Jumat, 22 Januari 2016

Beberapa Hardware Yang Harus Di Upgrade Agar Performa PC Menjadi Lebih Baik

Beberapa Hardware Yang Harus Di Upgrade Agar Performa PC Menjadi Lebih Baik - Kami sering sekali mendengarkan orang yang selalu mengeluhkan mengenai performa dari komputer yang mereka gunakan. Bahkan ada beberapa orang yang bertanya kepada kami, kenapa komputer saya berjalan sangat lambat? mungkin begitulah pertanyaan yang sering masuk keredaksi kami. Mungkin apabila seseorang mengalami permasalahan performa komputer yang lambat, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mencoba software optimasi dan cleaning. Dan apabila hal tersebut sudah kamu lakukan, akan tetapi tidak menimbulkan dampak apapun terhadap performa komputer, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengupgrade hardware komputer. Ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan performa dari sebuah komputer.

Ada beberapa pertanyaan lagi yang sering kami dapatkan, salah satunya adalah mana yang harus diupgrade? saya harus memulainya darimana? Dan hardware bagian mana yang harus diupgrade agar performa komputer meningkat dengan mengeluarkan biaya yang sedikit?

Oke baiklah teman-teman, pada artikel kali ini kami akan mencoba menjawab semua pertanyaan dari teman-teman hingga akhirnya kamu mengetahui mana yang sebaiknya diupgrade agar performa komputer menjadi lebih baik saat dioperasikan. Kami akan mengurutkan hardware-hardware yang sebaiknya diupgrade terlebih dahulu.

Beberapa Hardware Yang Harus Di Upgrade Agar Performa PC Menjadi Lebih Baik

1. RAM
Menambahkan kapasitas RAM lebih besar dari kapasitas yang sebelumnya merupakan cara upgrade hardware komputer yang paling mudah untuk dilakukan. Cara ini sangat terjangkau dan dapat dilakukan juga pada laptop. Kamu tinggal membeli RAM merk apa saja yang jelas kapasitas atau ukurannya harus lebih besar dari pada kapasitas RAM yang sebelumnya digunakan. Dengan mengupgrade RAM ini akan memberikan dampak performa yang lebih cepat bagi komputer yang sebelumnya memiliki performa yang sangat lambat dalam menjalankan aplikasi, video, game dan aktivitas lainnya. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan oleh sebuah komputer, maka akan semakin cepat pula performa dari komputer tersebut.

Apabila kamu sering melakukan aktivitas multimedia, seperti editing foto atau editing video, maka kamu akan membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar, agar performa komputer yang kamu gunakan untuk editing foto, video dan bahkan rendering lebih maksimal dan tetap lancar saat digunakan untuk aktivitas-aktivitas tersebut.

Bagi kami RAM dengan ukuran 4GB merupakan standar saat ini, mengingat berbagai kebutuhan yang semakin meningkat. Kamu bisa mengupgrade RAM menjadi 8GB atau 16GB. Biasanya dalam sebuah komputer minimal memiliki 2 slot RAM dan ada yang memiliki 4 slot RAM, maka kamu bisa memaksimalkan hal tersebut untuk membuat performa komputer kamu menjadi lebih oke sesuai dengan harapan.

2. Graphics Card
Ini kami masukkan diurutan kedua dalam mengupgrade hardware komputer. Tetapi bagi kamu gamers sejati mungkin ini akan menjadi pertimbangan pertama untuk hardware yang harus diupgrade. Graphics Card ini akan berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan, jika kamu sering bermain game tentunya sangat membutuhkan kualitas gambar yang sangat bagus dan tentunya tidak patah-patah. Maka untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus, kamu perlu mengupgrade Graphics Card komputer yang kamu gunakan. Merk Graphics Card yang bagus adalah N-Vidia atau Ati Radeon. Apabila kamu bukan seorang gamers, mungkin tidak perlu untuk mengupgrade hardware yang satu ini.

3. Data Drive
Ada beberapa alasan yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mengupgrade hard drive yaitu, kehabisan ruang penyimpanan atau menginginkan performa yang lebih maksimal dan cepat. hard drive yang digunakan dalam sebuah komputer biasanya adalah hard disk. Dan kamu sangat dianjurkan untuk dapat mengatur atau menata sedemikian rupa data yang ada di hard disk tersebut. Jika kamu telah melakukan hal tersebut, akan tetapi masih saja kehabisan ruang, maka alangkah baiknya kamu menambah kapasitas dari media penyimpanan atau hard drive yang digunakan. Salah satu dampak yang dapat dirasakan setelah mengupgrade kapasitas hard drive adalah mendapatkan kinerja atau performa komputer yang meningkat.

Pertimbangan dalam mengupgrade hard disk adalah kecepatan RPM atau kecepatan dalam membaca data. Biasanya sebuah hard disk standar memiliki kecepatan 5400 RPM, dan kamu bisa mengupgradenya menjadi 7200 RPM. Dengan melakukan hal ini, maka akan memberikan dorongan kecepatan yang bagus. Dapat diketahui juga bahwa semakin tinggi RPM sebuah hard disk, maka akan semakin cepat panas hard disk tersebut. Karena apa? karena hard disk dengan kecepatan RPM yang tinggi, akan bekeja dan berputar dengan cepat pula.

Alangkah lebih baiknya jika kamu beralih menggunakan Solid State Drive (SSD). Dengan menggunakan SSD maka akan memberikan performa yang sangat luar biasa. SSD menggunakan flash memory yang pastinya berkali-kali lebih cepat dibandingkan hard drive. Sebuah hard drive dengan kecepatan 5400 RPM mungkin mencapai kecepatan hingga 100 MBps, hard drive 7200 RPM mencapai kecepatan hingga 150 MBps, sedangkan SSD memiliki kecepatan lebih dari 500 MBps. Kabarnya, model terbaru SSD dapat jauh lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Salah satu kelemahan kalau menggunakan SSD adalah dari segi harga yang sangat mahal dan kapasitas yang masih sangat kecil jika dibandingkan dengan hard disk drive.

4. Prosessor
Mengupgarde sebuah prosessor mungkin akan menjadi alternatif terakhir, ini jauh lebih beresiko diantara upgrade hardware yang lainnya. Jika kamu belum pernah melakukannya, mungkin ini akan menjadi lebih sulit, dan ini juga termasuk upgrade dengan biaya yang mahal. Mengupgrade prosessor tidak selalu menjadi keputusan yang baik dan mun
gkin tidak membuat peningkatan seperti yang kamu inginkan.

Tes benchmark di cpubenchmark.net dapat membantu kamu membandingkan kinerja dari prosesor yang berbeda. Secara umum, tes ini menunjukkan bahwa update sederhana tidak memberikan perbaikan besar. Tes rinci lainnya menunjukkan bahwa kinerja CPU bervariasi sangat tergantung pada perangkat lunak pada sistem yang digunakan.

Meng-upgrade prosessor juga akan memungkinkan untuk melakukan peng-upgaretan motherboard dan juga akan memungkinkan kamu untuk membeli RAM baru. Kenapa begitu? karena faktor kompabilitas. Biasanya apabila seseorang mengupgrade prosessor, maka dia juga akan mengganti hardware yang lainnya, dalam artian mengganti total. Intinya jenis motherboard harus kompatibel dengan jenis prosessor yang diupgrade. Hal inilah yang akan menjadi pertimbangan sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk mengupgrade prosessor.

Komponen lainnya
Salah satu hardware yang menjadi pertimbangan untuk di upgrade adalah motherboard. Hanya saja mengupgrade motherboard ini sangat sulit dibandingkan dengan proses upgrade hardware lainnya. Ini layak untuk dipertimbangkan jika set prosessor baru yang tidak kompatibel dengan setup kamu saat ini. Dapat diketahui juga bahwa ini tidak akan memberikan banyak dorongan kecepatan.

Kesimpulan
Kesimpulan untuk artikel kali ini adalah RAM, kartu grafis dan SSD adalah hal yang paling penting untuk di upgrade. Cobalah untuk bereksperimen melakukan hal yang baru dan jangan berharap pada keajaiban saja. Apabila masih kurang jelas, bia berkomentar di bawah dan untuk sangat jelasnya bisa menanyakan kepada kami via email.

Sekian artikel mengenai beberapa hardware yang harus di upgrade agar performa PC menjadi lebih baik. Semoga artikel ini memberikan manfaat buat teman-teman semuanya, dan tentunya dapat memberikan ilmu tambahan yang sangat berguna.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon