Sabtu, 12 Desember 2015

Sejarah Berdirinya Youtube, Situs Streaming Video Terpopuler Saat Ini

Sejarah Berdirinya Youtube, Situs Streaming Video Terpopuler Saat Ini - Youtube merupakan sebuah situs berbagi video. Situs youtube ini dibuat oleh 3 orang mantan karyamawan PayPal tepatnya pada Februari 2005. Di dalam situs ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton hingga berbagi video. Youtube telah menjadi sebuah perusahaan yang terkemuka saat ini. Kantor pusat perusahaan youtube ini berada di San Bruno, California. Youtube menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML 5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna. Misalnya klip film, klip TV dan video musik. Selain itu juga ada konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Konten-konten video di YouTube kebanyakan diunggah oleh kalangan individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu dan organisasi lain yang sudah mengunggah material mereka kesitus ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Untuk pengguna yang tidak terdaftar di YouTube hanya dapat menonton video yang ada disitus ini saja, sedangkan untuk pengguna yang terdaftar dapat menunggah video dalam jumlah yang tidak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar yang berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada 15 Februari 2005 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Jawed karim merupakan karyawan PayPal yang pertama, dan Chad Hurley sendiri masih kuliah jurusan desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim masih kuliah jurusan Ilmu Komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Menurut cerita yang berkembang di media saat itu, ide YouTube ini dikembangkan oleh Hurley dan Chen pada bulan-bulan pertama tahun 2005. Hurley dan Chen ini mendapatkan sebuah kesulitan saat hendak berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Fransisco. Saat itu Chen berkomentar bahwa ide YouTube itu tercetuskan setelah pesta makan itu berlangsung "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".

Youtube ini awalnya merupakan sebuah perusahaan teknologi rintisan yang dananya bersumber dari investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor YouTube yang pertama berada di sebuah restoran Jepang di San Mateo, California yang terletak di atas sebuah pizzeria. Menggunakan nama domain www.youtube.com yang telah aktif pada 14 Februari 2005. Dan akhirnya situs ini terus dikembangkan pada bulan-bulan dan tahun berikutnya dan hingga akhirnya menjadi situs nomer satu saat ini.

Video yang berjudul Me at the zoo merupakan video pertama yang tampil di Youtube. Pada video ini menayangkan Jawed Karim yang sedang berada di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada 23 April 2005, dan hingga saat ini video ini masih ada dan masih bisa di tonton di Youtube.

Pada Mei 2005 YouTube melakukan uji beta sebelum akhirnya diluncurkan secara resmi pada november 2005. Situs ini mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa pada Juli 2006. YouTube mengumumkan bahwa sudah ada lebih dari 65.000 video yang diunggah setiap harinya, dan setiap harinya situs ini dikunjungi 100 juta orang dan untuk setiap bulannya situs ini dikunjungi oleh 800 juta orang diseluruh dunia. Menurut perusahaan riset pasar comScore, lebih dari 14 miliar video telah ditonton pada bulan Mei 2010. Pihak Youtube juga mengatakan bahwa total durasi video yang diunggah setiap menitnya adalah 60 jam dan tiga perempat materialnya berasal dari luar Amerika Serikat. Pada rangking Alexa, YouTube berada diposisi ketiga yang paling banyak dikunjungi di internet, setelah Google dan Facebook.

Sejarah Berdirinya Youtube, Situs Streaming Video Terpopuler Saat Ini

Nama domain www.youtube.com banyak menimbulkan masalah dengan situs yang namanya hampir sama, seperti misalnya situs www.utube.com. Pemilik situs utube yaitu Universal Tube & Rollform Equipment akhirnya mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006. Sejak saat itulah akhirnya Universal Tube berganti nama menjadi www.utubeonline.com.

Google Inc pada bulan Oktober 2006 mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham, dan persetujuan ini akhirnya dirampungkan pada 13 November 2006. Pada bulan Juni 2008, majalah Porbes memperkirakan pendapatan YouTube mencapai $200 juta setelah mengalami kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video disitus ini.

Pada bulan Juni 2006 YouTube menjalin kerjasama pemasaran dan periklanan dengan NBC. Pada November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows".

Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis. Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.

Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini. Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.

Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

Sumber : https://id.wikipedia.org

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon