Jumat, 08 Januari 2016

Cara Merawat MacBook Agar Terlihat Tetap Oke

Cara Merawat MacBook Agar Terlihat Tetap Oke - Siapa sih yang nggak tahu dengan salah satu produk dari Apple yang sering digunakan oleh kalangan mahasiswa dan orang kantoran ini. Laptop dengan logo buah apel di bagian depannya memang sudah banyak digunakan saat ini. Produk ini memiliki harga yang cukup mahal, namun laptop yang diproduksi oleh perusahaan Apple ini masih terus menjadi incaran setiap orang. Dengan harga yang mahal, tentunya produk ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan laptop dengan merk yang lain. Apabila anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli produk ini, ada baiknya mencoba. Karena fitur yang ditawarkan pada produk ini merupakan produk tercanggih dan terkini dimasa sekarang ini. Mungkin orang ingin sekali memiliki MacBook karena ingin dilihat keren oleh teman-temannya, hehe mungkin kali ya.

Buat teman-teman yang sudah mempunyai Macbook, coba deh perhatiin tampilan body dari Macbook kalian. Masih mulus apa sudah kusam dan terdapat banyak goresan? Hal ini sebaiknya dihindari ya teman-teman. Jangan tunggu lama-lama, mari segera dibersihkan Macbook kalian dari segala macam kotoran dan debu. Lalu apakah teman-teman mau tau gimana cara merawat Macbook agar tetap kelihatan oke walaupun sudah digunakan bertahun-tahun? Berikut beberapa tips-tipsnya, silahkan dibaca ya teman-teman.

Cara Merawat MacBook Agar Terlihat Tetap Oke

1. Hindari Dari Sinar Matahari Langsung
Buat teman-teman yang sering bekerja di lapangan dan sering menggunakan Macbook diruangan yang terbuka dengan panas yang sangat terik, lebih baik jangan terlalu sering untuk melakukan hal seperti ini. Kenapa begitu? Karena apabila Macbook yang sering terkena sinar matahari secara langsung akan lebih mudah mengalami kerusakan. Tidak hanya Macbook saja yang tidak boleh terkena sinar matahari langsung, barang elektronik dan laptop juga sebenarnya tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini tentunya akan cepat menyebabkan kerusakan.

2. Letakkan Macbook Di Tempat Yang Aman
Terkadang seseorang sering meletakkan Macbook dilantai karena sedang terburu-buru ada pekerjaan yang mendadak. Kami sarankan lebih baik mulai dari hari ini teman-teman jangan melakukannya lagi ya. Apabila kamu meletakkan Macbook dilantai, maka resiko untuk terinjak oleh orang lain atau bahkan oleh kamu sendiri sangat besar. Tidak hanya itu saja, kalau kamu sering meletakkan atau menaruh Macbook di lantai, maka resiko terkena debu juga sangat besar, ditambah lagi jika lantainya jarang dibersihkan. Tentunya teman-teman tidak mau kan jika Macbook kesayangan kamu terdapat banyak kotoran dan debu. Makanya mulai dari sekarang sebaiknya letakkanlah laptop ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak atau ditempat yang tidak mudah diserang debu.

Macbook juga tidak boleh diletakkan di tempat yang terlalu empuk, seperti kasur, sofa dan bantal. Kenapa begitu? Jika kamu meletakkan Macbook atau laptop di atas permukaan yang empuk, itu tentunya sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada laptop akan terganggu dan tentunya akan menyebabkan laptop atau macbook lebih cepat panas. Dan apabila hal ini sering terjadi, maka akan menyebabkan kerusakan pada prosessor, karena pasanya yang tidak stabil.

3. Singkirkan Berbagai Macam Benda Dari Keyboard Macbook
Apabila kamu banyak memiliki tugas, maka dapat dipastikan akan banyak kertas yang bertebaran. Meskipun banyak kertas yang bertebaran di kamar kamu, sebaiknya jangan sampai meletakkan kertas-kertas itu diantara keyborad dan layar Macbook. Apabila kamu sering melakukan hal tersebut, maka resiko layar tergores sangat besar lo. Nggak mau kan jika layar Macbook kamu sampai banyak gorasannya gitu? nantinya akan terlihat jelek loh jika banyak goresannya gitu. Sebaiknya kamu menambahkan Screen Guard untuk macbook kamu ya, agar nantinya layar macbook anda lebih aman terhadap serangan debu, kotoran dan bahkan terhadap goresan. Satu lagi yang harus kamu ketahui bahwa jangan meletakkan macbook dalam keadaan menyala di atas sarungnya, karena hal ini dapat menghambat sirkulasi udara pada macbook.

4. Jangan Bongkar Pasang Macbook Sendiri
Jika kamu hobi bongkar pasang laptop, dan mempunyai pikiran untuk membongkar macbook jika terjadi sebuah masalah, lebih baik urungkan niat kamu dan pikirin lagi deh dengan bener-bener. Mungkin untuk membongkar macbook akan berbeda dengan membongkar laptop yang lainnya. Karena, jika sampai terjadi kesalahan, bisa-bisa macbook kamu menjadi bertambah rusak. Sebaiknya serahkan kepada orang yang lebih ahli atau berpengalaman menangani masalah ini, misalnya teknisi khusus laptop. Atau alangkah lebih baiknya jika membawa macbook yang rusak tersebut ke Service Center-nya jika ada di daerah kamu. Penting lagi untuk diingat, jangan pernah untuk mencoba-coba membongkar sendiri. Jika kamu membongkar macbook atau laptop yang masih ada garansinya, maka kamu bisa merusak sticker garansi yang melekat pada laptop kamu loh. Dan apabila sticker garansi itu rusak, maka otomatis garansi akan batal atau dalam artian tidak ada garansinya lagi. 

Jika macbook kamu mengalami kerusakan dan masih ada masa garansinya, sebaiknya anda melakukan klaim garansi saja, karena hal itu akan lebih aman.

5. Pilihlah Tas Yang Sesuai Dengan Macbook kamu
Sebaiknya kamu harus memiliki tas macbook, agar anda lebih leluasa dan lebih nyaman saat hendak membawanya kemanapun. Sebaiknya cek terlebih dahulu tas laptop yang akan digunakan untuk macbook, sudah sesuai apa belum? Dalam memilih tas untuk laptop, perhatikan dengan baik kalau tas tersebut aman dari segala macam ancaman dan guncangan. Lebih baik jika tas laptop yang akan digunakan ada gabus pengaman, sehingga kamu bisa membawa macbook dengan aman tanpa ada perasaan was-was. Dan untuk saat ini orang sudah banyak menggunakan tas ransel untuk menyimpan laptopnya. Dengan menggunakan tas ransel, tentunya akan lebih nyaman dan tidak terlalu berat apabila ingin membawanya kemana-mana. Tetapi jika anda menggunakan tas ransel untuk membawa macbook, maka usahakan tidak menumpuk barang terlalu banyak dan yang pasti kamu harus menghindari laptop kamu dari segala benturan-benturan yang keras. 

6. Jauhkan Macbook Dari Medan Magnetik
Sedikit informasi saja bahwa ternyata laptop itu sangat peka terhadap benda-benda yang mengandung daya magnet. Jadi sebaiknya kamu menghindarkan macbook kamu dari segala macam benda yang mengandung medan magnet yang kuat agar nantinya tidak merusak kinerja dari macbook. 

7. Jangan Meletakkan Makanan Dan Minuman Disekitar Macbook
Buat kamu yang suka makan dan minum pada saat lagi mengerjakan tugas dan pekerjaan dilaptop, penting untuk menyimak tips yang satu ini. Sebaiknya jauhkanlah segala macam makanan dan minuman dari macbook kamu. Jangan pernah meletakkan makanan dan minuman yang mengandung cairan disekitar atau bahkan di atas macbook. Kenapa begitu? karena laptop itu sebenarnya sangat peka terhadap cairan, apalagi sampai masuk ke dalam keyboard. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan keyboard protector untuk melindungi keyboard macbook kamu terhadap kotoran dan cairan. Dengan menggunakan keyboard protector ini, maka keyboard macbook kamu akan lebih aman. 

8. Rutin Membersihkan Macbook 
Ini merupakan tips yang sangat penting untuk kamu ketahui. Sebaiknya kamu rutin untuk membersihkan macbook, bisa setiap hari, 3 minggu sekali, dan 1 minggu sekali. Dengan membersihkan macbook secara rutin, nantinya macbook yang kamu miliki akan terlihat lebih kinclong dan terbebas dari segala macam kotoran dan debu. Untuk membersihkan keyboard macbook, sebaiknya kamu menggunakan kuas yang halus. Sedangkan untuk membersihkan layar macbook, sebaiknya gunakanlah pembersih khusus. Bagi kamu yang sudah menggunakan keyboard protector, jangan lupa juga untuk membersihkannya. Karena sesungguhnya kebersihan itu merupakan sebagian dari iman, dan bersih itu indah.

Gimana teman-teman, masih bingung? tentunya tidak lagi ya setelah membaca tips-tips di atas. Mungkin sekian dulu artikel mengenai cara merawat macbook agar terlihat tetap oke. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, jangan lupa dishare ya teman-teman, agar bermanfaat juga buat orang banyak.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon