Sabtu, 16 Januari 2016

Gunakan Tips Ini Untuk Menghindari Kejahatan Di Dunia Internet

Gunakan Tips Ini Untuk Menghindari Kejahatan Di Dunia Internet - Internet saat ini mungkin tidak asing lagi dimata masyarakat. Untuk saat ini internet merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Ada banyak sekali hal atau kegiatan yang bida dilakukan dengan menggunakan internet ini, misalnya sebagai media hiburan, menjadi ladang untuk berbisnis, media pendidikan, sebagai media untuk berbelanja online dan masih banyak lagi hal bermanfaat yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet ini. Namun, sangat disayangkan sekali kecanggihan internet digunakan oleh kalangan yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Dan keberadaan para pelaku kejahatan di dunia internet ini sangat sulit untuk dilacak bahkan untuk ditangkap sekalipun. Nah, agar kamu terhindar dari kejahatan di dunia internet ini, berikut akan kami berikan beberapa tips untuk cara menghindarinya. 

Gunakan Tips Ini Untuk Menghindari Kejahatan Di Dunia Internet

1. Buat password yang kompleks
Pada saat membuat sebuah akun email atau akun sosial media yang lainnya, tentu kamu juga diwajibkan untuk membuat password. Tetapi masih banyak orang yang membuat password asal-asalan dengan alasan agar mudah diingat. Biasanya seseorang akan membuat password dengan menggunakan tanggal lahir dan tanggal-tanggal spesial yang lainnya. Sebenarnya password itu harus dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol. Hal ini ditujukan agar akun email atau akun sosmed yang lainnya tidak mudah diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk membuat sebuah password yang sangat kuat tingkat keamanannya, bisa dengan menggunakan kombinasi huruf biasa, huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
Baja Juga : Cara Membuat Password Yang Sangat Kuat Ala Microsoft.

2. Cek data bank kamu secara berkala
Untuk saat ini sebuah data transaksi bank sudah banyak yang dikirimkan melalui email. Jadi sangat dianjurkan sekali kepada teman-teman semuanya untuk melakukan pengecekan data bank secara berkala, agar kamu bisa mengetahui adanya transaksi yang tidak wajar, sehingga kamu bisa langsung melaporkan hal ini kepada pihak bank yang terkait. Hal ini sangat dianjurkan kepada kamu yang sering melakukan transaksi dengan menggunakan fasilitas Internet Banking. Kembali lagi kepada tips yang pertama tadi, maka buatlah password yang sangat kuat dan tentunya dengan menggunakan kombinasi yang sangat kompleks untuk akun internet banking, mobile banking dan sms banking. Jangan sampai karena sebuah kelalaian kecil, menyebabkan kamu menanggung rugi yang begitu besar.

3. Jangan pernah mengklik link sembarangan
Pada saat kamu membuka sebuah situs atau website, maka kamu akan sering melihat link yang cukup menarik untuk diklik. Tetapi tunggu dulu yah, jangan terlalu terburu-buru untuk mengklik link tersebut. Biasanya akan ada beberapa orang tidak bertanggung jawab yang sengaja membuat link yang sangat menarik untuk diklik, dan apabila diklik ternyata link tersebut mengandung virus yang sangat membahayakan komputer, laptop atau bahkan smartphone kamu. Saat ini juga sudah terdapat banyak link yang apabila diklik atau dibuka, maka link tersebut meminta kamu untuk memasukkan email dan password. Kami sangat menyarankan kepada teman-teman semuanya apabila menemukan link tersebut sebaiknya tidak dibuka atau tidak dilanjutkan untuk membukanya, apalagi jika kamu sampai memasukkan email dan password. Kemungkinan besar, website seperti ini ingin meng-hack akun email kamu, maka sebaiknya kamu berhati-hati.

4. Rutin mengupdate antivirus
Internet merupakan tempat dimana serangan virus akan banyak mengancam. Dapat diketahui juga bahwa internet ini sebenarnya tidak benar-benar bebas dari ancaman virus. Terdapat banyak virus diinternet, mulai dari virus yang masih ringan sampai dengan virus yang sudah berat yang sulit dihilangkan apabila sudah menyerang sebuah sistem komputer kamu. Untuk mencegah hal ini terjadi, langkah awal yang dilakukan adalah dengan rutin mengupdate antivirus yang digunakan di komputer, laptop, atau gadget kamu. Kalau dismartphone itu akan ada peringatan jika kamu membuka situs yang berbahaya, maka apabila sudah ada peringatan, maka sebaiknya jangan diteruskan untuk membuka situs atau website tersebut.

5. Jangan memasukkan data pribadi kamu di media sosial
Apabila kamu memiliki akun media sosial, maka sebaiknya kamu tidak sembarangan memasukkan data pribadi seperti, alamat rumah atau bahkan nomor telepon. Dan apabila ingin memasukkan nomor telepon, bida dengan cara membatasi orang yang boleh melihatnya, misalkan hanya kamu saja, hanya teman sosmed kamu saja dan sangat tidak disarankan untuk men-sharenya ke public. Karena apa? karena hal seperti ini akan mengundang seseorang untuk melakukan kejahatan, dan akhirnya membuat kamu menjadi rugi. Seseorang bisa saja iseng menyebarkan nomor hp kamu dengan keterangan yang aneh-aneh. Pasti kamu tidak akan mau seperti ini kan? apalagi kalau nomor telepon itu merupakan nomor yang sangat penting yang sudah sangat lama kamu gunakan, sangat disayangkan sekali jika kamu harus mengganti kartu itu kan. Maka sebaiknya isikan data di profil media sosial yang bersifat formal saja.

6. Hati-hati apabila mendownload aplikasi
Internet mempunyai banyak sekali kelebihan, salah satunya adalah kamu dapat berbagi sesuatu hal termasuk salah satunya adalah mendapatkan atau mendownload aplikasi untuk sebuah komputer, laptop atau gadget. Namu berhati-hatilah pada saat kamu ingin mengunduh sebuah aplikasi yang ada diinternet, karena saat ini sudah banyak aplikasi yang memiliki virus yang tentunya akan dapat merusak gadget atau komputer kamu. Kami sarankan, apabila kamu ingin mendownload sebuah aplikasi, maka downloadlah disitus resmi aplikasi tersebut atau bisa juga dengan mendownloadnya disitus-situs yang sudah terpercaya dan tentunya aman.

Itulah beberapa tips untuk menghindari kejahatan di dunia internet. Jadilah orang yang bijak dalam hal apapun, jangan terburu-buru terhadap sesuatu yang diinginkan, tetap sabar. Semoga dengan adanya artikel ini akan memberikan banyak manfaat buat kita semuanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon