Sabtu, 09 Januari 2016

Kenali Modus Kejahatan Yang Sering Terjadi Melalui Internet

Kenali Modus Kejahatan Yang Sering Terjadi Melalui Internet - Dengan berkembangnya teknologi internet yang sangat pesat akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita sebagai masyarakat yang modern. Dapat dikatakan bahwa setiap hari kita selalu mengakses internet, mulai dari post status di media sosial, mencari info-info dan berita terbaru, hingga melakukan belanja dan transaksi jual beli online yang hingga saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup dari masyarakat modern.

Dizaman sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang. Saya merasakan hal itu, satu hari saja tidak bisa mengakses internet rasanya sangat aneh sekali dan selalu gelisah. Apalagi sekarang sudah zamannya menggunakan smartphone yang sangat canggih, bayangkan saja jika smartphone yang sudah mahal-mahal kita beli kemudian jaringan internet tidak ada, apa yang terjadi? smartphone tersebut saya rasa akan jarang digunakan, palingan hanya untuk berfoto saja. Begitu pentingnya internet dizaman seperti saat ini.

Sangat disayangkan sekali, dengan kemudahan dari teknologi internet ini justru dimanfaatkan semena-mena oleh pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan tersendiri. Beberapa tahun terakhir ini kita sangat sering mendengar adanya tindakan penipuan yang berbasis online, baik itu dengan modus transaksi jual beli atau dengan menggunakan modus pencurian data pribadi. Nah! agar teman-teman semuanya terhindar dari aksi penipuan online ini, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengenal beberapa istilah dan modus penipuan online yang saat ini sedang marak terjadi.

Kenali Modus Kejahatan Yang Sering Terjadi Melalui Internet

1. Phishing
Phishing adalah modus penipuan yang saat ini sering terjadi. Phishing merupakan sebutan untuk aktivitas yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri data rahasia user dengan melakukan cloning sebuah situs resmi dan mereka akan membuat versi yang palsunya. Orang yang melakukan phishing ini disebut dengan phiser. Phiser akan mencoba untuk mengecoh user dengan menggunakan nama situs dan tampilan yang hampir sama dengan situs aslinya. Tetapi jika diamati dengan jelas, ada pembeda situs palsu buatan phiser tersebut dengan situs asli. Misalnya : alamat website yang benar seharusnya adalah guilko.com, phiser akan mengecoh usernya dengan nama website yang hampir sama seperti guiilko.com. Jika tidak diperhatikan dengan teliti, pasti kamu akan mengira bahwa situs palsu tersebut sebagai situs Guilko yang asli.

Biasanya kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password login pada saat masuk kesitus palsu tersebut, seolah-olah seperti kamu melakukan login pada situs resminya. Disinilah semuanya dimulai, setelah kamu berhasil login di situs palsu ini, ka merekan akan mengambil data-data penting seperti password akun dan akan menggunakannya untuk menyalahgunakan akun tersebut. Tetap hati-hati ya teman-teman.

Karena itu, sebelum login kesebuah situs, jangan lupa untuk memastikan bahwa situs tersebut adalah benar-benar situs resmi yang biasanya kamu gunakan. Kejahatan phishing ini juga bisa dilakukan melalui email. Jika ada sebuah email yang menginformasikan bahwa kamu harus login dan mengganti password dengan terlebih dahulu harus mengklik link yang disertakan dalam email tersebut, diharapkan untuk tidak percaya begitu saja. Jika kamu ingin login dan melakukan pergantian password, lebih baik langsung mengunjungi situs resminya dengan mengetik alamat web bersangkutan dibrowser kamu. Phishing ini juga mungkin terjadi melalui SMS dan lebih sering disebut dengan SMSishing dan juga bisa dengan melalui telepon atau yang lebih dikenal dengan istilah Vishing.

2. Malware
Malicious Software atau yang lebih sering kita ucapkan dengan Malware merupakan salah satu medium penipuan yang saat ini sering digunakan. Malware adalah sebuah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya. Malware merupakan sebuah program yang mencari kelemahan dari sebuah software. Biasanya malware digunakan untuk membobol atau bahkan merusak sebuah software atau sistem operasi.

Si hacker ini secara diam-diam akan mengumpulkan informasi data-data kamu. Informasi yang mereka kumpulkan sangat beragam sekali, mulai dari beberapa data informasi yang tidak penting seperti situs-situs yang sering kamu kunjungi, sampai informasi yang bersifat sangat penting seperti password akun, data kartu kredit, password internet banking dan lain sebagainya.

Hindari mendownload software yang sembarangan ya teman-teman agar kamu tidak menjadi korban malware ini. Jika kamu ingin mendownload sebuah program, pastikan bahwa kamu mendapatkannya dari situs resmi dan situs yang telah terpercaya. Pastikan juga bahwa program yang akan didownload memiliki reputasi yang baik.

3. Wardriving 
Wardriving adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seorang hacker untuk mendapatkan data mengenai suatu jaringan wireless dan kemudian akan menggunakannya tanpa sepengetahuan dipemilik jaringan tersebut, atau istilah kerennya itu adalah membobol password Wi-Fi. Bahaya dari wardriving ini sebenarnya tidak terlalu besar seperti penipuan. Hanya saja korban dari wardriving ini akan mengalami kerugian seperti misalnya kuota internet yang lebih cepat habis daripada hari-hari biasanya. Agar kita tidak menjadi mangsa dari wardriver (orang yang melakukan aktivitas wardriving), kita bisa melakukan antisipasi seperti mematikan Wi-Fi jika sedang tidak digunakan lagi dan mengubah password Wi-Fi secara rutin, sehingga tidak mudah ditebak oleh wardriver.

Selain beberapa modus-modus di atas, kamu juga harus mewaspadai jenis penipuan Card Skimming. Card Skimming adalah sebuah tindakan pencurian data dari sebuah kartu ATM, kartu kredit dan debit dengan melakukan penyalinan informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu tersebut. Setelah data-data penting didapatkan, scammer (pelaku skimming) akan membuat cloning-an dari kartu dan akan menggunakannya tanpa sepengatuhan sipemiliknya. Tindakan skimming ini bisa juga terjadi pada saat kamu melakukan penarikan tunai di mesin ATM atau pada saat menggunakan kartu kredit dan debit saat melakukan pembayaran.

Sekian artikel mengenai modus kejahatan yang sering terjadi melalui internet. Tetap waspada dan jangan ceroboh ya teman-teman, karena hacker mengintaimu. Sedikit lengah saja, maka si hacker akan masuk. Semoga teman-teman semua tidak akan pernah menjadi korban tindakan kejahatan diinternet ini, amin.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon