Jumat, 01 Januari 2016

Jenis-Jenis RAM Pada Komputer

Jenis-Jenis RAM Pada Komputer - RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah media prnyimpanan data yang bersifat sementara atau jika komputer dimatikan, maka data-data yang tersimpan sebelumnya di RAM akan hilang. RAM komputer berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosessor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan sebuah aplikasi. Ketika kita membuka sebuah aplikasi dikomputer, maka RAM otomatis akan menyediakan ruang agar aplikasi tersebut bisa diakses.

RAM (Random Access Memory) merupakan hardware yang keberadaannya sangat dibutuhkan atau dalam artian merupakan hardware yang sangat penting. Tanpa adanya RAM sebuah komputer tidak dapat difungsikan sebagai mana mestinya. RAM juga akan mempengaruhi tampilan laptop, coba saja cabut RAM komputer anda terus hidupkan komputer tanpa ada RAM, maka dapat dipastikan komputer tetap menyala, hanya saja tidak bisa menampilkan gambar. Untuk lebih lengkap penjelasan mengenai hal ini, nanti akan kami tuliskan artikelnya.

Sedikit gambaran mengenai RAM agar mudah dimengerti. Ketika komputer dinyalakan, maka prosessor akan mengambil data dari harddisk. Tetapi, biasanya harddisk itu sangat lambat untuk menyediakan data yang diminta oleh prosessor. Maka dibutuhkan RAM untuk membantu menyediakan data yang diminta oleh prosessor.

Jenis-Jenis RAM Pada Komputer

Jenis-Jenis RAM (Ramdom Access Memory) 
  • NV-RAM adalah memori yang digunakan untuk menyimpan setingan BIOS (Basic Input Output System) dan memory ini membutuhkan sumber daya agar data yang disimpan tidak hilang. karena itulah dalam setiap komputer akan ada sebuah baterai Lithium kecil yang berfungsi sebagai sumber daya NV-RAM ini.
  • SRAM (Static Random Access Memory) adalah salah satu jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak membutuhkan kapasitor dan tidak perlu penyegaran secara berkala. Tetapi SRAM ini memiliki kelemahan, yaitu biaya produksinya yang mahal. Maka dari itu, SRAM ini hanya tersedia dalam kapasitas yang kecil saja dan akan menangani bagian yang benar-benar penting saja.
  • EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah generasi pertama dari RAM yang menggantikan FP RAM pada CPU. Untuk kapasitas dan kemampuannya, memori ini terbilang masih sangat kecil. Memori ini merupakan memori lama dan saat ini sudah tidak dirpoduksi lagi. Memori ini terakhir digunakan pada komputer prosessor x86 seperti pada Pentium I dan II.
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk proses penyegaran data yang ada di dalamnya. Memori jenis ini memiliki kecepatan lebih bagus atau lebih tinggi dibandingkan dengan EDO-RAM, namun lebih rendah dibandingkan dengan SRAM. Memori DRAM ini hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan pengembangan dari DRAM sebelumnya yang menggunakan sistem transfer data sinkron namun memiliki kecepatan transfer data yang lebih berlipat. Biasanya memori ini disebut hanya DDR, dan untuk saat ini masih memiliki 3 versi, yaitu DDR1, DDR2, dan DDR3. Dan tidak menutup kemungkinan DDR versi selanjutnya akan muncul, seperti DDR 4 dan DDR5. Untuk membedakan tiap versinya adalah dari segi kecepatan transfer data dan juga jumlah pin yang ada pada kakinya.
  • DIMM (Dual In0line Memory Module) merupakan istilah lain untuk RAM dengan teknologi terbaru yang mempunyai 168 pin (84 x 2). Contohnya adalah DDR RAM.
Mungkin sekian penjelasan mengenai jenis-jenis RAM pada komputer. Semoga artikelnya bisa menambah pengetahuan teman-teman semuanya mengenai RAM pada komputer. Terimakasih telah menyempatkan diri untuk membaca dan berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon