kita yang ingin membeli sebuah produk. Sangat wajar sekali jika sebuah toko online memberikan harga yang lebih murah dibandingkan toko online yang lainnya. Jika terdapat sebuah barang atau produk yang dijual dengan harga yang tidak masuk akal, maka sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli produk tersebut, karena bisa jadi sipenjual tersebut ingin melakukan penipuan atau menjual produk abal-abal alias palsu. Untuk memastikan harga yang sebenarnya dari produk yang ingin kamu beli, kamu bisa mencari tahu dengan cara membandingkan dengan harga disitus toko online yang lainnya, atau kamu juga bisa mengecek harga pasarannya. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah tertipu oleh toko online yang menjual produk tersebut dengan harga yang sangat miring.

3. Bacalah terlebih dahulu deskripsi produk
Pastikan kamu membaca informasi atau deskripsi produk terkait yang ingin dibeli, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Dan juga kamu bisa membaca "Feedback" dari produk tersebut atau istilah kerennya itu membaca komentar-komentar orang terhadap produk tersebut. Membaca feedback ini sangat dianjurkan sekali, agar nantinya kamu tidak menyesal telah membeli produk tersebut. Jika ada informasi yang kurang jelas, kamu bisa langsung menghubungi penjual persangkutan untuk dapat mengetahui detail tentang produk yang ingin dibeli. Misalnya pada situs Tokopedia.com, kamu bisa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk kepada penjual bersangkutan melaui fitur Diskusi Produk atau kamu dapat menghubungi penjualnya secara langsung menggunakan fitur Kirim Pesan.

4. Menggunakan rekening pribadi atau perusahaan?
Saat kamu melakukan transaksi jual beli online, hindarilah mentrasfer uang ke nomor rekening pribadi. Pilihlah situs jual beli online yang memiliki rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang tingkat keamanannya sudah terjamin. Rekening seperti ini disebut sebagai rekening bersama yang menjadi perantara antar sipenjual dan sipembeli. Sedikit penjelasan mengenai cara kerjanya, uang yang telah ditransfer oleh pembeli akan tertahan pada pihak perantara hingga akhirnya barang sampai ke alamat pembeli. Apabila barang sudah diterima oleh sipembeli dalam kondisi yang baik, barulah uang yang ditransfer pembeli tadi akan diterima oleh penjual. Rata-rata situs jual beli online saat ini telah menggunakan sistem seperti tersebut untuk meminimalisir tingkat penipuan.

5. Kredibilitas penjual
Saat mengunjungi sebuah situs toko online, maka janganlah kamu terburu-buru untuk melakukan transaksi di toko tersebut. Ada baiknya kamu melihat kredibilitas dari penjual di toko online tersebut. Kredibilitas penjual dapat dinilai dari testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli yang lain yang sebelumnya sudah pernah membeli barang di toko yang bersangkutan. Bacalah dan cermati review yang diberikan oleh para pembeli, kalau banyak yang positif maka lanjutkanlah untuk bertransaksi di toko tersebut. Apabila ada review yang kurang baik, maka sebaiknya kamu mencari toko online yang lain, karena masih banyak toko-toko online yang lain dengan menjual produk yang sama. 

6. Periksa kembali pesanan
Pastikan bahwa produk atau barang yang kamu beli telah sesuai dengan keinginan, kemudian barulah lakukan proses pembayaran. Pastikan juga data diri dari akun anda telah terisi dengan benar, terutama data nama, alamat dan nomor telepon. Hal ini ditujukan agar barang yang telah dipesan, dapat diantar kealamat tujuan yang benar.

7. Asuransikan
Apabila kamu memesan barang disitus jual beli online, biasanya barang yang dipesan akan dikirimkan melalui jasa pengiriman tertentu. Oleh karena itu, apabila kamu berbelanja dalam jumlah yang banyak atau berbelanja produk yang mahal, sebaiknya mintalah kepada penjual untuk mengasuransikan produk tersebut selama proses pengiriman. Biasanya untuk jasa pengiriman seperti JNE dan Tiki sudah menyediakan opsi asuransi pada setiap pengiriman barang. Lebih baik kamu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar biaya asuransi, agar barang yang telah dipesan dapat diterima dalam kondisi yang baik.

Biasanya apabila kamu membeli produk yang mahal, misalkan kamera SLR dan smartphone, maka packing barang tersebut akan dibuat dengan baik dan tentunya telah diasuransikan. Pengalaman pribadi pada saat memesan kamera SLR di situs Lazada, kamera tersebut dipacking dengan sangat baik dengan packing kotak kayu yang tentunya akan lebih aman.

8. Simpanlah bukti transfer
Bukti transfer pembayaran sebaiknya disimpan terlebih dahulu, hal ini ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. Transaksi yang disimpan berupa bukti pembayaran dan histori percakapan dengan penjual, hingga akhirnya barang yang kamu pesan tersebut sampai dialamat kamu dalam kondisi yang baik. Dan jika terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan kamu belum melakukan pembayaran, maka kamu bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut kepada si penjual.

Sebelum berbelanja online, sebaiknya kamu membaca beberapa tips di atas yah. Ini semua ditujukan demi keamanan dan kenyamanan saat berbelanja disitus jual beli online. Mungkin sekian artikel mengenai tips aman belanja online yang harus kamu ketahui. Semoga dengan adanya tips-tips di atas, dapat membantu teman-teman semuanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon