Sabtu, 02 Januari 2016

Pengertian DDR SDRAM dan Jenis-jenisnya

Pengertian DDR SDRAM dan Jenis-jenisnya - DDR SDRAM (Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah salah satu jenis memori komputer yang mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa dalam memproses sebuah data. Orang juga sering menyebutnya DDR RAM. DDR RAM ini mempunyai rancangan arsitektur yang sama dengan SDRAM, hanya saja menggunakan sinyal clock yang berbeda untuk mentransfer data lebih cepat dua kali dalam jumlah waktu yang sama. Dalam ilmu sistem komputer, sinyal clock adalah frekuensi osilasi yang digunakan untuk mengkoordinasikan interaksi antara sirkuit digital, simply put, sinkronisasi dan komunikasi. Dirancangnya rangkaian digital ini untuk beroperasi pada sinyal clock yang dapat merespon naik atau turunnya sinyal.

DDR RAM mentransfer data pada kedua sisi naik dan turun dari sinyal clodck. Karena itulah DDR RAM memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM. Untuk kecepatan RAM itu sendiri akan bekerja sama dengan bagian depan bus (FSB) dari sebuah sistem komputer. FSB adalagh data saluran dua arah yang mengirimkan informasi dari unit pengolahan pusat (CPU) keseluruh komponen yang ada dan menancap di motherboard, termasuk salah satunya RAM, chip BIOS, Hard Drive dan Slot PCI. Oleh karena itu, sistem komputer dengan FSB dari 133MHz menjalankan DDR SDRAM yang pada dasarnya akan melakukan seperti mesin 266MHz.

Memory DDR ini terdiri dari 184-pin modul memori dual in-line (DIMM) yang hanya berfungsi dengan baik dalam motherboard yang dirancang sesuai dengan syarat di atas. DDR RAM hadir dalam berbagai kecepatan. DDR RAM hanya akan berjalan maksimal jika motherboard men-support.

DDR RAM secara visual berbeda dari SDRAM dimana SDRAM adalah DIMM 168-pin dengan lekukan ganda di bagian bawah sepanjang pin – hanya satu tingkat off-center, dan yang lain offside. DDR SDRAM 184-pin memiliki takik off-center tunggal. DDR RAM biasanya dibuat untuk prosesor 1GHz atau yang lebih cepat. Sebutan seperti PC1600 DDR SDRAM dan DDR SDRAM PC2100 bertepatan dengan FSB tertentu dan kecepatan CPU yang disyaratkan pada CPU. AMD dan Intel menggunakan skema yang berbeda untuk menunjukkan kecepatan prosesor, dan berbagai teknis dan standar sebutan RAM dapat membingungkan.

Pengertian DDR SDRAM dan Jenis-jenisnya

Jenis-Jenis DDR SDRAM

  • DDR
DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.

DDR RAM ini ada beberapa jenis seperti DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz.
DDR RAM versi 1 ini dikembangkan sejak 1996 sampai 2000.
  • DDR2
DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.
  • DDR3
Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).
  • DDR4
Dalam Komputer, DDR4 SDRAM, singkatan untuk tipe Double Date Rate Random Access Memory, adalah jenis dynamic random-access memory (DRAM) dengan Interface bandwidth tinggi diharapkan akan dirilis ke pasar pada tahun 2012 . ini adalah salah satu dari beberapa varian dari DRAM yang telah digunakan sejak awal 1970-an [4] dan tidak kompatibel dengan semua jenis sebelumnya random access memory (RAM) karena tegangan sinyal yang berbeda, antarmuka fisik dan faktor-faktor lainnya.

Memori DDR4 ini diklaim sebagai memory generasi Terbaru yang memiliki Tingkat kecepatan transfer rate 2133 – 4266 MT/ second dimana yang kita ketahui sekarang masih tekhnologi DDR3 dan itu dengan kecepatan 800MT/second.

Bagi Anda sekalian pengguna motherboard minimal dengan chipset intel G41 dan ram DDR3 pasti anda sudah merasakan kecepatannya ,itu dikisaran 800Mt/second .,lalu bagaimana dengan DDR 4 yang akan datang yang sejatinya bisa 4x lipat dari DDR3 ,ditambah lagi dengan VOLTAGE yang sangat rendah 1.05- 1.2 V untuk DDR4 dan 1.2 – 1.5 V untuk ddr3. 

(Dikutip dari berbagai sumber)

Sekian artikel mengenai pengertian DDR SDRAM dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semuanya. 

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon